Ternyata Mudah, Begini Cara Menghitung Bunga Deposito Bank!

Aug - 30
2021
cara menghitung bunga deposito

Ternyata Mudah, Begini Cara Menghitung Bunga Deposito Bank!

Deposito merupakan salah satu bentuk instrumen investasi dengan risiko yang cenderung rendah dibandingkan instrumen investasi lainnya. Deposito menawarkan suku bunga yang lebih tinggi dan kompetitif ketimbang suku bunga tabungan biasa. Dalam artikel ini kita akan membahas cara menghitung bunga deposito.

Risiko yang minim dan bunga yang kompetitif membuat deposito menjadi instrument investasi yang menarik dan disukai oleh banyak kalangan, baik dari pemilik dana besar maupun oleh individu. Bunga deposito diperoleh dari bank sebagai kompensasi yang diberikan kepada nasabah yang bersedia menempatkan dananya di bank tersebut. Bank sebagai lembaga intermediasi selanjutnya menyalurkan dana simpanan tersebut sebagai pinjaman atau kredit.

Bagaimana sih cara menghitung bunga deposito? Pada umumnya ada dua pendekatan yang bisa Anda gunakan untuk menghitung bunga seposito. Yang pertama yakni berdasarkan total uang yang didapatkan di akhir jatuh tempo, dan yang kedua menghitung berdasarkan keuntungan yang didapat dari suku bunga per bulan.

Cara Perhitungan Bunga Deposito Secara Lengkap 

bunga deposito bank
Source: https://www.banksinarmas.com/

Perhitungan berdasarkan total pendapatan per jatuh tempo

Ada tiga tahap dalam perhitungan ini, yakni menghitung keuntungan bunga deposito, menghitung jumlah potongan pajak yang ditanggung, dan kemudian bisa menghitung total pendapatan. Cara menghitungnya pun gampang banget, hanya perlu persamaan matematika sederhana. Berikut ini contoh untuk Anda agar lebih mudah dipahami.

Contoh:

Anda ingin menyimpan dana sebesar Rp 10 juta (modal awal) dalam deposito dengan tenor atau jangka waktu 6 bulan (180 hari). Suku bunga deposito ditetapkan 5 persen dengan potongan pajak yang harus ditanggung sebesar 20 persen.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada tiga tahap untuk melakukan perhitungannya.

Tahap pertama: Menghitung keuntungan dari bunga deposito.

Rumus = (Modal awal x Suku bunga deposito x Tenor dalam satuan hari) / 365 (hari)

= (Rp 10 juta x 5 persen x 180 hari) / 365 hari

= Rp 246.575

Tahap kedua: Menghitung jumlah potongan pajak yang ditanggung.

Rumus = Tarif Pajak x Keuntungan dari Bunga Deposito

= 20 persen x Rp 246.575

= Rp 49.315

Tahap ketiga: menghitung total pendapatan.

Rumus = Modal awal + (Keuntungan dari bunga deposito – Jumlah pajak deposito)

= Rp 10 juta + (Rp 246.575 – Rp 49.315)

= Rp 10 juta + Rp 197.260

= Rp 10.197.260

Sehingga, jika Anda memiliki dana investasi sebesar Rp10 juta dengan buka 5% di akhir jatuh tempo misalnya 6 bulan, maka total dan yang Anda miliki adalah sebesar Rp10.197.260.

Baca juga: Daftar Investasi Resmi OJK 2021 | Tips Aman dalam Berinvestasi

Perhitungan berdasarkan keuntungan bunga per bulan

Menghitung dengan cara ini dinilai lebih mudah dan tidak memerlukan berbagai tahap perhitungan. Berikut ini contoh perhitungannya agar Anda lebih mudah dalam memahaminya.

Contoh:

Anda ingin menyimpan dana sebesar Rp 10 juta dalam deposito dengan jangka waktu 6 bulan (180 hari). Suku bunga deposito ditetapkan 5 persen dengan potongan pajak yang harus ditanggung sebesar 20 persen. Berapa keuntungan setiap bulan?

Jawaban:

Rumus = (Suku bunga deposito x setoran pokok x 30 hari x 80 persen) / 365 hari

= (5 persen x Rp 10 juta x 30 hari x 80 persen) / 365 hari

= Rp 12.000.000 / 365

= Rp 32.876

Jadi, keuntungan yang akan Anda dapatkan selama berinvestasi deposito dengan modal awal sebesar Rp10 juga selama satu periode atau 6 bulan dan bunga 5% adalah Rp32.876.

Semakin hari. deposito menjadi produk investasi yang semakin digemari. Ada instrument investasi lain seperti saham dan lainnya namun deposito sudah terlalu melekat di hati. Selain itu, banyak juga yang ingin belajar ke UK kemudian membeli saham sebagai persiapan, ingatlah banyak juga yang membeli saham hanya karena ingin mendapatkan capital gain dan dividen.

Nah itulah cara menghitung bunga deposito. Sederhana dan mudah sekali, bukan? Semoga artikel ini membantu ya!

Baca juga: Tips Menarik Memanfaatkan Peluang Investasi untuk Milenial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid