Begini Cara Merawat Jok Kulit Mobil Biar Awet Tanpa ke Salon

cara merawat jok kulit mobil

Sering digunakan dan bagian yang paling cepat kotor atau rusak, jok mobil membutuhkan perhatian khusus. Anda harus mengetahui cara merawat jok kulit mobil yang benar sehingga bagian ini bisa lebih awet. 

Khususnya jika Anda kerap mengendarai mobil dengan bayi atau anak-anak. Makanan atau susu yang tumpah pada jok harus dibersihkan dengan tepat sehingga tidak berbekas. Selain itu jok yang terawat memiliki nilai tambah jika Anda ingin menjual mobil kembali nantinya. 

7 Cara Merawat Jok Kulit Mobil agar Awet dan Tetap Bersih 

Perawatan jok mobil akan berbeda-beda tergantung dengan jenis bahan yang digunakan. Bahan seperti nilon atau vinyl biasanya yang paling mudah untuk dirawat, namun jika Anda menggunakan jok kulit maka butuh perhatian yang lebih besar. 

Apabila ini adalah pertama kalinya Anda memiliki mobil dengan jok kulit, maka ikuti cara merawatnya yang benar berikut ini:

  • Membersihkan Rutin Minimal 2 Bulan Sekali 

Tampilan jok mobil mungkin saja tampak seperti baru setelah enam bulan Anda pakai. Namun ada banyak debu yang menumpuk tanpa Anda sadari dan debu inilah yang menjadi cikal bakal kerusakan pada jok. Oleh karena itu Anda perlu membersihkannya dengan rutin minimal dua bulan sekali. 

Cara membersihkan jok kulit mobil dengan rutin juga sangat mudah, Anda bisa menggunakan kain atau mesin vakum saja. Hanya butuh waktu sekitar 15 sampai 20 menit untuk membersihkannya sendiri di rumah dan tentunya jauh lebih hemat daripada Anda ke salon mobil. 

  • Bersihkan Segera Ketika Kotor 

Anda menemukan kotoran baik itu makanan atau saus yang menempel? Segera bersihkan dan jangan menundanya. Kulit memiliki pori yang sifatnya menyerap noda sehingga jika terlambat dibersihkan akan sulit hilang. 

Cara membersihkan jok kulit mobil yang kotor sangatlah mudah, Anda bisa menggunakan kain microfiber atau kanebo untuk mengelapnya. Jika terdapat kotoran yang membandel Anda bisa memanfaatkan cairan pembersih dan menggosok permukaan kotoran secara perlahan. 

  • Menggunakan Cairan Pembersih Khusus Kulit 

Cara merawat jok kulit mobil yang satu ini wajib Anda perhatikan karena berhubungan dengan tampilan jok dan keawetannya. Baik itu saat kotoran melekat di jok atau hendak membersihkan secara rutin, Anda perlu menggunakan cairan pembersih khusus kulit agar tidak merusaknya. 

Hindari menggunakan sabun biasa karena justru akan menimbulkan bekas pada jok sehingga menurunkan penampilannya. Anda bisa menyediakan cairan khusus ini di rumah sehingga bisa digunakan sewaktu-waktu diperlukan. Jika habis, Anda bisa memanfaatkan shampo bayi yang memiliki pH seimbang dan tergolong aman. 

  • Memoles Jok dengan Rutin 

Cara merawat jok kulit mobil agar tampilannya tetap mengkilap adalah dengan memanfaatkan bahan poles. Selain tampilan mengkilap, kulit juga akan terjaga kelenturannya. Bahan poles akan memberikan perlindungan lebih baik pada jok mobil. Anda bisa memoles jok mobil sekitar tiga sampai empat minggu sekali. 

Saat ini tersedia bahan poles khusus kulit yang biasanya juga dapat digunakan pada tas, sepatu hingga jaket kulit. Cara memolesnya juga mudah yaitu dengan menggunakan kain kering kemudian gosok bahan poles ke seluruh area jok dengan seksama. Pastikan jok memiliki permukaan yang kering untuk hasil akhirnya agar tidak berjamur.

  • Jangan Merokok di Dalam Mobil 

Kebiasaan merokok di dalam mobil juga bisa membuat jok menjadi kotor dan juga berbau. Rokok juga berbahaya jika dikonsumsi di dalam mobil karena bara apinya yang bisa membuat jok berlubang. Anda pun harus keluar uang lebih banyak untuk mengganti kulit jok secara keseluruhan bukan? 

Adanya asap rokok juga bisa membuat warna jok menjadi kekuningan, akan sangat terlihat sekali jika Anda menggunakan jok dengan warna gelap. Asap rokok juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap meresap ke dalam pori jok. 

Jadi jangan heran jika bau rokok yang apek akan tetap melekat di kabin meskipun Anda sudah memasang wewangian. Cara paling ampuh tentu saja untuk tidak merokok selama berkendara di dalam mobil.

  • Hindari Parkir di Bawah Terik Matahari 

Mempertimbangkan lokasi parkir yang teduh juga menjadi cara merawat jok kulit mobil paling tepat. Sinar matahari yang mengandung UV mampu merusak warna cat mobil sekaligus jok mobil. Sinar matahari yang kerap kali masuk melewati kaca depan mobil bisa merusak warna dari jok. 

Tidak heran jika Anda memiliki kebiasaan parkir di bawah sinar matahari langsung, warna jok dalam beberapa bulan akan berubah menjadi kusam. Sayangnya jika warna sudah berubah Anda tidak bisa lagi memperbaiki warnanya. Jadi pastikan parkir di tempat yang teduh. 

  • Siap Sedia Kain Lap di Mobil 

Anda tidak tahu kapan kotoran akan menempel pada mobil. Oleh karena itu selalu siapkan kain lap khusus kulit di mobil. Adanya kain ini akan mempercepat Anda membersihkan noda pada jok. Anda tidak perlu menunggu sampai di rumah atau ke salon. Jenis kain yang dipilih juga harus lembut dan kering. 

Saat membersihkan noda pastikan Anda menggosoknya dengan perlahan agar warna dan tekstur jok kulit tidak rusak. Simpan kain di tempat yang mudah diingat dan dijangkau. Jenis kain yang mudah Anda persiapkan seperti mikrofiber atau kanebo. 

Berbeda dengan jok kain kulit, cara merawat jok kulit sintetis jauh lebih mudah. Anda tidak harus menggunakan cairan khusus untuk membersihkan noda. Cukup dengan sabun yang dicampur air bahkan baking soda. Hanya saja Anda tetap harus rutin membersihkan jok agar warna hingga teksturnya tahan lama. 

Kini Anda sudah mengetahui bagaimana cara merawat jok kulit mobil yang benar. Mulailah untuk merawat dari sekarang sebelum terlambat karena mengganti jok mobil juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Layaknya perawatan jok, Anda juga perlu memperhatikan risiko kerusakan lain yang bisa dialami oleh mobil. Mulai dari kecelakaan, kerusakan karena lama pemakaian sampai pencurian adalah risiko yang perlu ditanggung. Demi menghadapi risiko-risiko ini memiliki asuransi mobil adalah sebuah keharusan. 

Anda bisa mencari tahu mana asuransi mobil yang tepat terlebih dahulu melalui Cekpremi. Masukkan data mobil Anda dan Cekpremi akan menyuguhkan informasi asuransi mobil yang tersedia secara lengkap. Anda tinggal memilih mana yang sesuai kebutuhan, yuk cari tahu di Cekpremi sekarang. 

 

Sumber: 

Auto2000

Nissan

Oto Asia

Suzuki