Selain Minum Obat, Ini 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Jul - 15
2021
cara mengatasi hidung tersumbat

Selain Minum Obat, Ini 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Tak perlu minum obat, saat ini cara mengatasi hidung tersumbat bisa dilakukan dengan metode yang lebih aman. Selain itu, bahan-bahannya sendiri bisa kita dapatkan dengan mudah di rumah, lho!

Keadaan hidung tersumbat memang sangat mengganggu aktivitas. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor, di antaranya polusi udara, alergi, sinusitis, hingga infeksi akibat ISPA atau influenza.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Ketika kotoran terhirup indera penciuman, selaput hidung akan memproduksi lendir untuk mengusir benda asing yang masuk ke dalamnya. Saat itulah umumnya hidung akan terasa seperti tersumbat.

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Aman

1. Mengonsumsi Minuman dan Makanan Hangat

Secara ilmiah, mengonsumsi makanan dan minuman hangat memang tidak secara gamblang bisa meredakan flu atau pilek. Namun, langkah ini dipercaya oleh ahli bisa menimbulkan efek plasebo.

Efek plasebo adalah adalah berbagai bentuk perawatan yang terlihat seperti terapi medis asli, tetapi nyatanya tidak menggunakan bahan aktif yang terbukti mengobati penyakit tersebut.

Beberapa panganan dan minuman yang sering dikonsumsi masyarakat saat gejala flu ialah sup dan teh hangat. Langkah ini agaknya patut untuk dicoba sebagai cara meredakan hidung tersumbat.

2. Makan atau Menghirup Aroma Bawang Putih

Seperti yang kita tahu, bawang putih mengandung senyawa aktif yang berkhasiat sebagai antijamur dan antibakteri. Karena itu, bahan alami ini pakar percaya ampuh mengatasi hidung tersumbat.

Saat gejala itu terjadi, bakteri dan kuman pada rongga pernapasan berkembang pesat. Dengan mengonsumsi atau menghirup bawang putih, pembiakkan bakteri tersebut akan berkurang.

3. Menghirup Aroma Minyak Kayu Putih

Menghirup aroma minyak kayu putih dipercaya ampuh sebagai cara meredakan hidung tersumbat. Hal ini berkenaan dengan kandungan aktif pada minyak kayu putih yang mampu membunuh kuman.

Tidak hanya di permukaan kulit, minyak yang satu ini juga dapat membantu membunuh kuman di dalam dan sekitar saluran hidung yang berkontribusi menyebabkan sinus, flu, pilek dan sebagainya.

Anda dapat menggunakan minyak kayu putih dengan mengoleskannya ke area hidung dan menghirup aromanya. Selain itu, minyak ini juga bisa dicampurkan ke air panas sebagai humidifier.

4. Melakukan Penguapan Alami

Menyambung cara meredakan hidung tersumbat sebelumnya, menghirup uap hangat diyakini ampuh membantu mengatasi peradangan akibat sinus dan menjaga kelembaban selaput lendir.

Penguapan ini bisa kita lakukan dengan mencampurkan minyak aromaterapi ke dalam air panas. Setelah asapnya keluar, hirup uap air tersebut sampai rongga pernapasan kita terasa lebih lega.

5. Gunakan Alat Air Humidifier

Secara kegunaan, penguapan menggunakan air humidifier dan merebus air panas sebenarnya cukup mirip. Keduanya sama-sama menghasilkan uap alami, yang ampuh meredakan hidung tersumbat.

Namun air humidifier memang dinilai lebih canggih. Selain ampuh meredakan gangguan pernapasan, alat ini berguna untuk melembabkan suhu ruangan, membuat udara lebih segar, dan sebagainya.

Demikian beberapa cara meredakan hidung tersumbat yang bisa dicoba. Sebagai langkah antisipasi, jangan lupa daftarkan diri Anda dengan asuransi kesehatan terpercaya, ya.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *