Dear Milenial dan Gen Z, Ini Trik Jitu Menabung di Umur 20-an

Mei - 11
2021
tabungan milenial

Dear Milenial dan Gen Z, Ini Trik Jitu Menabung di Umur 20-an

Salah satu permasalahan milenial dan Gen Z yang paling sering dihadapi adalah susahnya mengatur keuangan hingga menabung. Banyak yang hidup dari paycheck-to-paycheck tanpa memiliki tabungan. Padahal tabungan sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan darurat dan juga agar Anda memiliki tujuan keuangan. Banyak juga yang masih bingung bagaimana cara menabung yang baik, efektif, dan mudah direalisasikan. Berikut adalah caranya:

Cara Menabung yang Baik Untuk Milenial dan Gen Z

cara menabung yang baik

Tetapkan Rencana Menabung

Menabung tanpa rencana biasanya akan melemahkan motivasi. Oleh karena itu, penting untuk membuat beberapa tujuan menabung, mau diapakan uang ini jika sudah terkumpul. Anda harus memiliki target yang jelas dan cara untuk merealisasikannya. Untuk yang masih pemula dan baru membiasakan diri menabung ini dia langkah yang bisa dicoba! Cari tau harga pasaran sesuai yang ingin diwujudkan. Tetapkan deadline waktu mewujudkannya, dan hitung juga perkiraan inflasi.

Stick to the Budget

Godaan dari menabung biasanya datang dari pengeluaran-pengeluaran rutin yang biasanya tidak terlalu penting. Misalkan seperti nongkrong di kafe elite, jajan makanan kekinian, dan lainnya. Kalau Anda bisa menahan godaan ini, uang tersebut bisa dimasukkan ke dalam tabungan yang sedang direncanakan. Ingatkan diri akan tujuan keuanganmu yang lebih besar dan bermanfaat.

Batasi atau Kurangi Pengeluaran Tidak Penting

Besar kecilnya gaji mungkin akan mempengaruhi nominal tabungan yang bisa disisihkan setiap bulan. Namun yang lebih penting adalah bagaimana konsistensi dan komitmen Anda untuk mewujudkan tabungan yang sudah direncanakan. Jadi, tips menabung selanjutnya adalah dengan mencoba untuk mengurangi pengeluaran yang kurang penting, utamakan kebutuhan dan singkirkan keinginan.

Cari Pendapatan Tambahan

Kalau setelah mengurangi pengeluaran Anda masih merasa masih membutuhkan pendapatan yang lebih banyak, cobalah untuk mencari penghasilan tambahan. Saat ini ada banyak solusi untuk Anda menambah pundi-pundi bahkan hanya dari rumah. Ada beberapa bisnis tanpa modal yang bisa dicoba, seperti menjadi reseller atau dropshipper.

Selain itu juga, ada cara menabung unik yang bisa dicoba!

The Power of 20.000
Tips menabung ini dipopulerkan oleh seorang motivator, bernama Ippho Santosa. Beliau membeberkan cara menabung mudah yang unik dan efektif dengan menyiapkan sebuah celengan dan menabungkan setiap uang Rp 20.000 yang Anda temukan di dompet. Jadi, misalkan Anda berbelanja dan mendapatkan kembalian Rp 20.000, maka uang tersebut harus langsung ditabungkan.

Menabung Terbalik Tanggal
Misalkan dalam satu bulan terdapat 30 hari. Jadi pada tanggal 1 Anda menabung sebesar Rp30.000, pada tanggal 2 menabung sebesar Rp29.000, tanggal 3 menabung sebesar Rp28.000 dan seterusnya. Sampai pada akhir bulan tanggal 30 Anda memasukan uang Rp 1.000 ke dalam tabungan yang telah diisi sebulan penuh. Dalam 30 hari saja Anda kurang lebih telah menabungkan sebesar Rp465.000 lho!

Kumpulkan Uang Receh
Jangan anggap remeh uang receh! Ada pepatah yang bilang, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Mulailah realisasikan nasehat dari pepatah tersebut dengan mengumpulkan setiap uang receh yang didapat dan ditemukan dalam tas, saku, ataupun dompet. Sediakan celengan dengan ukuran besar untuk mengumpulkan recehan ini. yang cukup besar, karena uang recehan lumayan memakan tempat.

Menabungkan Uang Kertas Terkecil
Tipe menabung unik lainnya adalah dengan menyimpan uang kertas di dompet dengan nominal terkecil. Ada baiknya Anda mengatur jam berapa akan menabungkan uang tersebut. Misalkan, setiap sampai rumah setelah beraktifitas seharian langsung cek dompet dan sisihkan uangnya.

Sebenarnya ada banyak cara menabung yang baik untuk bisa diterapkan, mulai dari sistem auto-debit saat gajian atau secara konvensional dan unik seperti yang dicontohkan di atas. Bagaimanapun cara dan tips menabung yang digunakan, paling penting adalah bagaimana Anda bisa konsisten untuk menabung dan tidak menggunakan uang tersebut sebelum mencapai nominal dan tujuan keuangan yang telah direncanakan.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi covid