Cara Mengatasi Engsel Pintu Mobil yang Rusak, Mudah dan Cepat!

Mei - 20
2021
cara mengatasi engsel pintu mobil

Cara Mengatasi Engsel Pintu Mobil yang Rusak, Mudah dan Cepat!

Pintu kendaraan yang rusak memang tidak boleh diabaikan. Agar keamanan mobil tetap terjaga, penting untuk mengetahui cara mengatasi engsel pintu mobil yang rusak secara cepat dan mudah.

Bagi para pecinta otomotif, kejadian rusaknya komponen-komponen pada mobil memang sangat menjengkelkan. Namun, tidak selamanya kita harus membawa kendaraan tersebut ke bengkel, lho.

Pada dasarnya, ada beberapa langkah perawatan dan perbaikan yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Salah satu yang cukup mudah dipelajari ialah cara mengatasi engsel pintu mobil yang rusak.

Penyebab Rusaknya Pintu Kendaraan

Pintu merupakan bagian yang sangat sensitif pada kendaraan. Jika tidak dijaga dengan baik, bagian tersebut akan lebih cepat rusak dan sulit digunakan.

Secara umum, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rusaknya pintu mobil. Faktor-faktor tersebut bisa diakibatkan oleh minimnya perawatan hingga kebiasaan buruk pemiliknya, seperti:

1. Terlalu Keras Menutup Pintu Mobil

Peranti pengait atau doorlock berfungsi sebagai pengait jangkar dari daun pintu saat pintu ditutup. Jika kita sering menutup pintu terlalu keras, maka dapat mengakibatkan rusaknya doorlock tersebut.

2. Tidak Menutup Pintu Saat Mencuci Mobil

kebiasaan yang satu ini juga bisa mengakibatkan rusaknya doorlock mobil. Pasalnya jika doorlock terlalu sering terkena air, permukaan alat tersebut akan menjadi keras dan sukar digunakan.

3. Engsel Pintu Turun

Penyebab umum engsel pintu mobil menjadi turun adalah usia mobil yang memang sudah tua. Namun, bisa saja hal ini terjadi pada mobil keluaran baru atau mobil-mobil usia muda.

Salah satu kebiasaan yang dapat mengakibatkan turunnya engsel pintu mobil ialah terlalu sering membuka pintu mobil, serta membiarkan daun pintu tergantung terlalu lama.

4. Ukuran Karet Pintu yang Tidak Tepat

Saat mengganti karet pintu mobil, pastikan ukurannya sesuai dengan duduk pintu ya. Pasalnya jika ukuran karet tidak pas, pintu mobil akan sulit untuk ditutup dan karetnya menjadi aus lho!

Cara Mengatasi Engsel Pintu Mobil yang Rusak

Setelah mengetahui faktor penyebab rusaknya pintu kendaraan, saatnya kita mengetahui cara mengatasi engsel pintu mobil secara mudah dan cepat.

Tidak perlu peralatan khusus kok, menurut pakar cara terampuh yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengencangkan baut-baut engsel tersebut lalu diatur agar dudukannya pas.

Selain itu, keropos di area sekitar engsel pintu juga membuat dudukannya berubah. Untuk menghindarinya, tutup rapat-rapat pintu mobil saat sedang dicuci atau steam.

Ditambah lagi, hindari kebiasaan menutup pintu secara keras dan membiarkannya terbuka dalam waktu lama. Jika cara-cara ini diterapkan, niscaya pintu kendaraan Anda akan tetap awet.

Jangan lupa, tambahkan pula berikan cairan degreaser pada engsel agar tidak aus dan berkarat. Harganya murah kok, di pasaran cairan degreaser bisa dibeli seharga Rp10 – 50 ribuan.

Semoga informasi terkait cara mengatasi engsel pintu mobil ini bermanfaat untuk kita semua. Daftarkan kendaraan Anda dengan asuransi mobil terpercaya agar keamanannya tetap terjaga, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi