7 Cara Merawat Gudang agar Tetap Bersih Tanpa Perlu Ribet

Apr - 12
2021
cara merawat gudang

7 Cara Merawat Gudang agar Tetap Bersih Tanpa Perlu Ribet

Gudang merupakan ruangan penting dari sebuah rumah. Sama seperti ruangan lainnya, gudang juga perlu dirawat dan diperhatikan. Tak repot, kok! Berikut cara merawat gudang yang benar yang bisa Anda ikuti.

Meskipun sering terabaikan, gudang mempunyai fungsi yang tak kalah penting dengan ruangan lainnya.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Biasanya gudang menjadi tempat penyimpanan barang-barang yang sudah tidak terpakai atau barang berharga serta barang kenang-kenangan.

Sayangnya, gudang yang menjadi ruang penyimpanan segala macam barang sering kali kurang begitu diperhatikan kebersihan dan kerapiannya.

Padahal, gudang yang bersih dan terawat dapat mempermudah Anda dalam mencari barang serta menghindarkan dari sumber penyakit.

Jangan malas membersihkan gudang ya! Yuk, mulai sekarang coba praktikkan cara merawat gudang yang mudah dan tanpa ribet berikut ini!

7 Cara Merawat Gudang yang Efektif Dilakukan

1. Keluarkan Semua Barang

Jika Anda sudah telanjur mengisi gudang dengan barang-barang tanpa pengaturan, ada baiknya Anda mulai merawat gudang dari awal lagi.

Keluarkan dahulu semua barang yang sudah ditumpuk di gudang hingga Anda dapat melihat ruangan kosong tidak terhalang apa pun.

Dengan melihat ukuran ruang gudang, Anda dapat memperkirakan kapasitasnya sehingga Anda bisa lebih teratur dalam menyimpan barang.

2. Bersihkan Setiap Sudut dari Kotoran

Cara merawat gudang yang berikutnya adalah dengan membersihkan ruangan dari debu dan kotoran.

Anda dapat menyapu terlebih dulu debu-debu yang melekat di lantai sampai ke plafon.

Untuk membersihkan setiap sudut gudang, Anda bisa menggunakan sapu atau vacuum cleaner.

Selanjutnya, pel gudang dengan cairan antibakteri agar ruangan benar-benar bersih.

3. Pastikan Gudang Aman dari Jamur dan Tikus

Ruangan gudang yang pengap dan lembap mudah sekali mengundang jamur, oleh karena itu Anda juga wajib mengecek dinding dan tembok agar tak berjamur.

Dinding yang berjamur dapat meningkatkan kelembapan ruangan dan merusak berbagai barang seperti buku dan alat elektronik.

Jika dinding gudang berjamur, Anda dapat mengamplas lapisan permukaan dinding dan mengecat ulang ruangan dengan cat antijamur.

Anda juga perlu mengecek gudang dari kemungkinan masuknya tikus. Selain dapat merusak barang-barang Anda, tikus juga bisa menularkan penyakit.

4. Pilah Barang sesuai Kategori

Cara merawat gudang berikutnya sangat bergantung pada sistem penataan barang yang akan masuk.

Pertama, pilah barang berdasarkan fungsi dan umurnya. Barang-barang yang sudah tidak terpakai dan lewat batas kedaluarsa sebaiknya dibuang atau disumbangkan.

Selanjutnya, buat kategori untuk barang-barang dengan pergerakan cepat seperti payung dan alat masak serta barang dengan pergerakan lambat seperti ornamen hari raya.

Anda juga perlu mengenali karakter barang yang akan disimpan di gudang sesuai dengan cara simpan, perawatan, bahkan suhu simpan.

Barang yang mudah rusak di ruangan lembap seperti buku dan alat elektronik sebaiknya disimpan dalam kotak plastik kering dan ditambah silica gel.

5. Bagi Area Gudang sesuai Kategori Barang

Setelah Anda memilah barang yang akan masuk ke gudang, Anda dapat mulai membagi zona penyimpanan di gudang sesuai dengan kategori barang.

Anda juga perlu menyisihkan area untuk jalur sirkulasi agar mempermudah dalam merawat dan mengambil barang.

Jika perlu, buat rak atau lemari khusus untuk penyimpanan. Selain lebih rapi, Anda bisa lebih mudah dalam mencari barang.

Anda dapat membagi ruang yang ada sesuai dengan kepemilikan barang. Setiap anggota keluarga memiliki area penyimpanan pribadinya.

6. Tata Barang yang Masuk Gudang

Cara merawat gudang berikutnya yang tak kalah pentingnya yaitu menyusun dan menata barang yang masuk sesuai pembagian zona sebelumnya.

Barang dengan ukuran kecil dan ringan dapat dimasukkan ke dalam kotak terlebih dulu agar tidak tercecer.

Jangan lupa, letakkan barang sesuai volume dan ukurannya. Barang berukuran besar dan berat sebaiknya disimpan di bawah.

Anda juga dapat menambahkan label pada lemari atau kotak penyimpanan.

7. Jangan Malas, Bersihkan Gudang Secara Berkala

Nah, sekarang barang Anda sudah tersimpan rapi dan aman di gudang. Namun, cara merawat gudang perlu terus dilakukan secara berkala.

Bersihkan gudang setiap hari agar debu dan kotoran tidak menumpuk.

Setiap enam bulan sekali, Anda juga dianjurkan membersihkan total gudang Anda sambil memilah barang kembali.

***

Tidak terlalu sulit bukan cara merawat gudang yang dibahas di atas?

Kuncinya adalah mulai dengan konsisten membersihkan, memilah, dan meletakkan barang yang ada sesuai tempatnya masing-masing. Dan Anda dapat membeli asuransi properti untuk melindungi gudang Anda dari berbagai resiko yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *