Berikut Cara Mengatasi Ban Mobil Belakang Miring dan Butuh Spooring

Jul - 21
2021
cara mengatasi ban mobil belakang miring

Berikut Cara Mengatasi Ban Mobil Belakang Miring dan Butuh Spooring

Setiap pengendara pasti menginginkan pengalaman berkendaran yang aman dan nyaman. Selain keahlian, kenyamanan dan keamanan berkendara juga dipengaruhi oleh kualitas dan performa kendaraan. Kualitas performa mobil bisa dilihat dari suspensi, pelek, shock absorber, tie rod end, long tie rod, dan kondisi ban mobil sebagai kaki atau penopang. Ban mobil merupakan komponen penting bagi kendaraan untuk bisa melaju sehingga harus diperhatikan dengan baik. Ada beberapa keadaan yang membuat ban bagian belakang menjadi miring dan Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi ban mobil belakang miring.

Ban mobil idealnya diperiksa dalam jangka waktu 3 bulan sekali. Sebagai penopang kendaraan, kerusakan kecil pada ban mobil bisa mempengaruhi kenyamanan berkendaraan dan bahkan keamanan. Salah satu yang perlu diperiksa secara rutin adalah keseimbangan ban mobil. Hal ini bisa menyebabkan mobil bergetar atau mejadi condong ke salah satu sisi saja. Misalnya adalah bank mobil belakang miring.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Cara mengatasi ban mobil belakang miring bisa dilakukan dengan teknik spooring dan balancing. Teknik ini berguna untuk meluruskan kembali sudut geometri ban mobil agar sesuai dengan pengaturan yang dianjurkan produsen mobil. Sementara Balancing berguna untuk menstabilkan kembali putaran ban mobil dengan cara menambahkan besi temple pemberat pada pelek. Dengan kedua proses ini, umur ban akan lebih panjang, feedback setir terjaga, penggunaan bahan bakar lebih hemat, dan kaki-kaki mobil pun jadi lebih awet.

Sebelum membahas langkah-langkah spooring, ada beberapa hal lagi yang bisa membuat mobil butuh spooring.

Setir tidak lurus

Masalah pada ban mobil bisa menyebabkan setir tidak stabil dan condong ke kiri atau kanan. Jika sudah parah, setir bisa berbelok sendiri saat mobil melaju dengan kecepatan 60 km/jam di jalanan yang lurus.

Setir bergetar

Selain setir menjadi tidak lurus, permasalahan pada ban mobil juga bisa menyebabkan setir bergetar sendiri. Kondisi tersebut bisa terjadi jika Anda melaju dengan kecepatan 60 km/jam.

Ban terlihat miring

Jika salah satu ban depan terlihat miring ketika mobil sedang parkir atau ban belakang terlihat tidak sejajar dengan ban depan, bisa jadi itu pertanda bahwa mobil kesayangan Anda membutuhkan Spooring. Biasanya, kondisi ini muncul apabila mobil sering digunakan melalui jalanan yang rusak, atau sering menghantam lubang dalam kondisi kecepatan tinggi. Untuk itu, pastikan Anda memeriksa ban mobil secara berkala dan hindari lubang di jalanan. Tidak hanya untuk mengupayakan keawetan fisik ban, tetapi hal ini juga untuk berfungsi mengoptimalkan performa mobil dan keamanan Sobat Honda dalam berkendara.

Ban mulai aus di salah satu sisi

Kondisi ban yang aus di salah satu sisi bisa jadi disebabkan oleh gangguan pada kelurusan ban mobil sehingga salah satu bagian bergesekkan lebih banyak dengan jalan. Hal ini bisa berbahaya bagi keselamatan Anda.

Jika Anda menemukan kondisi tersebut di atas pada kendaraan Anda, itu artinya Anda harus segera melakukan spooring. Sebab, kondisi sederhana seperti ban yang tidak stabil ternyata bisa menyebabkan kekacauan besar serta mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara.

Cara Mengatasi Ban Mobil Belakang Miring dengan Cara Spooring 

cara ganti ban

1. Spooring Pakai Benang

Untuk Spooring memakai benang cukup mudah. Caranya tinggal mencari saja benang kasur yang biasa digunakan di projek bangunan. Lingkarkan benang tadi ke semua roda. Kemudian ikat ujung2 benang menggunakan per atau pada bagian lain yang penting benang dapat melingkari ke semua bagian roda. Dan posisi benang di tengah diameter ban.

Perhatikan posisi benang antara ban depan dan ban belakang, posisi benang tidak boleh menyentuh bagian yang bagaimana cara menyetel. Benang tidak boleh terlalu kendor atau terlalu renggang. Cara menyetelnya dilakukan pada Tie Rod. Di sana terdapat mur pengunci. Anda perlu kendurkan dan putar batang yang menyambung pada terot tersebut. Ini merupakan bagian dimana benang yang harus pas dan tidak boleh kendor maupun renggang.

2. Spooring Pakai Meteran

Spooring menggunakan meteran ini banyak yang menggunakanya di mobil besar seperti truk. Karena truk memiliki ban belakang yang double sehingga tidak bisa lurus jika hanya menggunakan benang.

Demikian cara mengatasi ban belakang mobil miring dengan teknik spooring. Jika ban mobil bagian depan dan belakang menggunakan jenis dan ukuran yang berbeda, Anda bisa menggunakan teknik spooring pakai meteran untuk menyetelnya dengan lebih baik. Namun, penanganan terbaik tentu di bengkel spooring dan menggunakan alat yang seharunya.

Begitu penting merawat ban mobil dan mengetahui cara mengatasi ban belakang mobil miring untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Selain itu, Anda bisa menambahkan asuransi kendaraan untuk mengantisipasi terjadinya kerugian finansial di masa depan. Dapatkan tawaran menariknya di Cekpremi.com. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *