Cara Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Sepeda Motor
Image Source

Banyak yang harus menjadi perhatian lebih pada saat musim hujan, tak hanya kesehatan kendaraan juga butuh perhatian khusus pada saat musim hujan. Khususnya motor, pasti akan membutuhkan tenaga lebih pada saat menembus derasnya hujan.

 

Nah apa saja yang harus anda lakukan untuk merawat motor di musim hujan? Berikut adalah tipsnya:

 

Cuci Motor

Sepeda Motor
Image Source autoevolution.com

Tahukah anda jika air hujan mengandung asam? Dan jika dibiarkan, lama kelamaan kandungan asam dalam air hujan bisa membuat warna cat motor anda menjadi pudar. Hal ini yang menjadikan mencuci motor pada musim hujan hukumnya adalah wajib. Jika anda tidak sempat, minimal bisa dengan menyiramkan air ke bodi-bodi motor tanpa menggunakan shampoo motor.

 

Bersihkan Sistem Pengereman

Sepeda Motor
Image Source cccc.edu

Sering kali pengendara motor peduli terhadap kebersihan bodi motornya, tapi luput jika ditanya mengenai kebersihan sistem pengereman. Rem adalah salah satu bagian dari sepeda motor yang menopang keselamatan pada saat berkendara. Maka itu saatnya anda untuk lebih sering cek kondisi rem, dan membersihkannya dengan air. Caranya mudah, cukup semprotkan air bertekanan sedang ke bagian kanvas rem, lakukan sambil memutar roda. Tapi jangan lupa keringkan kanvas dengan mengendarai motor sejauh 200 meter dan gunakan rem depan dan belakang secara proporsional.

 

Lumasi Piranti Bergerak

Sepeda Motor
Image Source aripitstop.com

Piranti bergerak seperti rantai, kabel gas, dan kabel kopling bisa saja mudah rusak dan berkarat akibat tetesan air hujan. Jadi rutinitas anda untuk sepeda motor bertambah untuk selalu melumasi bagian-bagian tersebut, minimal dua atau tiga kali dalam seminggu.

 

Bersihkan Busi

Sepeda Motor
Image Source arantan.wordpress.com

Jika motor anda sering mogok pada saat musim hujan, itu menandakan anda harus lebih rajin lagi membersihkan bagian busi. Perangkat pada sepeda motor yang satu ini memang bisa dikatakan sangat sensitif, jika sedikit saja air masuk ke rumah busi bisa dipastikan mesin motor anda akan mati mendadak. Untuk mencegah hal itu terjadi pastikan karet busi dalam keadaan baik dan tidak getas.

 

Selain menjaga kondisi sepeda motor, anda juga perlu mewaspadai kecelakaan yang bisa saja terjadi pada saat musim hujan. Jalanan yang licin karena basah jadi salah satu faktor teratas kecelakaan sepeda motor pada saat musim hujan. Jika kondisi tersebut terjadi akan menjadi kerugian sendiri untuk anda, maka itu mulai sekarang gunakan asuransi motor, dan anda sudah tidak perlu khawatir lagi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

Sepeda Motor
Pilih asuransi motor terbaik dengan premi asuransi termurah (klik Gambar)

One Comment

  • Mas saya punya mx 2011 mau di ganti blok cylinder’y pke punya vixion, pantat body cylinder yg masuk ke crangcase nya di bubut berala mili mas, terus kalo karbu nya masih standar ada pengaruh ga mas, begitu kalo racing ,!

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

January 28, 2015

Posted In: Automotive, Tips & Tricks

Tags: , , , , ,

One Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami