Langkah dan Cara Membersihkan Blower AC Mobil Sendiri di Rumah

Mei - 18
2021
cara membersihkan blower ac mobil

Langkah dan Cara Membersihkan Blower AC Mobil Sendiri di Rumah

Penggunaan air conditioner (AC) di negara beriklim tropis seperti Indonesia memang cukup lumrah. Tidak hanya di rumah, kendaraan roda empat pun dilengkapi dengan AC sebagai penyejuk interior.

AC menjadi bagian vital pada kendaraan. Dengan alat ini, bagian kabin mobil jadi lebih sejuk dan nyaman digunakan. Karena itu, mengetahui cara membersihkan blower AC mobil sangat penting.

Tidak perlu repot-repot membawanya ke bengkel, sebab terdapat beberapa cara membersihkan AC yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Penasaran bagaimana langkah? Yuk, simak ulasan berikut ini!

 

6 Cara Membersihkan Blower AC Mobil Sendiri

1. Siapkan Alat-Alat yang Dibutuhkan

Cara membersihkan blower AC mobil pertama, tentu dengan mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan. Alat-alat tersebut terdiri dari wadah baskom, cairan AC cleaner dan sebagainya.

Cairan AC cleaner sendiri cukup banyak kok dijual di pasaran. Produk dan merek yang tersedia juga sangat variatif, sehingga pilih sesuai selera dan bajet yang Anda miliki saja ya.

2. Letakkan Wadah pada Selang Pembuangan

Blower AC terdiri dari beberapa komponen, salah satunya selang pembuangan. Agar proses pembersihan tidak mengotori lantai, letakkan wadah tersebut pada selang saluran pembuangan AC.

Tidak perlu bingung, selang tersebut biasanya terletak pada bagian kanan mesin. Jika sulit untuk menemukannya, coba perhatikan bagian depan dashboard mobil Anda.

3. Buka Bagian Laci pada Dashboard Mobil

Seperti filter pendingin, cara membersihkan blower AC mobil juga dilakukan lewat bagian dashboard. Bukalah laci tersebut lalu singkirkan barang-barang yang tersimpan di dalamnya.

Jika perlu, lap dan bersihkan bagian laci dari debu dan kotoran yang menempel terlebih dahulu. Jika laci dashboard bersih, proses perawatan blower AC mobil tentu dapat dikerjakan lebih mudah.

4. Pasang Selang pada Semprotan AC Cleaner

Untuk mempermudah cara membersihkan blower AC mobil, pasang atau hubungkan bagian selang blower kendaraan dengan bagian ujung dari semprotan AC cleaner.

Selain lebih mudah, cara yang satu ini juga mampu menghemat penggunaan AC cleaner itu sendiri. Pasalnya jika tidak dihubungkan, cairan pembersih kerap kali terbuang sia-sia dan tidak efisien.

5. Nyalakan Mesin dan AC Kendaraan

Sebelum memulai proses penyemprotan AC clear, Anda wajib menyalakan mesin mobil beserta perangkat pendinginnya. Selanjutnya, semprotkan cairan tersebut saat AC sedang dinyalakan.

Sebagian orang mungkin berpikir, apakah menyemprotkan cairan AC cleaner saat mesin sedang menyala tidak akan merusak komponen mesin? Jawabannya tidak, malah lebih efisien dan tepat!

6. Semprotkan AC Cleaner pada Blower

Semprotkan cairan AC cleaner dengan seksama sampai bagian blower benar-benar bersih. Pasti air yang kotoran yang terbuang tidak terkena lantai atau jok interior kendaraan tersebut, ya.

Karena itu tidak cuma baskom, Anda juga bisa melapisi jok mobil dengan koran atau kain. Ditambah lagi, sebelum melakukan penyemprotan, tunggu sekitar 5 menit sampai mesin benar-benar siap.

Demikian beberapa cara membersihkan blower AC mobil yang bisa dipraktikkan. Agar kenyamanan berkendara semakin terjamin, daftarkan kendaraan Anda dengan polis asuransi mobil terpercaya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi