3 Cara Membersihkan Rem Mobil Tanpa Perlu ke Bengkel

Mei - 15
2021
Cara Membersihkan Rem Mobil

3 Cara Membersihkan Rem Mobil Tanpa Perlu ke Bengkel

Tidak semua urusan mekanikal kendaraan harus dilakukan di bengkel, lho. Nyatanya ada beberapa langkah perbaikan yang bisa kita lakukan sendiri di rumah, seperti cara membersihkan rem mobil.

Bagian yang satu ini memang sangat vital, apabila rusak maka berpotensi mengancam keselamatan si pengendara. Karena itu, merawat dan menjaga keoptimalan kondisi rem sangat diperlukan.

Tidak perlu membawanya langsung ke bengkel, jika malas Anda bisa merawat bagian tersebut sendiri di rumah. Agar tidak keliru dalam melakukannya, yuk simak beberapa langkah berikut ini!

Begini Cara Membersihkan Rem Mobil Sendiri di Rumah

1. Lakukan Langkah Persiapan

Sebab tujuan kita ialah membersihkan rem mobil, maka langkah persiapan yang perlu kita lakukan adalah melepas satu per satu ban dari rangka kendaraan.

Sistem pengereman mobil sendiri berada di bagian roda, sehingga melepas satu per satu ban tersebut sangat diperlukan. Jika sudah, bongkar juga bagian disk brake dengan kalipernya.

Apabila mobil Anda masih menggunakan tromol rem, cara membersihkan rem mobil tersebut ialah dengan membuka tutup tromol menggunakan palu sedikit demi sedikit.

2. Gunakan Brake Cleaner

Seperti namanya, brake cleaner adalah cairan khusus yang biasa digunakan untuk membersihkan rem. Setelah pengereman terlihat, bersihkan bagian itu menggunakan cairan ini secara seksama.

Jangan bingung, di pasaran merek brake cleaner sendiri terbilang cukup banyak. Untuk mendapatkan produk terbaik, baca komposisi dan kandungan yang terdapat pada produk brake cleaner tersebut.

Cara membersihkan rem mobil menggunakan brake cleaner adalah dengan menyemprotkan cairan secara langsung ke disk brake dan kaliper.

Jika menggunakan kendaraan Anda masih menggunakan sistem tromol rem, semprotkan brake cleaner secara langsung ke permukaan tromol dan bagian penutup tromolnya.

Tunggu selama 10 – 15 menit sebelum mengelap bagian tersebut dengan kain bersih. Apabila dirasa masih ada kotoran yang menempel, ulangi cara ini sampai komponen rem benar-benar bersih.

3. Cek Kesiapan Rem

Langkah terakhir dalam rangkaian cara membersihkan rem mobil adalah mengecek kesiapan rem. Jika sudah bersih, maka pasang kembali disk brake dengan kaliper dan tutup tromol di tempatnya.

Lalu saat mobil masih dalam keadaan mati, coba cek kesiapan rem dengan menekan pedalnya berkali-kali. Selanjutnya cobalah untuk berkendara, apakah masih ada gejala rem berdecit atau tidak.

Demikian beberapa cara membersihkan rem kendaraan yang bisa Anda coba. Jika dilakukan dengan benar, langkah perawatan semacam ini sebenarnya bisa kita lakukan sendiri di rumah

Namun apabila kondisi rem sudah sangat buruk, ada baiknya proses pengecekan dilakukan langsung ke bengkel langganan atau bengkel mobil terpercaya.

Untuk menambah kenyamanan dalam berkendara, jangan lupa daftarkan kendaraan tersebut dengan polis asuransi terpercaya. Informasi lebih lanjut terkait hal ini, cek di laman Cekpremi.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi