Cara Menghilangkan Pusing Ataupun Sakit Kepala Secara Alami

Image Source mediafiregamespot.blogspot.com
Image Source mediafiregamespot.blogspot.com

Pusing atau sakit kepala adalah penyakit yang sering dirasakan oleh siapapun. Biasanya nya sebagian orang akan segera mengkomsumsi obat pereda pusing atau sakit kepala. Penyebab pusing atau sakit kepala bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari cuaca, dehidrasi, demam, gugup, stress dan ganguan-gangguan pada tubuh lainnya yang mungkin akan menyebabkan reaksi sakit dibagian kepala.

Mengkomsumsi obat biasanya menjadi pilihan awal untuk meredakan pusing atau sakit kepala. Akan tetapi terkakadang mengkomsumsi obah dapat menimbulkan efek samping yang jusru berakibat buruk bagi kesehatan. Menyebabkan efek  samping, adiksi (ketergantungan), bahkan alergi terhadap obat. Namun ada pula beberapa cara untuk meredakan pusing atupun sakit kepala tanpa mengkomsumsi obat. Cara meredakan pusing atu sakit kepala secara alami.

  1. MINUM AIR PUTIH
    Sakit kepala seringkali dikarenakan dehidrasi. Saat kita kepanasan dan kehilangan banyak cairan disertai rasa sakit kepala, segera untuk konsumsi air putih. Duduklah sebentar, istirahat sejenak, kemudian minum air putih secara perlahan. Jangan melakukan banyak gerakan sampai sakit kepala hilang. Meminum air putih memang banyak sekali manfaatnya. Biasakan minum air putih minimal kurang lebih 8 gelas sehari agar badan anda sehat dan tentunya terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Serta menjadikan tubuh kita menjadi sehat dan bugar kembali.

 

  1. KOMPUTER/HANDPHONE (RADIASI)
    Radiasi komputer ataupun handphone juga bisa menimbulkan rasa sakit terhadap kepala. Hal tersebut biasanya terjadi pada kita yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer dan menggunakan handphone secara jangka waktu yang cukup lama. Cobalah untuk matikan monitor ataupun mengistirahatkan kita dari handphone, lalu pergilah ke luar ruangan untuk mencari udara segar. Namun jika anda yang mempunyai pekerjaan didepan komputer, hal ini mungkin susah dikerjakan. Usahakan untuk setiap 1 jam sekali melihat pemandangan luar atau melihat sesuatu yang hijau agar mata tidak terlalu terforsir.

 

  1. TARIK NAFAS SECARA PERLAHAN
    Memejamkan mata adalah cara efektif untuk meredakan ketegangan pada otot mata yang menimbulkan rasa sakit kepala. Karena otot mata dipaksa untuk bekerja cukup lama, kemungkinan hal tersebut yang dapat berakibatkan pusing atau sakit pada kepala. Walaupun hal tersebut cukup sederhana, menarik nafas secara perlahan juga dapat merilekskan pikiran yang sedang kita kerjakan.

 

  1. SEDUH SECANGKIR TEH HITAM
    Cobalah untuk meminum segelas the hitam lalu tambahkan perasan air lemon. Saat masih hangat, minum secara perlahan. Ini berguna untuk meredakan pusing ataupun sakit kepala yang kita rasakan..

 

  1. TELUNJUK DAN IBU JARI
    Cobalah gunakan jari telunjuk dan ibu jari untuk menekan secara perlahan batang hidung . Dan, coba lakukan juga pijatan pada pelipis secara bergantian.

 

  1. KOMPRES KEPALA
    Ambillah kain lembut atau handuk kecil, lalu basahi dengan air bersuhu dingin, kompres. Lalu, tempelkan di kepala dan leher bagian belakang. Cara tersebut bisa mengurangi rasa sakit karena membuat efek relaksasi.

 

Masih banyak cara untuk mengatasi ataupun menghilangkan pusing dan sakit kepala secara alami atau tradisional, namun biasanya kita malah memilih untuk mengkonsumsi obat-obatan. Cara mengatasi gejala sakit apapun dengan obat kimia memang manjur, akan tetapi jika dosis yang diberikan terlalu tinggi akan menimbulkan kekebalan pada penyakit tertentu. Justru hal itu akan berdampak buruk pada kesehatan kita sendiri.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

July 20, 2015

Posted In: Health, Lifestyle, Tips & Tricks

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami