Langkah dan Cara Membuat Antena TV Sendiri, Nggak Perlu Beli!

May - 28
2021
cara membuat antena tv sendiri

Langkah dan Cara Membuat Antena TV Sendiri, Nggak Perlu Beli!

Siapa bilang kita nggak bisa bikin antena TV sendiri di rumah? Jika tahu langkah-langkahnya, cara membuat antena TV terbilang cukup mudah dan sederhana. Penasaran? Yuk, simak ulasannya!

Antena merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menangkap serta memancarkan gelombang suara atau gambar. Dengan alat ini, kita bisa menonton siaran televisi secara jernih dan jelas.

Terdapat dua jenis antena TV yang dijual di pasaran, yakni antena biasa dan digital. Jika Anda tertarik untuk membuat antena tv biasa di rumah, berikut langkah-langkah yang bisa dicoba.

Siapkan Dulu Alat-Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai cara membuat antena TV, ada baiknya Anda mempersiapkan segala peralatan yang akan dibutuhkan. Nggak ribet kok, sebagian besar peralatan tersedia di rumah kita seperti:

  • Plat seng jenis lisplang ukuran 1 m
  • Kabel coaxial 75 ohm dan konektornya
  • Baut dan paku secukupnya
  • Perkakas seperti obeng dan tang

Enggak punya plat seng dan kabel coaxial? Tenang, barang-barang tersebut bisa Anda beli di toko material. Harga plat seng rerata Rp15 ribu, sedangkan kabel coaxial 75 ohm dijual Rp 25 ribu.

Mengingat harga pasaran antena TV mencapai Rp 100 ribuan, modal pembuatan antena TV ini masih terbilang lebih murah ‘kan? Setelah semuanya lengkap, berikut cara membuat antena TV sendiri.

Cara Membuat Antena TV Sendiri di Rumah

1. Potong Plat Seng

Langkah pertama sebagai cara membuat antena TV sendiri ialah memotong plat seng yang telah disiapkan. Bentuk yang kita adaptasi di sini adalah trapesium, dengan ukuran menengah/sedang.

Selain plat berbentuk trapesium, buat juga sebuah plat berbentuk persegi sebagai bagian pelapisnya. Tidak perlu terlalu besar juga, umumnya ukuran plat seng tersebut berkisar 13 – 20 cm saja.

Agar potongan seng lebih rapi, buatlah sebuah pola menggunakan pensil dan penggaris. Anda pun dapat mengganti material plat seng menjadi aluminium agar lebih kuat dan tahan lama.

2. Sambungkan Plat Seng dengan Kabel

Setelah plat seng terpotong, sambungkan bagian-bagian tersebut menggunakan baut dan paku. Rangkai plat seng tadi hingga tampak seperti antena TV atau sampai membentuk elemen pole.

Jangan lupa, sambungkan bagian inti plat seng dengan kabel coaxial 75 ohm yang telah dipersiapkan. Hubungkan kabel-kabel tersebut secara paralel dan pastikan menempel secara sempurna.

Kabel coaxial yang kurang menempel dapat mempengaruhi tangkapan sinyal antena TV. Selain itu kencangkan baut-baut dan paku pada plat seng, agar tiang antena tidak roboh saat tertiup angin.

3. Antena TV Siap Digunakan!

Setelah serangkaian cara membuat antena TV selesai Anda aplikasikan, antena tersebut sebenarnya sudah bisa digunakan. Namun, perhatikan sisi antena yang terhubung dengan kabel dan inti seng.

Pada bagian tersebut, terdapat pelapis antena yang berfungsi sebagai pengarah dan penangkap sinyal TV. Posisikan bagian ini sebaik mungkin, agar tampilan gambar menjadi cerah dan jelas.

Demikian cara membuat antena TV sendiri yang bisa dicoba. Supaya kenyamanan dan keamanan hunian makin terjaga, jangan lupa daftarkan rumah Anda dengan asuransi properti terpercaya ya.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

asuransi properti cekpremi