Cara Merawat Karet Kaca Mobil agar Tetap Awet dalam Jangka Waktu Lama

Cara Merawat Karet Kaca Mobil

Karet kaca mobil memiliki masa pakai tertentu seperti juga komponen mobil lainnya. Oleh karena itu, karet kaca mobil juga harus rajin dirawat. Bagi Anda yang tidak tahu caranya, simak saja ulasan mengenai cara merawat karet kaca mobil berikut ini.

Seiring dengan semakin lamanya masa pakai mobil, banyak komponen-komponen di dalamnya pasti mengalami penurunan fungsi.

Hal ini juga bisa terjadi pada karet kaca mobil Anda.

Jika karet kaca mobil jarang dirawat dan dibersihkan, maka fungsinya pun akan cepat menurun. Misalnya, karet kaca mobil menjadi getas dan keras.

Jika hal ini terjadi, maka bisa mempengaruhi fungsi-fungsi lainnya mulai dari kaca pintu macet hingga bagian jendela mobil rembes.

Sebelum hal itu terjadi, yuk biasakan merawat karet kaca mobil Anda dengan benar.

Berikut ini beberapa cara merawat karet kaca mobil yang benar dan mudah dilakukan yang bisa Anda ikuti.

Cara Merawat Karet Kaca Mobil yang Benar

1. Bersihkan Karet Kaca secara Rutin

Agar karet kaca mobil berusia panjang, maka Anda harus rajin merawatnya.

Nah, cara merawat karet kaca mobil yang paling mudah dilakukan yaitu dengan selalu membersihkannya agar terbebas dari debu dan kotoran.

Caranya mudah saja, Anda bisa membersihkan debu dan kotoran pada karet kaca menggunakan kuas atau kain lap dan air bersih.

Hindari menggunakan cairan pembersih seperti sabun dan detergen yang justru akan mempercepat karet kaca rusak ya.

2. Pakai Kompresor atau Vacuum Cleaner

Jika Anda mengalami kesulitan membersihkan sela-sela karet yang tak terjangkau kuas dan lap, Anda bisa menggunakan kompresor atau vacuum cleaner.

Misalnya untuk membersihkan bagian karet kaca yang menjadi tempat naik turunnya kaca.

Gunakan semprotan angin dari kompresor terlebih dahulu untuk mendorong debu-debu yang menyangkut, kemudian sedot menggunakan vacuum cleaner.

Anda juga bisa menggunakan cara ini pada bagian-bagian lain yang tak terjangkau kuas dan kain lap.

3. Gunakan Cairan Silicone

Setelah debu-debu dan kotoran dibersihkan, Anda bisa beranjak ke cara merawat karet kaca mobil berikutnya yaitu mengaplikasikan cairan silicone.

Cairan silicone digunakan agar bagian-bagian karet kembali licin dan lembab sehingga karet kaca mobil pun tak getas dan mengeras.

Selain diaplikasikan pada karet kaca pintu, aplikasikan juga cairan silikon pada karet-karet kaca mobil bagian depan dan belakang.

Ingat, jangan pernah gunakan cairan lainnya semisal oli untuk kaca mobil karena tidak sesuai fungsinya.

4. Hindarkan Kontak Langsung dengan Karet

Cara merawat karet kaca mobil berikutnya yaitu dengan memperhatikan penggunaan kaca mobil yang benar dan menghindari kontak langsung dengan karet kaca mobil.

Perhatikan cara menutup pintu mobil yang benar, berhati-hati ketika keluar-masuk mobil, dan waspada ketika membawa barang keluar atau masuk mobil.

Seringkali, aktivitas-aktivitas yang tak terkontrol dapat merusak karet kaca mobil dan membuat umur penggunaannya berkurang cepat.

5. Parkir Mobil di Tempat yang Teduh

Cara terakhir untuk merawat karet kaca mobil yaitu memarkirkan kendaraan Anda di tempat yang aman dan tidak terpapar panas atau hujan secara langsung.

Alasannya jelas, memarkir mobil di tempat yang langsung tersorot cahaya matahari akan membuat karet cepat kering dan cepat rusak.

Dampaknya sangat banyak, mulai dari fungsi power window macet hingga air hujan bisa merembes dengan mudah dari celah-celah karet yang rusak.

***

Itulah beberapa cara merawat karet kaca mobil yang bisa Anda ikuti.

Demi keamanan mobil Anda, pastikan Anda melindunginya dengan asuransi mobil terbaik ya!