Cara Mengobati Luka Bakar di Rumah

luka bakar

Luka bakar dapat terjadi ketika permukaan kulit secara langsung terpapar panas yang berlebihan. Hal ini dapat terjadi dimana saja, salah satunya di rumah. Sehingga kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengobati luka bakar sendiri.

Penyebabnya dapat dikarenakan kulit tubuh terkena panas dari seterika, kompor, air yang mendidih, bahkan terpapar oleh bahan kimia. Berikut ini adalah pertolongan pertama yang dapat kamu lakukan jika terkena luka bakar!

Cara Mengobati Luka Bakar

  • Alirkan Air Pada Bagian Tubuh yang Luka

Jika kamu baru saja terkena sumber panas, seperti seterika, atau minyak panas, kamu dapat mengalirkan air dingin di bagian tubuh yang luka. Usahakan untuk sesegera mungkin mencari keran air, agar tubuh atau kulit yang terluka dapat dialiri air.

Mengalirkan air dingin dapat kamu lakukan kurang lebih selama 30 menit. Karena aliran air dapat membantu luka bakar tidak menjalar ke jaringan kulit lebih dalam.

  • Kompres Air Es

Selain menggunakan aliran air, kamu dapat menggunakan air es untuk mengompres kulit yang terkena luka bakar. Gunakan kain untuk mengompres, yang diisi es batu atau air es.

Kamu dapat melakukan pengompresan selama 3 sampai 5 menit. Melakukan pengompresan dapat membantu untuk meringankan rasa sakit, dan mencegah pembengkakan karena luka bakar.

  • Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya dapat kamu gunakan untuk mengobati luka bakar, karena memiliki sifat anti inflamasi. Selain itu, lidah buaya dapat membantu untuk melancarkan sirkulasi darah, serta menghambat tumbuhnya bakteri di area kulit yang terluka.

Penggunaannya, kamu dapat mengoleskan lidah buaya atau gel lidah buaya pada kulit yang terkena luka bakar secara merata. Kamu dapat mengoleskannya hingga beberapa kali dalam satu hari agar sembuh dengan cepat.

  • Menggunakan Madu

Bahan lain yang dapat kamu gunakan, adalah madu. Madu memiliki sifat yang serupa dengan lidah buaya, yaitu anti inflamasi dan antibakteri.

Sifat tersebut dapat membuatmu terhindar dari infeksi yang dapat terjadi. Menggunakan madu juga dapat mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh luka bakar.

  • Menggunakan Kulit Pisang

Hal ini mungkin kurang familiar didengar oleh beberapa orang. Namun menurut peneliti kulit pisang dapat membantu kamu untuk mengobati luka bakar.

Bahkan para peneliti menyarankan untuk meletakkan kulit pisang pada area luka bakar hingga kulitnya berubah menjadi hitam. Karena kulit pisang dapat membantu meredakan rasa sakit akibat luka bakar.

  • Melepaskan Aksesoris

Ketika kamu terkena luka bakar, dan sedang menggunakan beberapa aksesoris seperti cincin, jam tangan, gelang, atau bahkan kalung yang berada atau menutupi area luka bakar, lepaskan dengan segera.

Hal ini dapat membantu untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada kulit. Sehingga sesegera mungkin lepas seluruh aksesoris dan cari beberapa hal yang dapat membantu mengobati luka bakar secara cepat.

Keenam hal ini adalah cara mengobati luka bakar dengan cepat, karena tidak sulit untuk melakukannya. Namun seringkali beberapa orang menggunakan pasta gigi atau mentega untuk menyembuhkan luka bakar.

Kenyataannya, kedua cara ini tidak dianjurkan. Karena pasta gigi dapat memicu resiko infeksi sehingga membahayakan jaringan kulit. Selain itu, mentega dapat menghalangi sirkulasi udara, dan menjadikan kulit rentan terkena infeksi.

Namun jika keenam cara tersebut belum dapat mengatasi luka bakar yang kamu alami, segera konsultasikan pada dokter agar kamu mendapatkan penanganan yang serius. Penggunaan asuransi sangat diperlukan jika kamu mengalami kejadian seperti ini.

Karena melalui bantuan asuransi, kamu bisa mendapatkan penanganan yang terbaik, serta proteksi biaya pengobatan, rawat inap, hingga obat-obatan. Pilihlah asuransi terbaik melalui bantuan rekomendasi Cekpremi.

Pertanyaan Seputar Cara Mengobati Luka Bakar

Ketika mengalami luka bakar, usahakan secepat mungkin kamu mengobatinya. Hal tersebut bertujuan agar luka tidak menyebar dan tidak terjadi infeksi.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan terkait cara mengobati luka bakar, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Berapa lama sembuh dari luka bakar?” answer-0=”Tergantung pada luas, dan jenis luka bakar. Jika luka kecil dan ringan, kurang lebih 7-20 hari pasca luka bakar. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Bagaimana mengobati luka bakar yang melepuh?” answer-1=”Jika ringan, segera bersihkan luka bakar dengan air mengalir dan sabun tanpa pewangi serta non alkohol. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]