Cara Menghilangkan Trauma Akibat Pelecehan Seksual

trauma seksual

Anak adalah seorang malaikat kecil yang dikirimkan oleh Tuhan kepada orangtuanya, dengan sekuat tenaga orang tua akan menjaga anak tersebut hingga ia menjadi seorang yang sukses dan dapat meraih mimpi kesokkan harinya. Akan tetapi, amat di sayangkan bila impian anak dan juga orang tua tadi menjadi sirna begitu saja akibat ulah dari seorang yang tidak bertanggung jawab, mereka yang di sebut pendofil inilah yang mulai menghantui kebahagian anak di waktu kecil. Anak tidak lagi bebas bermain di luar rumah bersama teman-temannya, tidak lagi mengerti bagaimana cara bersosialisasi, tidak lagi bisa mempelajari lingkungan sekitaranya.

Seakan moral manusia berkurang yang ditandai dengan berkembangnya pendofil di masyarakat. Sudah banyak kasus pelecehan seksual akibat ulah para pendofil yang berakibat berbahaya bagi perkembangan anak. Seperti beberapa hari terakhir ini banyak kasus pelecehan seksual yang terjadi pada anak, pelakunya pun semakin banyak dan berkembang. Mulai dari guru di sekolah, keluarga sendiri, hingga mereka yang bekerja di dunia hiburan pun ternyata ikut-ikutan menjadi seorang pendofil.

Trauma yang disebabkan oleh para pelaku pelecehan tersebut tentu sangat berbekas bagi anak tersebut, sampai seumur hidupnya. Mungkin bagi kita yang tidak mengerti dan tidak pernah mengalaminya menganggap traumanya tidak di smebuhkan saja ke seorang psikiater.

Namun, sebuah pertanyaan mulai muncul “apakah semudah itu menghilangkan kejadian yang berakibat fatal tersebut?”. Tidak. Untuk menghilangkan trauma pelecehan seksual tidak semudah membalikkan sebelah tangan, banyak proses yang harus di jalani sang anak agar bisa ke luar dari ruang gelap yang telah mengekangnya.

Sebenarnya ada cara untuk menghilangkan trauma masa lalu, dengan perlahan-lahan mencoba beberapa cara ini.

Cara menghilangkan trauma akibat pelecehan seksual:

  • Usahakan Anak Tersebut Tidak Menyalahkan Diri Sendiri

Sebenarnya hal utama yang dapat menyebuhkan rasa trauma akibat pelecehan seksual adalah datang dari sendiri, jika mereka mau bekerja keras untuk melupakan masa lalu seperti tidak menyalahkan dirinya tersebut atas kejadian tersebut. Beri pengertian kepada anak bahwa bukan merekalah yang salah mereka hanya korban yang salah adalah orang lain, agar anak tersebut lebih percaya diri menghadap masa depan.

  • Bantu Anak Untuk Lebih terbuka Dengan Orang Lain

Melakukan sharing dengan sesama korban, melakukan sharing dengan orang lain juga dapat membantu anak menyembuhkan traumanya. Karena ia bisa menjadi lebih lega dan puas, bukan hanya itu bisa juga di ambil sebuah keputusan agar bisa mencegah hal tersebut tidak lagi terjadi.

  • Ciptakan Suasana Yang Nyaman dan Ramai

Jangan biarkan anak yang mengalmai trauma pelecehan tersebut sendiri untuk beberapa waktu, ciptakan suasana kekeluargaan yang nyaman dan ramai. Agar mereka perlahan-lahan dapat melupakan trauma tersebut. Buat juga sebuah permainan yang menarik agar ia bisa lebih sering tertawa dan bahagia.

  • Buat Anak Untuk Tidak Mengungkit Masa Lalu

Ada yang mengatakan bahwa “Masa lalu, biarlah berlalu. Jangan di ukit lagi”, ya benar. Jika anak sudah melakukan 3 hal diatas yang perlu di lakukan selanjutnya ialah tidak mengingat masa lalu lagi, ajaklah anak untuk melupakan masa lalu tersebut agar tidak ada lagi luka atau rasa sakit yang mereka rasakan. Ajaak anak juga untuk meraih masa depannya, contohnya bila anak suka menggambar bantu mereka untuk mengembangkan hobinya tersebut.

Menyembuhkan anak dari trauma memang susah, namun jika dilakukan secara perlahan-lahan pasti bisa disembuhkan. Bantulah anak anda untuk menyembuhkan masa lalu tersebut, agar tidak ada lagi anak yang masa depannya menjadi terancam.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

February 20, 2016

Posted In: Hot News

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami