Shell V Power vs Pertamax Turbo, Mana Yang Lebih Unggul?

shell v power vs pertamax turbo

Shell dan Pertamina menjadi produsen BBM yang cukup bersaing di Indonesia. Terutama produk Shell V Power vs Pertamax Turbo yang kerap jadi perbincangan. Ada yang menyebutkan kedua BBM ini sama, namun ada juga yang beranggapan berbeda. Manakah yang benar? 

Anda sebagai pemilik kendaraan harus tahu mana yang terbaik dan bisa digunakan. Pasalnya kendaraan, khususnya mobil tidak boleh menggunakan bahan bakar sembarangan. BBM yang baik akan membantu menjaga kualitas mesin sehingga menjadi tahan lama, tidak mudah rusak. 

Perbedaan Shell V Power vs Pertamax Turbo

Pertamina yang merupakan perusahaan BUMN menghasilkan produk yang jauh lebih familiar di telinga masyarakat Indonesia. Contohnya Pertalite, Dexlite, Pertamax dan belum lama ini adalah Pertamax Turbo. 

Di sisi lain, Royal Dutch Shell adalah perusahaan asal Belanda baru mengoperasikan SPBU di Indonesia tahun 2005. Produknya pun juga beragam seperti Shell Super, Shell Diesel, Shell V Power Nitro+ dan Shell V Power. Setiap produknya memiliki keunggulan masing-masing, khususnya Shell V Power vs Pertamax Turbo. 

Seperti apa perbedaan kedua produk ini, bisa dilihat dari beberapa hal berikut:

  • Tahun dan Tujuan Peluncuran 

Pertamina terus berinovasi dalam produknya, salah satunya adalah Pertamax Turbo yang pertama kali diluncurkan secara resmi pada 29 Juli 2016. Peluncurannya bertepatan pada ajang balapan di Belgia yaitu Super Trofeo European Series. 

Tujuan Pertamina meluncurkan Pertamax Turbo adalah untuk menggantikan Pertamax Plus. Pertamina mendesain produknya untuk mesin berteknologi tinggi dengan formula Ignition Boost Formula (IBF) sehingga mobil lebih mudah bermanuver. 

Shell V-Power sendiri baru meluncur di Indonesia tepatnya tanggal 20 Juni 2023 di daerah Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat. Shell sendiri sebenarnya telah menghadirkan BBM ini sejak 20 tahun lalu, namun di tahun ini teknologi yang digunakan semakin berkembang. 

Benar saja, karena pada Shell V-Power telah menggunakan teknologi Internal Combustion Engine (ICE) yang modern. Berkat teknologi ini endapan yang biasanya menghambat performa mesin dapat dibersihkan. 

Sumber: https://elements.envato.com/fueling-up-the-car-at-the-gas-station-road-trip-CK5MCVQ

  • Besaran Bilangan Oktan 

Bilangan oktan adalah angka yang bisa memperlihatkan nilai suatu BBM dan disebut dengan Research Octane Number (RON). Biasanya saat Anda membeli mobil, dealer atau teknisi akan menyebutkan berapa RON BBM yang sebaiknya digunakan. 

Pertamax Turbo memiliki RON 98, di mana nilai ini bagus digunakan untuk kendaraan sekelas mobil balap. Pasalnya bahan bakar ini akan membuat mobil dengan rasio kompresi tinggi dapat bekerja secara efisien. Lalu Shell V-Power RON berapa? 

Inilah perbedaannya, Shell V-Power memiliki RON yang lebih rendah yaitu 95. Namun bukan berarti bilangan oktannya rendah. RON 95 dari Shell V-Power masih tergolong tinggi dan bagus karena bisa mengurangi endapan residu dalam proses pembakaran. 

Berkat kemampuannya tersebut, mesin tidak akan mudah rusak karena endapan. Proses pembakaran pun akan lebih sempurna membuat kinerja mesin menjadi efisien. 

  • Perbedaan Harga 

Perbedaan Shell V Power vs Pertamax Turbo yang sangat terlihat adalah dari segi harga. Mengingat RON dari keduanya berbeda maka harga Shell V Power vs Pertamax Turbo tidaklah sama. 

Melansir dari Shell.co.id, per 1 November 2023 ini, Shell V Power memiliki harga Rp15.270 per liter untuk wilayah Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Sedangkan untuk wilayah Sumatera Utara harganya Rp15.590 per liternya. 

Dilansir dari Mypertamina.id, harga Pertamax Turbo per 1 November 2023 adalah Rp15.500 untuk Aceh, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. Sedangkan untuk Kalimantan, Sumatera hingga NTT dan NTB adalah Rp15.800 per liternya. Harga terendah ada di Batam yaitu Rp14.600 dan harga tertinggi ada di Riau yaitu Rp16.100 per liternya. 

  • Ramah Lingkungan 

Shell V Power vs Pertamax Turbo, yang paling bisa dilihat dengan jelas adalah efeknya terhadap lingkungan. Keduanya sama-sama mengusung ramah lingkungan, hanya saja untuk Pertamax Turbo diklaim memiliki sulfur content di bawah 50 ppm. Artinya Pertamax Turbo menghasilkan gas buang namun dengan karbon yang rendah. 

Shell V-Power bisa dikatakan sama yaitu ramah lingkungan. Perbedaannya Shell V-Power memiliki tingkat formula DYNAFLEX yang bisa mengurangi gesekan mesin sehingga memperkecil energi yang terbuang akibat panas. Sedikitnya energi yang terbuang maka bisa menurunkan gas buang dengan karbon rendah pula. 

  • Ketersediaan 

Terakhir, perbedaan yang juga kentara adalah soal ketersediaan. Sampai saat ini Pertamax Turbo yang diusung oleh Pertamina masih unggul dan mudah didapatkan. Anda yang bepergian ke luar kota atau pulau akan mudah menemukan SPBU Pertamina dengan produknya Pertamax Turbo. 

Berbeda jika Anda mencari Shell V-Power. Mengingat SPBU Shell masih belum merata di Indonesia dan sebagian besar hanya berada di kota besar Anda mungkin akan merasa kesulitan membelinya. Sampai saat ini SPBU Shell baru bisa Anda dapatkan di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Utara saja. 

Apabila ditarik kesimpulan mana yang lebih baik tentu bisa dilihat dari segi oktan. Pertamax Turbo jauh lebih baik dengan RON 98, namun Anda harus memperhatikan kembali kendaraan yang digunakan. 

Jika Anda memiliki mobil dengan rasio kompresi tinggi seperti 11,3:1 sampai 12:1 maka tentu Pertamax Turbo jauh lebih baik. Berbeda jika Anda mengendarai kendaraan dengan rasio kompresi 11:1 hingga 12:1, maka Shell V-Power sudah lebih dari cukup. 

Sebenarnya jika dibandingkan, Shell V-Power setara dengan Pertamax Green yang sama-sama memiliki RON 95. Sedangkan Pertamax Turbo sama seperti Shell V Power Nitro+ yang juga memiliki RON 98. 

Memahami perbedaan Shell V Power vs Pertamax Turbo ini tentunya Anda tidak bingung lagi mana yang sebaiknya digunakan. Memilih BBM menjadi langkah utama untuk menjaga mobil Anda tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama. 

Satu lagi yang juga wajib Anda perhatikan adalah asuransi mobil, memilikinya akan membuat kendaraan semakin aman. Anda bisa mengecek terlebih dahulu asuransi yang paling tepat melalui Cekpremi

Cukup dengan memasukkan data mobil di Cekpremi, Anda akan mendapat informasi beragam asuransi mobil. Sisanya tinggal pilih mana asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Langsung saja cek di Cekpremi. 

 

Sumber: 

Dokter Mobil

Grid Oto

Disway

Oto Klix

Montiro

Otomotif

Shell

My Pertamina