Cara Merawat Mobil Putih Agar Warnanya Tidak Cepat Kusam

CR-V putih

Cara merawat mobil putih berbeda dengan merawat mobil berwarna lain. Warna putih termasuk sangat rentan terhadap kotor, sehingga jika terkena sedikit noda atau debu yang menempel akan sangat terlihat baik dari jarak jauh ataupun dekat.

Asuransi Mobil

Selain rentan kotor, warna putih dapat mengalami perubahan warna yaitu menjadi menguning bahkan terlihat kusam. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara merawat mobil putih agar tetap terlihat mengkilap!

4 Cara Merawat Mobil Putih

  • Mencuci Mobil dengan Sabun dan Shampoo Khusus

Agar warna putih pada mobil tidak terlihat kotor, kamu harus mencuci mobil dengan air bersih agar debu dan kotoran hilang. Jika mencuci dengan air bersih saja tidak mampu mengangkat kotoran yang menempel, kamu harus menggunakan sabun dan shampoo khusus agar kotoran dapat terangkat.

Kamu dapat menggunakan sabun dan shampoo yang memiliki tingkat keseimbangan pH yang tepat agar meminimalisir warna putih menjadi kusam akibat shampoo. Perhatikan pula waktu mencuci, jika kamu mencuci di luar ruangan yang tidak terkena atap lakukan sebelum jam 8 pagi atau setelah jam 5 sore.

Hindari terkena sinar matahari secara langsung terlalu sering, oleh karena itu sebelum jam 8 dan sesudah jam 5 sore adalah waktu yang tepat. Agar sinar matahari tidak dalam kondisi terik.

  • Melakukan Pembilasan dengan Tepat

Proses membilas harus dilakukan dengan tepat agar tidak meninggalkan bercak sabun atau shampoo yang telah digunakan. Kamu dapat membilas dengan satu arah, yaitu dari atas ke bawah.

Hal ini bertujuan agar sabun, shampoo hingga kotoran dapat turun dengan cepat tanpa meninggalkan residu yang dapat menyebabkan bercak. Tidak hanya itu, sisa bercak juga dapat membuat mobil berwarna putih menjadi terlihat kusam.

  • Menggunakan Kain Lap dengan Daya Serap Baik

Penggunaan kain lap dengan daya serap yang baik dapat membantu mempercepat pengeringan mobil yang kamu miliki. Karena dengan kain lap berdaya serap tinggi, tidak akan meninggalkan sisa bercak air yang mengering.

Kain lap ini juga dapat mengeringkan bagian yang sulit terjangkau seperti pada celah-celah mobil. Sehingga mobil dapat bersih secara sempurna tanpa meninggalkan sisa air ataupun sabun dan shampoo.

  • Melakukan Pemolesan 6 Bulan Sekali

Kamu dapat mempertahankan warna mobil putih agar tetap bersih dan berkilau sehingga terhindar dari warna kusam dengan melakukan pemolesan. Pemolesan bertujuan untuk membuat mobil tetap berkilau seperti baru.

Tidak hanya itu, pemolesan juga dapat menghilangkan jamur yang menempel, dan dapat mencegah cat agar tidak mengelupas. Namun kamu tidak perlu melakukan pemolesan terlalu sering karena dapat mengakibatkan warna cat menjadi memudar.

Umumnya kamu dapat melakukan pemolesan 6 bulan sekali agar tetap menjaga lapisan cat tetap bagus. Sehingga warna cat putih pada mobil tetap berkilau, dan tidak akan kusam.

Cara merawat mobil putih membutuhkan perhatian lebih, karena jika terkena kotoran atau debu, bahkan goresan akibat tabrakan akan sangat terlihat. Selain menerapkan keempat cara tersebut, kamu juga harus menjaga mobil agar tidak terkena goresan.

Jika terjadi goresan atau bahkan hal yang lebih buruk, kamu harus melakukan penggantian baik pada bagian mesin ataupun body mobil akan lebih mudah jika menggunakan asuransi mobil. Kunjungi cekpremi agar kamu dapat memilih rekomendasi asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Pertanyaan Seputar Cara Merawat Mobil Putih

Meskipun membutuhkan perawatan ekstra, namun cara merawat mobil putih tidak sesulit yang kamu kira. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait cara merawat mobil putih, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apakah warna mobil putih bisa berubah menjadi kuning?” answer-0=”Warna putih pada mobil dapat menguning karena adanya proses oksidasi dan kotoran lama yang menempel menjadi bercak, dan dapat mengakibatkan warna berubah menjadi menguning. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa yang dimaksud dengan oksidasi cat?” answer-1=”Oksidasi cat terjadi karena cat secara terus menerus terkena sinar matahari maupun hujan pada waktu yang lama. Sehingga cat akan terlihat kusam karena kehilangan minyak cat. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]