Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil secara Mudah dan Tepat

Mei - 17
2021
cara memperbaiki dinamo starter mobil

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil secara Mudah dan Tepat

Fungsi dinamo pada kendaraan roda empat memang sangat vital. Karena itu bagi para pengendara, penting untuk mengetahui cara memperbaiki dinamo starter mobil secara tepat dan benar.

Langkah pemeliharaan ini cukup mudah kok. Meski setiap penanganan perlu memperhatikan jenis kerusakannya, memperbaiki dinamo mobil sejatinya dapat kita lakukan sendiri di rumah.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Kendati demikian, cara-cara semacam ini tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Untuk menghindari kerusakan yang semakin parah, berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti.

4 Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Sendiri

Secara umum kerusakan dinamo starter mobil dapat terjadi karena beberapa faktor, diantaranya komponen dinamo yang tidak berputar, mesin terlalu lemah saat starter, dan sebagainya.

Jika indikasi-indikasi umum semacam ini terjadi pada kendaraan Anda, maka langkah atau cara memperbaiki dinamo starter mobil yang bisa dilakukan ialah:

Periksa Klem atau Kepala Aki Mobil

Kendornya klem atau kepala aki bisa menyebabkan dinamo mobil tidak menyala, lho. Karena itu, langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah ini ialah memeriksa klem aki.

Tidak mudah memang, memeriksa kondisi kepala aki tidak bisa dilakukan sembarangan. Supaya tidak keliru dalam melakukannya, berikut langkah-langkah yang bisa dipraktikkan:

  1. Periksa terminal positif (+) dan negatif (-) pada klem aki;
  2. Cek kelistrikan dinamo starter, serta pastikan tidak ada kabel yang kendor, putus, atau kotor;
  3. Jika semua kondisi sudah diperiksa dengan baik namun mobil tak kunjung dapat dinyalakan, bisa jadi kendalanya terletak pada aki mobil yang soak sehingga harus diganti yang baru.

Cek Kondisi Kabel pada Aki Mobil

Bukan cuma klem, kondisi kabel pada aki juga penting untuk diperiksa. Jika perkabelan ada yang putus, maka mesin kendaraan tidak akan menyala.

Karena itu, cara memperbaiki dinamo starter mobil yang satu ini sangat penting diketahui. Tidak semuanya kok, berikut beberapa bagian yang harus Anda periksa:

  1. Sebelum melakukan pemeriksaan pada kabel, ada baiknya periksa tegangan aki terlebih dahulu dengan alat ukur multitester untuk mengetahui kondisi tegangan setrum aki;
  2. Periksa juga bagian kabel aki mobil dan pastikan semuanya terhubung dengan baik; serta
  3. Ganti dinamo starter dengan yang baru apabila kondisinya sudah tidak layak pakai.

Periksa Soket Otomatis Dinamo Starter

Tidak kalah dengan dua bagian lainnya, soket otomatis dinamo starter juga berperan penting terhadap kinerja kendaraan. Untuk memeriksa bagian yang satu ini, berikut langkah-langkahnya:

  1. Cek soket otomatis yang terletak pada dinamo starter. Biasanya, terdapat kabel kecil yang terhubung dengan bagian dinamo tersebut;
  2. Periksa kembali kondisi kabel otomatis Anda. Jika kondisinya tidak cukup prima, segera ganti kabel tersebut dengan yang baru; dan
  3. Cek pula bagian sekring dan relay-nya. Apabila terdengar bunyi ‘klek-klek’ pada saat mesin dinyalakan, bisa jadi kondisi soket tersebut sudah tidak mumpuni.

Jumper Aki Mobil Bila Dibutuhkan

Semua cara memperbaiki dinamo starter mobil telah dilakukan, namun mesin kendaraan masih saja tersendat? Bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh kurangnya arus listrik yang masuk ke aki.

Pada dasarnya, dinamo starter mobil akan berputar ketika arus listrik yang masuk ke aki tercukupi. Apabila tidak maka melakukan jumper terhadap aki kendaraan merupakan langkah yang tepat.

Demikian cara memperbaiki dinamo mobil yang bisa dicoba. Agar keselamatan dan kenyamanan pengguna mobil terjamin, segera daftarkan kendaraan Anda dengan asuransi mobil terpercaya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *