Mudah! Ini 6 Cara Membersihkan Radiator Mobil Sendiri di Rumah

Mei - 19
2021
Cara Membersihkan Radiator Mobil

Mudah! Ini 6 Cara Membersihkan Radiator Mobil Sendiri di Rumah

Tidak semua langkah perawatan mobil harus kita lakukan di bengkel, lho. Nyatanya, ada juga jenis pemeliharaan yang bisa dilakukan sendiri di rumah, seperti cara membersihkan radiator mobil.

Asal tahu langkah dan tahapannya, cara yang satu ini terbilang cukup mudah dipraktekkan. Untuk dapat membersihkan radiator kendaraan, pertama-tama siapkan peralatan yang kita butuhkan.

Alat-alat tersebut meliputi coolant radiator dan cairan pembersih radiator. Keduanya sangat banyak dijual di toko aksesori mobil. Jika sudah disiapkan, yuk kita ikuti langkah dan cara-cara berikut ini!

6 Cara Membersihkan Radiator Mobil secara Mudah

1. Pastikan Mesin Mobil Mati

Sebelum memulai cara membersihkan radiator mobil, pastikan dulu mesin kendaraan Anda dalam keadaan mati. Maksudnya, agar suhu mesin yang panas tidak rusak saat terkena cairan pembersih.

Jika mesin mobil sudah dipastikan mati dan dingin, bukalah bagian penutup radiator mobil. Apabila semuanya sudah siap, lanjutkan langkah pembersihan sesuai poin-poin di bawah ini.

2. Kuras Air di Dalam Radiator

Ketika membuka penutupnya, Anda akan melihat sisa air atau cairan yang terdapat pada radiator tersebut. Segera kuras sampai habis dengan membuka keran yang ada di bawah tangki tersebut.

Apabila sulit, lepaskan saja selang penghubung ke mesin mobil agar airnya dapat terkuras secara keseluruhan. Perhatikan cairan tersebut, pastikan tidak ada air yang tersisa di dalam radiator.

3. Bersihkan Selang Air Radiator

Sekarang bagian selang radiator telah tercabut. Selanjutnya bersihkan bagian dalam selang tersebut dengan semprotan air, agar sisa kotoran yang menempel di dapat tersapu dan keluar.

Menjadikan langkah pembersihan selang sebagai cara membersihkan radiator mobil memang penting. Sebab jika kondisi selang kotor, radiator tersebut tidak akan berfungsi secara optimal.

4. Isi Air ke Dalam Tangki Radiator

Mengisi air ke dalam tangki ternyata tergolong sebagai cara membersihkan radiator mobil. Namun, pastikan selang penyambung mesin sudah terpasang dan mampu mengalirkan air dengan sempurna.

Karena itu, pada langkah sebelumnya kita diwajibkan untuk membersihkan selang tersebut. Jangan lupa isi tangki radiator dengan cairan coolant radiator atau air galon, bukan air biasa!

5. Cobalah Menyalakan Mesin

Jika tangki sudah terisi, coolant radiator akan membersihkan tangki tersebut saat mesin dinyalakan. Sehingga Anda perlu memanaskan mobil selama 15 atau hingga thermostat naik ke posisi tengah.

Pastikan air pembersih keluar dari radiator. Jika sudah, matikan mesin lalu ulangi cara ini sebanyak 2 – 3 kali. Perlu diingat, jangan pernah menyalakan kipas radiator saat proses ini berlangsung, ya.

6. Pasang Kembali Komponen Radiator

Kini radiator Anda sudah bersih, karena itu pasang kembali komponen-komponen seperti keran dan selang pada posisi semula. Isi radiator dengan cairan khusus yang dicampur coolant radiator.

Berikut cara membersihkan radiator mobil yang bisa kita coba sendiri di rumah. Untuk menambah kenyamanan berkendara, daftarkan kendaraan tersebut dengan asuransi mobil terpercaya, ya.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi