Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Ngebul Tanpa Bongkar Mesin

Jul - 03
2021
cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Ngebul Tanpa Bongkar Mesin

Selain menyita waktu, memperbaiki mesin motor secara total tentu butuh biaya yang besar. Karena itu bagi para riders, penting untuk mengetahui cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin.

Tak bisa dipungkiri, otomotif merupakan hobi yang cukup mahal. Bukan cuma pembelian peranti, aktivitas perawatan kendaraan seperti bongkar mesin juga dapat menguras kocek pemiliknya.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Padahal, mengatasi motor ngebul sendiri harus memperhatikan penyebabnya. Jika tahu pangkal masalahnya, kegiatan ini bisa dilakukan tanpa perlu membongkar mesin secara keseluruhan.

 

5 Penyebab Motor Ngebul dan Cara Mengatasinya

Katup Mesin Bermasalah

Cara pertama yang dapat dilakukan ialah memperhatikan katupnya. Bagian ini sangat penting, sebab katup berfungsi sebagai jalan keluar-masuk udara ke ruang pembakaran.

Jika katupnya bengkok, tak jarang knalpot motor mengeluarkan asap yang pekat. Selain itu seal yang bocor, serta pemasangan katup yang kurang tepat juga menjadi faktor penyebab masalah satu ini.

Untuk mengatasinya, Anda bisa membawa kendaraan langsung ke bengkel resmi. Langkah perbaikan katup sendiri tidak melalui bongkar mesin, namun menyesuaikan dengan jenis kerusakannya.

Kondisi Oli Mesin Encer

Oli mesin yang encer dapat menimbulkan sejumlah masalah, salah satunya mesin motor menjadi ngebul. Jika oli motor terlalu encer, cairan tersebut akan lebih mudah masuk ke ruang pembakaran.

Saat oli bercampur dengan bensin, mesin motor bisa overheat dan mengeluarkan asap. Karena itu pilih pelumas sesuai dengan spesifikasi kendaraan, lalu lakukan penggantian oli motor secara rutin.

Tune Up Mesin Berlebihan

Melakukan tune up sih sah-sah saja, namun perhatikan kapasitas mesin motor tersebut ya. Tune up yang dilakukan secara berlebihan sangat berbahaya bagi keberlangsungan mesin kendaraan.

Jika metode tune up tidak sesuai, mesin motor bisa terbakar dan mengeluarkan asap. Karena itu, langkah satu ini terbilang sangat tepat sebagai cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin.

Jarang Servis Kendaraan

Kebiasaan buruk lainnya yang bisa menyebabkan motor ngebul adalah jarang melakukan servis. Sebab itu mesin kendaraan biasanya menjadi kotor, serta ruang pembakarannya tampak berkerak.

Ketika ruang pembakaran berkerak, dinding bagian tersebut menjadi keropos dan mudah terbakar. Jika hal itu terjadi, cara mengatasi mesin motor ngebul harus melalui metode bongkar mesin.

Jenis Knalpot Tidak Sesuai

Terakhir, cara mengatasi mesin motor ngebul tanpa bongkar mesin adalah memperhatikan jenis knalpot yang digunakan. Walau sepele, memilih jenis knalpot yang sesuai terbilang sangat penting.

Ada jenis knalpot yang dilengkapi dengan sistem penyemprotan oli ke dalam spare part kendaraan. Hal tersebut menyebabkan terjadinya pembakaran, sehingga gas hasil emisi menjadi sangat tinggi.

Sejatinya jika pasokan cairan pelumas sesuai dengan kapasitas mesin, maka masalah ini bisa teratasi. Namun apabila tidak sesuai, maka masalah tersebut dapat mengakibatkan mesin menjadi terbakar.

Demikian cara mengatasi mesin motor ngebul tanpa bongkar mesin yang perlu diketahui. Segera lengkapi kendaraan Anda dengan asuransi motor terpercaya, agar keamanannya lebih terjamin ya.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *