Langkah dan Cara Mengganti Oli Persneling Mobil Manual yang Benar

Mei - 21
2021
cara mengganti oli persneling mobil

Langkah dan Cara Mengganti Oli Persneling Mobil Manual yang Benar

Seperti halnya mobil transmisi otomatis, persneling mobil manual juga membutuhkan oli. Agar mesinnya tetap awet, penting untuk mengetahui cara mengganti oli persneling mobil manual.

Secara umum, sistem pelumasan mobil transmisi manual bekerja dengan cara merendam gear transmisi ke dalam cairan. Jika cairannya kotor, maka kinerja olit tidak lagi bekerja secara optimal.

Karena itu pada interval waktu tertentu, penting untuk mengganti oli persneling mobil manual. Langkah pengerjaannya pun mudah, sehingga dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

 

Cara Mengganti Oli Persneling Mobil Manual

1. Dongkrak Mobil dengan Jack Stand

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebagai cara mengganti oli persneling mobil ialah dengan mendongkraknya. Jangan sembarangan ya, gunakan jack stand untuk menopang mobil tersebut.

Jika bodi mobil sudah terangkat, pastikan posisinya aman dan tidak bergoyang-goyang. Dengan cara ini, mengganti oli persneling mobil dapat dilakukan secara mudah dan aman.

2. Temukan Lokasi Fill Plug dan Drain Plug

Bagi Anda yang belum familiar, fill plug adalah lubang tempat pengisian oli. Sedangkan drain plug merupakan lubang pengurasan tempat oli-oli tersebut mengalir keluar.

Saat melakukan cara mengganti oli persneling mobil, mengetahui lokasi kedua lubang ini sangat penting. Fill plug biasanya ada di samping transmisi, sedang drain plug di bawah housing transmisi.

3. Kuras Cairan Transmisi Mobil

Siapkan wadah penampungan di bawah drain plug, lalu buka bautnya dengan kunci pas. Kita juga bisa meletakkan kain di atas wadah penampungan untuk menyaring cairan yang keluar.

Saat sudah terasing, lihat apakah terdapat serpihan-serpihan logam atau kontaminasi lain di dalam cairan transmisi. Jika ada, segera periksakan ke bengkel untuk tindakan lebih lanjut.

Namun apabila tidak ditemukan, maka pasang kembali baut drain plug tersebut setelah cairan transmisi selesai dikuras.

4. Isi dan Masukkan Oli Transmisi Baru

Setelah tangki transmisi kosong, buka baut fill plug menggunakan kunci pas dan isi dengan cairan yang baru. Untuk mengisi transmisi, kalian membutuhkan pompa tangan dan selang.

Kedua alat ini berguna untuk membantu Anda dalam memasukkan cairan ke lubang transmisi, agar tidak tumpah maupun berceceran ke lantai rumah. Bagaimana, cukup mudah ‘kan cara satu ini?

5. Pasang Kembali Baut Fill Plug

Apabila semua cara mengganti oli persneling mobil sudah Anda lakukan, jangan lupa untuk memasang kembali baut fill plug tersebut agar olinya tidak tumpah.

Penting untuk diingat, jika cairan sudah mulai meluap melewati lubang pengisian tandanya cairan transmisi telah penuh. Aplikasikan thread sealant pada baut dan pasang kembali hingga rapat.

Itu tadi beberapa cara mengganti oli transmisi yang perlu Anda ketahui. Jangan lupa, daftarkan kendaraan Anda dengan asuransi mobil terpercaya agar keamanannya tetap terjaga, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi