Cara Parkir Mobil Bagi Pemula dengan Mudah dan Aman

parkir mobil bagi pemula

Kemampuan mengendarai mobil yang baik bisa dilakukan oleh setiap orang, namun kemampuan melakukan penempatan parkir mobil yang baik dan benar tidak semua orang bisa melakukannya. Terlebih lagi bagi para pengendara mobil pemula pasti akan mengalami banyak kesulitan saat memarkirkan mobilnya. Tak jarang para pengendara mobil yang sudah lama juga kerap kali mengalami kesulitan dalam memarkirkan mobil. Artikel ini akan membahas cara parkir mobil bagi pemula.

Parkir mobil selain membutuhkan keahlian juga membutuhkan insting yang kuat saat menempatkan mobil. Memarkirkan mobil membuat pengendara mobil harus mengerahkan seluruh kemampuan indranya dalam melakukan parkir mobil. Cara parkir mobil perlu dilatih sesering mungkin baik bagi pemula pengendara mobil maupun yang sudah handal mengendarai mobil.

Guna menghindari hal – hal yang diinginkan terjadi saat memarkirkan mobil, bagi para pemula harus memiliki bekal pengetahuan yang cukup mulai dari cara parkir yang benar, mengetahui jenis – jenis posisi parkir mobil, mengenal lokasi parkir baik indoor maupun outdoor serta hal – hal yang harus dihindari saat parkir. Berbekal dari pengetahuan cara parkir mobil bagi para pemula, akan sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan keterampilan dalam memarkirkan mobil.

Empat Cara Mudah Memarkirkan Mobil 

  • Bersikap tenang

Sikap tenang merupakan salah satu kunci bagi pemula dalam melakukan kegiatan memarkirkan mobil. Ketenangan akan menghadirkan psikologi diri yang baik sehingga menimbulkan sikap yakin dan percaya diri saat memarkirkan mobil khususnya bagi pemula. Selain itu, dengan bersikap tenang kamu bisa menghindari hal-hal ceroboh seperti keliru menginjak pedal gas dan rem saat akan memarkir mobil.

  • Memperkirakan Jarak Area Parkir

Jarak merupakan hal yang sangat penting jika kamu hendak memarkirkan mobil. Karena dengan jarak yang cukup akan membuat aman mobil yang kamu parkir serta akses untuk keluar dan masuk ke mobil akan mudah. Jarak parkir ini perlu diperhatikan di area parkir indoor maupun outdoor. Bagi pemula hendaknya saat akan memarkirkan mobil di lokasi indoor untuk mencari tempat yang masih banyak terdapat ruang agar tidak terjadi hal yang diinginkan. 

Sedangkan untuk di lokasi parkir outdoor, bagi pemula hendaknya juga memilih lokasi yang masih kosong agar gerakan penempatan mobil untuk parkir lebih leluasa. Cara parkir mobil bagi pemula akan lebih nyaman dilakukan di lokasi parkir outdoor, karena lokasi yang lebih luas, kemudian adanya bantuan dari petugas parkir sehingga tidak hanya mengandalkan teknologi pada mobil saja, misalnya pada kaca spion atau sensor parkir. Selain itu lokasi parkir outdoor akan lebih memudahkan para pemula karena memiliki pencahayaan yang cukup baik sehingga membantu pengamatan pengendara saat parkir mobil.

Perlu diingat bagi pemula untuk perhatikan jarak yang aman di setiap sisi kanan, kiri, depan dan belakang mobil, agar tidak terlalu menghimpit mobil lain atau terlalu menempel dengan pembatas parkir.

  • Mengetahui Macam – Macam Posisi Mobil dalam Parkiran

Pada umumnya posisi mobil dalam parkiran di lokasi parkir indoor, outdoor, dataran tinggi ataupun dataran rendah ada posisi lurus (perpendicular parking), posisi miring (angle parking) dan posisi paralel (parallel parking). Dari ketiga posisi mobil saat parkir, bisa dikatakan yang cukup sulit dan rumit adalah posisi paralel (parallel parking). Adapun beberapa cara khusus untuk melakukan posisi paralel parkir:

  1. Perhatikan ruang / area parkir.
  2. Perhatikan sudut bagian belakang mobil yang sudah terparkir.
  3. Masukkan gigi mundur ( R) lalu putar mobil ke arah sisi tempat parkir.
  4. Mundur perlahan lalu putar sesuai  arah yang diinginkan, usahakan kondisi mobil  sejajar dengan mobil yang di depan dan dibelakang.
  5. Gunakan lampu darurat (lampu hazard) untuk memberi tanda ketika berhenti di tempat   kosong saat hendak parkir.
  6. Posisikan kendaraan membentuk sudut  45 derajat.
  • Mengamati Keadaan Sekitar Area Parkir

Ketika melakukan kegiatan parkir wajib sekali bagi pengendara mobil baik pemula maupun yang sudah handal untuk memperhatikan keadaan sekitar parkir. Hal ini berguna untuk memperkirakan kemampuan diri dalam memarkirkan mobil, menghindari terjadinya kecelakaan seperti menabrak mobil lain yang sudah terparkir, menghindari terjadinya kerusakan pada mobil akibat benturan serta menghindari mobil melukai makhluk hidup seperti kucing yang kerap kali tanpa disadari berada di area parkir.

Itulah empat cara mudah memarkirkan mobil bagi pemula. Adapun hal lain yang perlu dihindari saat hendak memarkirkan mobil. Bagi para pemula harus mengetahui ini.

Hal – hal yang perlu dihindari saat parkir:

  1. Hindari Memarkir Mobil di Lokasi yang  Terpapar Sinar Matahari

Jika kamu memarkirkan mobil pada lokasi yang terpapar langsung sinar matahari, akan menyebabkan kerusakan pada cat mobil kamu. Maka dari itu usahakan mencari lokasi parkir mobil yang memiliki atap.

  1. Hindari Memarkir Mobil di Tempat yang Berpotensi Terkena Tetesan Air Hujan

Tetesan air hujan yang deras dan terus menerus akan berpotensi masuk ke dalam mesin mobil sehingga menyebabkan kerusakan pada mesin. Maka usahakan untuk mencari lokasi parkir mobil yang memiliki atap.

  1. Hindari MemarkirMobil di Bawah Pohon

Selain atap , pohon juga berfungsi cukup baik dalam melindungi mobil saat berada di parkiran. Namun perlu diperhatikan juga keadaan pohon yang ada di lokasi parkir, dikarenakan jika kondisi pohon yang sudah tua, tanpa bisa diprediksi akan menimpa mobil dan membuat rusak mobil saat pohon tumbang.

  1. Hindari Memarkir Mobil di Tempat yang Terjangkau Tikus

Tikus merupakan hewan pengerat yang mampu membuat kerusakan pada ban mobil. Oleh karena itu, hendaknya saat memarkirkan mobil harus cermat dalam memilih tempat yang aman dari populasi tikus.

Berdasarkan pengalamanmu  sebagai pengendara mobil, sudahkah kamu mengasuransikan kendaraan mobil mu? Mengapa perlu mengasuransikan mobil? 

Ya, jawabannya sangatlah sederhana.  Karena kecelakaan yang terjadi pada mobil tidak akan bisa diprediksi. Oleh karena itu mengasuransikan kendaraan mobil kamu itu bisa dikatakan penting. Solusi tepat dan cermat bisa kamu lakukan dengan bergabung bersama asuransi terpercaya dari cekpremi. 

Cekpremi menyediakan beragam pilihan asuransi kendaraan mobil sesuai kemampuan dan sesuai kebutuhan kamu. Info selengkapnya kunjungi saja cekpremi. Ada pilihan asuransi mobil  berupaasuransi komprehensif dan TLO(total loss only). Bersama cekpremi kamu akan dengan mudah dalam bertransaksi dan menikmati layanan asuransi dengan cepat saat kamu butuhkan.