Begini Cara Menghilangkan Embun di Kaca Mobil Dengan Mudah

Aug - 13
2021
cara menghilangkan embun di kaca mobil

Begini Cara Menghilangkan Embun di Kaca Mobil Dengan Mudah

Kaca mobil berembun merupakan kejadian yang banyak terjadi ketika musim hujan, yakni ketika suhu di luar lebih dingin dibandingkan di dalam kabin. Kaca mobil seperti spion yang berembun akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Selain itu juga bisa mengakibatkan kecelakaan karena kesulitan pandangan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan embun di kaca mobil.

Blind spot merupakan hal yang wajib diketahui saat mengendarai dan menyetel kaca spion mobil. Hal ini karena bisa mempengaruhi keamanan berkendara. Embun yang menempel di kaca spion biasanya dianggap sepele, namun hal ini tidak boleh terus terjadi.

Kaca spion yang berembun dapat mengganggu visibilitas pengendara dan bisa menyebabkan insiden hingga kecelakaan fatal. Jika didiamkan dalam waktu lama, kondisi ini bisa menimbulkan kerak air di permukaan kaca.

6 Cara Menghilangkan Embun di Kaca Mobil

embun kaca mobil

1. Segera Hidupkan AC

Banyak orang yang berpikir jika mematikan AC dapat menghilangkan embun. Padahal hal ini sangat keliru. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, bahwa embun pada kaca mobil dapat terbentuk jika suhu di luar lebih dingin daripada di dalam kabin, maka menyalakan AC dapat membuat suhu dalam kabin tetap dingin. Hal ini harus benar-benar diingat, apalagi di saat musim penghujan.

Untuk menjaga agar kaca mobil tidak berembun, Anda juga harus pastikan bahwa AC mobil berfungsi dengan baik. Sebaiknya Anda selalu merawat dan memeriksakan kompresor AC mobil akan tetap berfungsi. Kompresor AC yang kurang oli bisa menyebabkan AC tidak dingin dan terkadang menimbulkan suara yang berisik kasar.

2. Maksimalkan Defogger

Mobil saat ini sudah banyak yang dilengkapi dengan defogger dimobilnya. Defogger ini memiliki bentuk garis-garis kawat tipis yang merupakan kondensator panas. Anda bisa mengaktifkan defogger dengan menekan tombol khusus bergambar tiga panah melengkung yang ada di bagian dashboard mobil.

3. Gunakan Sampo Rambut

Cara menghilangkan embun di kaca mobil juga bisa menggunakan sampo. Kandungan yang ada di dalam sampo bahkan bisa mencegah munculnya embun karena kelembaban kaca mobil tetap terjaga. Cara menghilangkan embun menggunakan sampo ini pun sederhana, yakni dengan mengoleskan sampo tanpa dicampur air dengan jumlah sedikit di kaca mobil bagian dalam. Kemudian lap hingga bersin namun tetap jangan campur dengan air.

4. Oleskan Tembakau

Cara selanjutnya yakni menggunakan tembakau. Ya, tembakau bisa untuk mencegah embun muncul. Cara penggunaannya sama dengan seperti sampo rambut. Namun saat dilakukan pengolesan jangan sampai ada potongan cengkeh yang ikut di dalamnya. Cengkeh bisa menggoreskan kaca mobil Anda. Sebaiknya oleskan secara pelan dan halus.

5. Pakai Cairan Anti Kabut

Sebenarnya telah tersedia cairan anti kabut di pasaran saat ini. Anda bisa membelinya lalu menyemprotkan cairan ke kaca bagian dalam mobil. Setelah itu diamkan selama beberapa saat, lalu lap dengan kain lembut kering. Proses mengelap ini harus dilakukan searah dan beberapa kali.

6. Perhatikan Kondisi Mobil

Inilah yang paling penting lainnya yang harus Anda perhatikan sebelum mengatasi cara menghilangkan embun dari kaca mobil. Anda juga harus menjaga kesehatan diri dan kesehatan kendaraan Anda. Jangan lupa untuk selalu melakukan servis umum.

Selain itu, sebaiknya Anda menghindari parkir di tempat terik dan hindari menggunakan lap basah untuk membersihkan kaca mobil bagian dalam.

Oke, itu tadi cara menghilangkan embun di kaca mobil. Pastikan Anda menjaga kesehatan mesin mobil agar tetap prima, ya! Semoga bermanfaat. Jangan lupa, selain merawat mobil Anda juga bisa menghindari kerugian finansial lainnya dengan menambahkan asuransi kendaraan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi