Hidup Lebih Sehat dengan Mengetahui 6 Cara Memperbaiki Pola Tidur Ini

Jul - 18
2021
cara mengatasi insomnia

Hidup Lebih Sehat dengan Mengetahui 6 Cara Memperbaiki Pola Tidur Ini

Tidur merupakan kebutuhan dasar yang tidak bisa digantikan dengan apapun. Orang dewasa pada umumnya membutuhkan tidur selama 7-8 jam setiap hari untuk bisa tetap sehat dan mempertahankan kualitas produktivitas harian. Dengan menjaga pola tidur, Anda bisa mengembalikan energi dan kebugaran di pagi hari sehingga bisa mendorong Anda menjalani hari dengan lebih semangat dan antusias. Namun, pola tidur bisa terganggu dan Anda harus mengetahui cara memperbaiki pola tidur tersebut.

Apalagi dengan tuntutan sosial saat ini dimana banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dan tak jarang menuntut Anda untuk begadang. Atau ketika sedang tidak banyak pekerjaan dan justru menghabiskan waktu luang hanya untuk tidur sepanjang hari juga tidak baik untuk kesehatan. Hidup seimbang dan pola yang teratur juga mempengaruhi kualitas kehidupanmu. Tidak ada kata terlambat. Anda bisa mulai memperbaiki pola tidur sekarang juga.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

6 Cara Memperbaiki Pola Tidur Agar Memiliki Gaya Hidup yang Lebih Sehat

cara memperbaiki pola tidur

1. Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan tidak selalu berarti diet untuk menurunkan berat badan. Untuk menjaga tubuh agar selalu bugar dan energetik Anda juga harus memperhatikan asupan gizi dalam makananmu. Ada beberapa jeni makanan dan minuman yang harus dihindari agar memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Misalnya adalah minuman dengan kandungan kafein seperti kopi dan teh bisa mencegahmu dari tidur tepat waktu. Mengonsumsi banyak alcohol hingga makan makanan yang terlalu pedas dan asam sebelum tidur juga bisa mengganggu kualitas tidurmu. Jika Anda merasa lapar pada malam hari menjelang tidur, usahakan untuk makan makanan yang menyehatkan dan tidak menimbulkan kesulitan tidur seperti camilan, gandum utuh, sereal rendah gula, dan pisang.

2. Lakukan Olahraga Rutin

Olahraga rutin bisa memperbaiki pola tidur yang berantakan karena dengan berolahraga, tubuh mengeluarkan energi yang bisa mengurangi stress dan depresi. Sehingga pikiran menjadi lebih ringan dan mudah merasa tenang. Berolahraga rutin juga bisa membantu tidur nyenyak di malam hari. Hal ini dikarenakan penurunan suhu badan pasca olahraga membantu mendinginkan tubuh, yang membuat rasa kantuk datang lebih cepat sehingga Anda lebih mudah tertidur.

Namun, jika Anda melakukannya terlalu dekat dengan waktu tidur, maka hal tersebut malah akan membuat Anda akan sulit tidur. Olahraga memproduksi endorfin yang meningkatkan semangat, sehingga tubuh kesulitan untuk memulai tidur. Sebaiknya Anda menjadwalkan untuk berolahraga rutin sebelum jam 2 siang setiap hari untuk mendorong pola tidur yang lebih sehat. Lebih baik lagi jika Anda menjadwalkan untuk berolahraga pada pagi hari.

3. Atur Jadwal tidur

Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah mengatur jadwal tidur. Kebutuhan tidur normal bagi orang dewasa adalah 7-8 jam di malam hari. Namun, jika Anda masih kesulitan untuk tidur selama itu, Anda bisa melakukannya secara bertahap. Terpenting adalah Anda bisa menjaga siklus terjaga dan bangun tidur di pagi hari. Misalnya Anda bisa memulai dengan membiasakan bangun 5 atau 10 menit lebih awal dari biasanya. Agar hal ini bisa menjadi kebiasaan, Anda harus konsisten melakukan rutinitas tersebut.

Baca juga: Ide Dekorasi Kamar Tidur Agar Lebih Nyaman dan Terasa Luas

4. Hindari Tidur Siang

Banyak dari kita yang karena begadang atau kurang tidur di malam hari akhirnya memilih menambah waktu tidur di siang hari. Padahal hal ini tidak akan membantu Anda untuk memperbaiki pola tidur agar lebih baik. Tidur siang justru bisa menyulitkan Anda tidur di malam hari. Meskipun demikian, tidur siang sebenarnya juga penting untuk memperbaiki mood dan performa. Namun harus dibatasi, misalnya dengan memasang alarm tidur siang hanya 30 menit.

5. Buat Ritual Sebelum Tidur

Cara yang bisa membantumu memperbaiki pola tidur selanjutnya adalah dengan merencanakan tidurmu. Anda bisa memulainya dengan meluangkan sekian waktu untuk bersantai sebelum tidur. Misalnya dengan menyisihkan setidaknya 1 jam sebelum tidur untuk me time dengan melakukan hal-hal ringan yang menyenangkan. Anda bisa meditasi, baca buku, yoga peregangan, atau berendam air hangat. Mandi atau berendam air hangat bisa meningkatkan suhu tubuh dan ketika suhu tubuh kembali menurun akan membuatmu mengantuk. Selain itu, waktu ini juga bisa Anda gunakan untuk menyiapkan kebutuhan esok hari seperti pakaian kerja, bekal dan sarapan. Hal ini juga bisa menghindari hectic di pagi hari yang sering menimbulkan stress.

6. Rapihkan Tempat Tidur

Tempat tidur yang rapih dan bersih bisa membuatmu merasa nyaman. Atur tempat tidurmu dengan suasana yang mendukung untuk tidur misalnya dengan membuat kamar lebih gelap di malam hari, memasang aromaterapi dan menyingkirkan hal-hal yang bisa mendistraksi pikiran dari merasa tenang.

Nah, itu 6 Cara memperbaiki pola tidur yang bisa Anda terapkan untuk mencapai hidup yang lebih sehat dan bahagia. Tidur yang berkualitas adalah kunci menjalani hari dengan penuh energi dan mood yang baik. Semoga bermanfaat ya, dan selamat menjalani hari yang lebih berkualitas, dimulai dengan tidur yang berkualitas. 

Baca juga: Ternyata Ini Jam Waktu Tidur yang Baik Untuk Kesehatan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *