Sederhana dan Mudah, Begini Cara Pasang Karpet Dasar Mobil

Jul - 20
2021
cara pasang karpet dasar-mobil

Sederhana dan Mudah, Begini Cara Pasang Karpet Dasar Mobil

Karpet merupakan komponen sederhana yang sering dianggap sepele oleh para pemilik mobil. Apakah mobil harus diberi karpet dasar atau tidak, bagaimana cara memasangnya, apa sebenarnya fungsi karpet ini, dan bagaimana cara merawatnya agar tidak baru. Berikut ini kita akan membahasnya. Karpet dasar pada mobil berfungsi sebagai alas kaki saat berkendara. Meskipun sederhana, karpet bisa membuat pengalaman berkendara Anda menjadi lebih nyaman jika dipasang dan dirawat dengan benar. Sehingga mengetahui cara pasang karpet dasar mobil yang benar harus Anda kuasai. Pasalnya, jika tidak dipasang dengan benar, karpet mobil justru bisa mengganggu kenyamanan dan membahayakan keselamatan.

Karpet dasar mobil yang dipasang dengan tidak benar, bisa menimbulkan kecelakaan karena pedal gas atau rem tersangkut pada karpet. Sebenarnya pemasangan karpet dasar mobil sangat sederhana dan mudah. Namun, membutuhkan ketelitian untuk memastikan semuanya tepat dan rapi.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Cara Pasang Karpet Dasar Mobil yang Bisa Anda Lakukan

karpet mobil terbaik

Pilih Jenis Karpet Dasar Mobil yang Sesuai dengan Selera Anda

Anda bisa memilih berdasarkan bahan atau kemudahan dalam pemasangannya. Bahan karpet dapat disesuaikan dengan budget dan selera masing-masing. Pastikan memilih jenis karpet yang tidak menyulitkan Anda ketika berkendara, ya!

Pasang Karpet dengan Aturan Depan ke Belakang

Cara memasang karpet dasar mobil yang benar adalah dengan dimulai dari bagian atas atau depan karpet lalu ke belakangnya. Saat menaruh karpet, pastikan tidak ada bagian karpet yang melipat atau menyangga ke pedal apapun.

Masukkan Kait Penahan (Klip)

Ini yang paling penting. Anda harus memasukkan kait penahan atau klip ke lubang pengait karpet. Caranya dengan memasukkan lubangnya dan putar pengait untuk mengunci. Pengait ini berfungsi agar karpet tidak bergeser saat mobil dikemudikan. Pengait ini sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, gerakan kaki pengemudi saat menginjak pedal gas, rem atau kopling bisa membuat karpet terlipat dan mengganjal pedal mobil.

Pastikan Karpet Terkunci

Setelah karpet terpasang dengan benar, Anda perlu mengeceknya kembali untuk memastikan karpet sudah terkunci secara aman yang artinya karpet tidak goyang dan tidak ada bagian yang terlipat.

Setelah mengetahui cara pasang karpet dasar mobil dengan benar, Anda juga perlu mengetahui cara merawatnya agar tetap memberikan kenyamanan saat berkendara. Merawat karpet dasar mobil memang cukup rumit karena bagian ini mudah sekali kotor dan timbul noda karena terinjak alas kaki. Apalagi jika mobilitas Anda sering ke wilayah yang kotor, alas kaki Anda akan menyisakan noda membandel pada karpet.

Membersihkan karpet dasar juga tidak bisa hanya dengan melepas dan membersihkannya selayaknya karpet biasa. Untuk membersihkannya Anda membutuhkan produk interior cleaner atau pembersih interior. Produk ini biasanya berbentuk cair dalam botol spray ataupun berbentuk foam.

Cara membersihkan karpet dasar mobil dengan produk ini cukup mudah. Hal pertama yang perlu Anda lakukan hanya menyemprotkan produk interior cleaner tersebut ke area karpet dasar mobil yang kotor atau yang ingin dibersihkan. Selanjutnya Anda sikat menggunakan sikat yang lembut agar tidak merusak karpet.

Anda perlu memperhatikan cara menyikat karpetnya. Sebaiknya dilakukan dengan perlahan dan menggunakan sikat yang tidak merusak. Hal ini karena karpet dasar mobil memiliki bulu-bulu yang cepat berudul jika disikat terlalu keras.

Setelah disikat, karpet dasar selanjutnya dilap menggunakan lap chamois atau kanebo. Selanjutnya tinggal ditekan-tekan menggunakan kain microfiber hingga kering. Kain microfiber yang terbuat dari bahan polyester dan polyamide ini memiliki serat yang sangat halus. Jika Anda menggunakan kain microfiber yang berkualitas, kain ini bisa menyerap air hingga 6 kali lipat dari bobot kain itu sendiri.

Selanjutnya, agar interior mobil semakin nyaman untuk dikendarai, pastikan karpet benar-benar kering. Anda bisa menjemur mobil dengan membuka sedikit kaca jendela agar karpet dasar dapat benar-benar kering. Hal ini agar mobil tidak menjadi bau. Anda juga bisa menambahkan aromaterapi untuk menjaga aroma mobil Anda.

Demikian penjelasan tentang cara pasang karpet dasar mobil dan cara merawatnya. Selamat mencoba…! Dan pastikan kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima. Untuk mencegah kewaspadaan berlebih pada risiko kerusakan, Anda bisa menambahkan asuransi kendaraan dalam biaya bulanan Anda. Dapatkan informasi menariknya hanya di Cekpremi.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *