Cara Membatalkan Asuransi AXA Mandiri (Mudah & Cepat)

Nov - 23
2021
cara membatalkan asuransi axa mandiri

Cara Membatalkan Asuransi AXA Mandiri (Mudah & Cepat)

Cekmates, apakah Anda pemilik polis asuransi AXA Mandiri? Apakah saat ini Anda berniat mengajukan pembatalan polis asuransi AXA Mandiri? Lantas, bagaimana cara membatalkan asuransi AXA Mandiri?

Ya, setiap perusahaan asuransi—tak terkecuali asuransi AXA Mandiri—pastinya selalu berusaha untuk menawarkan produk dan layanan terbaik bagi para nasabahnya. Namun, di dalam perjalanannya, seringkali nasabah justru mendapatkan menemukan ketidakcocokan dengan produk asuransi yang sudah dipilih. Alhasil, mereka pun berniat untuk membatalkan polis asuransi tersebut.

Tidak perlu khawatir. Membatalkan polis asuransi jiwa maupun lainnya dari AXA Mandiri bisa dilakukan, kok. Caranya pun cukup mudah dan cepat. Yuk, simak informasinya berikut ini!

Cara Membatalkan Polis Asuransi AXA Mandiri

Sebelum membahas mengenai cara membatalkan asuransi AXA Mandiri, Anda perlu tahu terlebih dahulu bahwasanya terdapat 2 (dua) jenis prosedur pembatalan polis asuransi, yaitu sebagai berikut:

  • Cooling off, adalah prosedur pembatalan apabila Anda belum menjadi nasabah.
  • Surrender, adalah prosedur pembatalan polis bagi Anda yang sudah menjadi pemegang polis. Nantinya, pihak asuransi tidak lagi dapat memberikan pertanggungan atas segala risiko yang terjadi pada nasabah. Selain itu, pihak asuransi juga akan menghitung premi yang telah dibayarkan.

Nah, berikut ini panduan langkah-langkah pengajuan pembatalan polis asuransi AXA Mandiri:

1. Hubungi Customer Care AXA Mandiri

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menghubungi c AXA Mandiri pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi Customer Care asuransi AXA Mandiri. Adapun cara menghubungi customer care center AXA Mandiri bisa melalui tiga line, yaitu:

  • Telepon: 1500 803 (Life) & 1500 733 (General)
  • Email: customer@axa-mandiri.co.id (Life) dan customer.general@axa-mandiri.co.id (General)
  • Whatsapp: 0815 8608 6801

Nantinya, petugas customer service akan mengajukan sejumlah pertanyaan guna verifikasi data, termasuk alasan membatalkan polis asuransi. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke tahap-tahap selanjutnya.

2. Download Formulir Pembatalan

Cara membatalkan polis asuransi AXA Mandiri selanjutnya adalah, download formulir pembatalan polis. Anda bisa men-download formulir tersebut di website resmi AXA Mandiri yakni www.axa-mandiri.co.id.

Sebagai informasi, formulir pembatalan ini juga mencakup formulir pengajuan penarikan dana. Pastikan Anda mengisi semua bagian yang wajib diisi dan jangan sampai ada data yang salah atau kurang, ya.

3. Kirim Dokumen Pembatalan Polis Asuransi

Jika formulir pembatalan sudah diisi, langkah selanjutnya adalah mengirim formulir tersebut ke kantor pusat AXA Mandiri. Namun, formulir pembatalan tadi juga harus disertai dengan sejumlah dokumen persyaratan lainnya, yakni sebagai berikut:

  • Fotokopi kartu identitas (KTP/Paspor/KITAS)
  • Fotokopi buku tabungan yang digunakan untuk transaksi pembayaran polis
  • Buku polis (asli)

Anda juga biasanya akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp420.000 dan biaya medis.

Itu tadi merupakan persyaratan untuk metode pembatalan cooling off. Sementara untuk metode pembatalan surrender, dokumen persyaratan yang harus diserahkan kurang lebih sama, yakni meliputi:  Mengisi formulir yang sudah disediakan

  • Fotokopi kartu identitas (KTP/Paspor/KITAS)
  • Fotokopi buku tabungan yang digunakan untuk transaksi pembayaran polis
  • Buku polis (asli)
  • Mengikuti aturan pajak asuransi yang berlaku

4. Tunggu Proses Pembatalan Polis Asuransi

Dokumen yang Anda kirimkan nantinya akan diterima oleh Financial Advisor Asuransi AXA Mandiri untuk kemudian dilakukan verifikasi. Pada tahap ini, Anda tinggal menunggu proses verifikasi tersebut sampai pengajuan pembatalan selesai.

Untuk pembatalan cooling off, prosesnya akan berlangsung selama 14 (empat belas) hari kerja terhitung setelah dokumen diterima. Sedangkan untuk pembatalan Surrender, prosesnya lebuh singkat yakni 7 (tujuh) hari kerja

Sembari menunggu proses pembatalan, Anda juga bisa memantau proses tersebut dengan cara menghubungi customer care AXA Mandiri melalui telepon, email, maupun aplikasi pesan singkat Whatsapp dengan nomor yang telah disebutkan tadi.

Itu dia informasi mengenai cara membatalkan asuransi AXA Mandiri bagi Anda yang berniat melakukannya. Namun, sebelum benar-benar melakukan pembatalan, ada baiknya Anda pertimbangkan kembali matang-matang, ya.

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan Financial Advisor yang bersangkutan untuk menemukan solusi dari ketidakcocokan yang ditemui. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *