Cara Menyembuhkan Sariawan Dengan Cepat

sariawan

Cara menyembuhkan sariawan yang sering dilakukan oleh orang memang beragam. Mulai dari mengatasinya melalui medis hingga alami. Memiliki sariawan memang mengganggu aktifitas, berlebih ketika makan maupun minum. Sehingga perlu untuk diatasi dengan cepat sehingga tudak menghambat aktivitasmu.

Cara Menyembuhkan Sariawan

Sariawan  merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada area mukosa mulut. Selain itu, kondisi ini biasanya muncul pada pipi bagian dalam.lidah, langit-langit mulut, gusi, maupun bibir. Meskipun kondisi ini tidak terlalu bahaya, tetapi memang cukup mengganggu. Adapun untuk mengatasinya adalah sebagai berikut!

  • Berkumur Dengan Laurat Garam

Scara pertama adalah dengan berkumur menggunakan laurat air garam. Dimana diketahui bahwa larutan ini dapat mengurangi peradangan,  dan meredakan nyeri. Selain itu, dapat mempercepat proses penyembuhan pada jaringan guri, mulur, maupun bibir. Untuk membuat larutan garam, kamu hanya tinggal menyiapkan setengah cangkir air hangat kemudian masukan satu sendok teh garam.

Aduklah sampai semua garam larut pada air tersebut. Setelah itu, cobalah untuk berkumpul dengan durasi waktu sekitar 15 hingga 30 detik.  Untuk melakukan hal tersebut, kamu pun ternyata dapat menggunakan baking soda untuk mengobati sariawan yang kamu derita secara alami.

  • Mengompres  Dengan Kantong Teh Chamomile

Chamomile memiliki kandungan  azulene dan levomenol. Dimana kandungan tersebut merupakan senyawa antiseptic dan anti radang. Sehingga banyak orang yang percaya dapat mempercepat proses dalam meredakan maupun penyembuhan sariawan.  

Untuk caranya sendiri yaitu dengan merendam kantong teh dalam air hangat. Kemudian angkatlah kantong teh tersebut dan kompreskan pada luka sariawan. Setelah itu tunggulah sekitar kurang lebih 5 menit. Lakukan cara tersebut sampai 3 hingga empat kali dalam sehari.

  • Cara Menyembuhkan sariawan Dengan Mengoleskan Madu

Selain teh Chamomile ternyata madu pun dapat digunakan untuk mengatasi sariawan. Dimana hal tersebut dikarenakan madu mengandung antibakteri dan anti radang.  Sehingga mampu mengobati sariawan. Cara nya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan madu tepat pada bagian mulut yang terkena sariawan. Lakukan cara tersebut 3  hingga 4 kali dalam sehari sampai kamu sembuh.  Adapun jenis madu yang sangat baik untuk dijadikan obat adalah madu murni. Dimana jenis ini tidak melewati sebuah proses pasteurisasi.

  • Mengkonsumsi Buah Dan Sayuran

Saruwan pun dapat disembuhkan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuhmu. Dimana hal tersebut terdiri dari vitamin C, Vitamin B, folat, zinc, dan zat besi. Kamu dapat memperoleh nutrisi tersebut dari sayuran dan buah-buahan. Sehingga cobalah untuk rutin mengkonsumsinya setiap hari. Pastikan kamu telah mencuci buah maupun sayuran sebelum dikonsumsi.

  • Minum Obat

Selain diobati dengan cara alami, kamu pun dapat mengobatinya dengan mengkonsumsi obat. Namun, pastikan kamu meminumnya berdasarkan resep yang telah diberikan dokter kepadamu. adapun obat tersebut adalah Obat kortikosteroid, pereda nyeri, dan Kauterisasi.

 Bahkan jika memang penyebabnya oleh infeksi maka kamu akan diberikan obat antijamur, antivirus, dan antibiotik. Tergantung dari penyebab sariawan yang kamu alami itu apa.  Selain itu, kamu pun biasanya akan diresepkan untuk mengkonsumsi suplemen untuk menunjang penyembuhan. Terutama jika sariawan yang kamu alami dikarenakan kekurangan nutrisi.

Selama kamu mengalaminya, usahakan untuk menyentuh bagian mulut yang sariawan dengan tangan bersih. Sehingga tidak mengganggu proses penyembuhan dan memperparah sariawan yang kamu derita. Selain itu, kamu pun dapat menggunakan asuransi kesehatan di cekpremi. Untuk proteksi kesehatanmu sendiri.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai sariawan yang sering terjadi. Adapun untuk pertanyaannya adalah sebagai berikut!

Apa Saja Penyebab Sariawan?

Penyebab dari sariawan adalah jamur yang bernama Candida albicans. Dimana jamur ini berada di bawah mulut dan jumlah nya pun kecil. Akan tetapi, pertumbuhannya sendiri memang tidak terkendali. Selain itu, penyebab lainnya pun dapat dikarenakan oleh alergi, cedera, kekurangan nutrisi, dan infeksi.

Bagaimana Cara Untuk Mencegah Sariawan Sehingga Tidak Terjadi Lagi?

Kamu dapat menghindari makanan yang menyebabkan iritasi pada mulut. Seperti halnya makanan pedas, panas, maupun rasa asam. Selain itu, jagalah kebersihan mulut maupun gigi dengan menggosoknya menggunakan bulu sikat gigi yang halus. Kamu pun perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi sehingga kebutuhan nutrisi pada tubuh terpenuhi. Untuk menunjang kondisi kesehatanmu, kamu bisa menggunakan asuransi di cekpremi. Sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan kamu dapat menggunakan asuransi yang kamu beli di cekpremi. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya pengobatan yang harus dikeluarkan. Pasalnya, hal tersebut akan ditanggung pihak asuransi sesuai ketentuan yang berlaku.