Kenali Penyebab dan Cara Memperbaiki Lampu Sein Mobil Mati Total

Jul - 19
2021
cara memperbaiki lampu sein mobil mati total

Kenali Penyebab dan Cara Memperbaiki Lampu Sein Mobil Mati Total

Lampu sein merupakan komponen kecil dengan fungsi yang sangat penting. Jika lampu sein tidak berkerja dengan maksimal, maka dapat mengakibatkan hal-hal buruk yang tidak diinginkan saat bepergian menggunakan mobil kesayangan. Lampu sein ini sangat berguna sebagai alat berkomunikasi dengan para pengendara lainnya. Apabila tiba-tiba mati, Anda harus mengetahui cara memperbaiki lampu sein mobil mati total.

Kerusakan pada lampu sein bisa bermacam-macam, dari kerusakan ringan hingga berat. Jika lampu sein tidak berkedip, maka tidak perlu perbaikan yang terlalu menguras tenaga dan budget. Namun bagaimana jika lampu sein mati total? Anda bisa mengganti lampu sein langsung ke bengkel atau dengan memperbaikinya sendiri.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Lampu Sein Mobil Mati Total

lempu sein mati

1. Lampu sein mati karena kabel sekring terputus

Pernahkah Anda mengalami kejadian ketika hendak berbelok arah tapi malah diklakson oleh kendaraan lainnya? Tak tanggung-tanggung, klakson bisa bersahut-sahutan apabilan jalanan sedang ramai. Anda pasti bingung apa yang menjadi kesalahan Anda dan pasti merasa kesal. Apalagi jika Anda menemukan lampu sein mobil Anda ternyata tidak berfungsi atau tidak menyala padahal tuas sein sudah dinyalakan.

Anda tidak perlu panik. Bisa jadi, lampu sein tidak menyala karena kabel sekring terputus. Anda perlu memeriksa sekring yang terhubung langsung pada lampung sein.

Pertama-tama, cari dimana sekring lampu berada dengan memerikan petunjuk dari pabrikannya.  Apabila sudah ditemukan, maka periksa apakah kabelnya terputus atau tidak. Jika terputus, maka Anda harus segera menggantinya dnegan sekring baru sesuai dengan kebutuhan sebagai cara memperbaiki lampu sein mobil mati total.

2. Lampu sein mobil mati karena bohlam rusak

Penyebab kedua lampu sein mobil mati total adalah karena bohlam lampu rusak. Kerusakan pada bohlam dapat diketahui dengan mengamati kondisi nyala lampu. Lampu sein pada kendaraan yang berkedip terus dengan tempo yang cepat bisa menandakan adanya kerusakan pada lampu sein.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengecek seluruh bohlam lampu dan memastikan bohlam mana yang bermasalah. Jika Anda mendapati bohlam yang putus, maka Anda perlu menggantinya untuk membuat lampu sein menyala kembali.

Dalam mengganti bohlam lampu sein, Anda juga harus menyesuaikan dengan tipe mobil Anda. Pemilihan bohlam lampu reting yang tepat bisa membuat lampu beroperasi secara maksimal sesuai dengan kebutuhan pengendara.

3. Kerusakan pada flasher

Nah, jika Anda sudah melakukan langkah nomor 1 dan ternyata tidak ada kabel sekring yang putus, namun kondisi lampung masih belum menyala, maka kemungkinan terbesar kerusakan terjadi pada flasher.

Cara memperbaiki lampu sein mobil mati total akibat flasher dapat dilakukan dengan membeli flasher yang baru dan pasangkan pada dudukannya. Flasher ini harus diganti dengan yang baru karena saklar otomatis bisa meninggalkan bekas bakar. Kerusakan pada flasher juga yang membuat lampu sein tidak berkedip meskipun tuas sudah menyala.

4. Memeriksa kondisi aki 

Dalam beberapa kasus, kemungkinan Anda mendapati lampu sein berhasil menyala namun lampunya tidak dapat berkedip seperti sedia kala? Tidak perlu panik, karena Anda bisa memeriksa sambungan kabel sekaligus melihat kondisi aki kendaran terlebih dahulu. Apabila tegangan arus belum mencukupi atau berkurang, tentu saja lampu sein tidak dapat berkedip.

5. Kabel terputus

Apabila keempat poin sebelumnya bukanlah penyebab utama lampu sein mati, kemungkinan besar terdapat kabel yang terputus. Membawa kendaraan ke bengkel terdekat agar ditangani sang ahli, merupakan cara memperbaiki lampu sein mobil mati total akibat kabel terputus

Nah, itu tadi cara memperbaiki lampu sein mobil mati total beserta penyebabnya. Lampu sein memiliki fungsi yang sangat penting dalam berkendara sehingga tidak boleh dibiarkan mati terlalu lama. Lampu sein yang bekerja baik akan membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan aman.

Amankan pula anggaran service kendaraan Anda dengan menambahkan fitur asuransi kendaraan untuk menghindari kerugian yang tak diinginkan di masa depan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *