7 Cara Merawat Cat Mobil yang Aman agar Tetap Mengkilap

Mei - 08
2021
cara merawat cat mobil

7 Cara Merawat Cat Mobil yang Aman agar Tetap Mengkilap

Tidak cuma interior, bagian eksterior mobil juga penting untuk kita rawat. Supaya terhindar dari risiko kerusakan dan pengelupasan badan kendaraan, berikut cara merawat cat mobil yang aman.

Dewasa ini, mobil tak lagi dianggap sebagai alat transportasi saja. Lebih dari itu, jenis kendaraan ini bahkan menjadi simbol kekayaan, status sosial hingga mampu menunjukkan jati diri pemiliknya.

Maka dari itu, tidak heran jika para pemilik mobil rela menghabiskan uangnya untuk merawat rupa kendaraan mereka. Meski sejatinya cara merawat cat mobil bisa kita lakukan sendiri di rumah.

 

Cara Merawat Cat Mobil Tanpa Perlu ke Salon

1. Bersihkan Bodi Mobil dengan Sampo Khusus

Cara merawat cat mobil secara pribadi sebenarnya cuma soal kebiasaan. Jika ingin tampilan badan kendaraan selalu terlihat prima, biasakan membersihkan mobil tersebut dengan sampo khusus.

Sampo khusus bodi mobil cukup banyak dijual di pasaran. Harganya pun variatif mulai dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah. Meski cukup mahal, shampo ini sangat efektif merawat cat mobil Anda.

2. Langsung Bersihkan Noda yang Menempel

Kebiasaan menunda-nunda membersihkan bodi mobil dapat berdampak buruk terhadap keawetan warnanya. Karena itu, segera bersihkan badan kendaraan apabila terkena noda atau kotoran.

Tidak perlu semuanya kok, cukup bersihkan bagian bodi mobil yang terkena noda dengan air bersih dan sedikit sampo. Lap dengan kain yang lembut hingga permukaan bodi benar-benar kering.

3. Gunakan Kompon untuk Menghilangkan Baret

Jika bodi mobil sudah terlanjur tergores, segera gunakan kompon kit sebagai cara merawat cat mobil Anda. Tak perlu ke salon, kompon kit sendiri cukup banyak kok dijual di toko perkakas otomotif.

Cara kerja kompon kit sebenarnya simpel, dengan mengoleskan cairan tersebut di sekitar bekas baret maka cat yang ada di sekitarnya akan melebur hingga menutupi bekas goresan bodi.

4. Perhatikan Tempat Parkir Kendaraan

Memperhatikan tempat parkir kendaraan juga bisa jadi cara merawat cat mobil yang ampuh, lho. Artinya, hindari tempat-tempat terbuka dan terkena sinar matahari langsung saat memarkir mobil.

Melapisi bodi kendaraan dengan cover atau sarung mobil sah-sah saja, namun langkah ini hanya bersifat sementara karena beberapa material sarung masih bisa ditembus oleh sinar matahari.

5. Hindari Mengover Mobil saat Kendaraan Basah

Berhubungan dengan poin sebelumnya, kebiasaan mengover bodi dengan sarung mobil ternyata harus dilakukan secara benar. Hindari menutupi kendaraan Anda dengan cover saat masih basah.

Menurut pakar otomotif, hawa lembab yang timbul akibat menutupi bodi kendaraan saat masih basah dapat menimbulkan jamur serta merusak tampilan cat mobil tersebut.

6. Sarungi Body Mobil saat Malam Hari

Tahukah Anda, kapan kira-kira waktu terefektif untuk menggunakan sarung mobil? Bukan siang hari, ornamen tersebut justru sangat bermanfaat jika digunakan pada saat malam hari, lho.

Seperti yang telah disebutkan, beberapa sarung mobil mungkin tidak dirancang untuk menahan sinar matahari langsung. Ia justru berguna untuk menghalau air embun yang dapat merusak cat mobil.

7. Gunakan Kit Setelah Mencuci Mobil

Terakhir, cara merawat cat mobil yang bisa Anda coba adalah menggunakan cairan pengilat atau kit. Jangan bingung, kit sendiri ada beberapa macam mulai dari pembersih, kompon hingga pengilat.

Pilihlah produk kit yang berguna sebagai pengilat, cairan ini digunakan setelah mobil tercuci dan dikeringkan. Oleskan cairan kit ke seluruh bagian bodi agar tampilannya kinclong dan menawan.

Itu tadi beberapa cara merawat cat body mobil yang aman. Untuk menambah kenyamanan dan keamanan berkendara, lengkapi kendaraan tersebut dengan polis asuransi mobil terpercaya, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi