Cara Sederhana Mengatur Keuangan Agar Gaji Tidak Cepat Habis

uang

Setiap orang pasti pernah mengalami krisis keuangan. Orang yang hidupnya kini sudah bisa di bilang mapanpun pernah mengalami masa-masa sulitnya. Tapi, mungkin mereka bisa mengatasi masalah yang mereka alami. Apalagi pada era modern seperti saat ini semua kebutuhan pokok meningkat, tak bisa kita hindarkan kebutuhan-kebutuhan utama kita untuk tetap menjalani hidup seperti, beras, lauk-pauk, dan masih banyak lainnya kebutuhan yang harus di penuhi.

Belum lagi kebutuhan pendukung untuk menunjang hidup kita yang tak terbantahkan juga semua itu harus dipenuhi. Handphone, bensin, dan membayar ongkos angkutan umum saat berpergian dari tempat satu ketempat lainnya. Bagi yang sudah berkeluarga urusannya beda lagi, mereka harus menghidupi anak-anak mereka, biaya sekolah anak mereka, dan juga memberi uang kepada anak mereka untuk sekedar jajan.

Mungkin yang masih melajang tidak terlalu memusingkan hal di atas. Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi masalah masalah keungan anda. Misalnya, hiduplah lebih berhemat itu pasti akan sangat membantu hidup anda jangan terlalu gengsi untuk hidup sederhana.

Saya akan memberikan beberapa tips sederhana mengatur keuangan anda agar tidak mudah habis :

1. Lacak, anda perlu memperhitungkan kembali uang anda. Saat itu anda bisa tahu kemana uang anda keluar dalam perbulan sehingga anda dapat mempersempit ruang agar tidak ada pemborosan di awal bulan

2. Kenali uang anda, mengapa perlu mengenali uang anda? Dasarnya sama dengan pengertian di atas. Anda anda perlu tau barang barang apa saja yang menurut anda perlu untuk dibeli atau tidak perlu di beli. Jangan sampai pemborosan karena anda sama sekali tidak mengetahui apa yang terjadi, karena hidup anda tidak hanya sekedar membeli barang yang tidak perlu. Di sini anda akan perlu sedikit lebih dewasa.

3. Setelah berhasil untuk melacak lalu mengenali alokasi uang Anda, maka saatnya Anda untuk membuat perencanaan. Di awal bulan setelah anda mendapat gajian, cobalah anda untuk membuat perencanaan anggaran yang sederhana.

4. Berbekal catatan hasil penyelidikan alokasi dari uang Anda, Anda akan dengan mudah untuk membuat perencanaan ini. Buatlah mengalokasikan tujuan belanja anda berdasarkan pembagian pos pengeluaran masing-masing.

5. Bila ingin melangkah lebih jauh, kalian juga bisa membuat perencanaan anggaran tersebut dalam beberapa bagian. Yaitu perencanaan jangka pendek, menengah, dan juga jangka panjang. Perencanaan jangka pendek adalah pengeluaran yang akan dikeluarkan per bulan.

6. Selanjutnya adalah pengeluaran jangka menengah adalah pengeluaran untuk membeli barang yang Anda cicil kurang dari 1 tahun, misalnya ketika kalian membeli ponsel menggunakan promosi cicilan kartu kredit.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

March 22, 2016

Posted In: Hot News, Tips & Tricks

Tags:

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami