Cara Transfer Uang Lewat Alfamart 2021 dengan Mudah

cara transfer uang lewat alfamart

Tidak memiliki rekening di bank bukan berarti menghambat Anda untuk transfer uang. Terlebih, jika uang tersebut untuk keperluan yang sifatnya darurat. Nah, kalau Anda bukan nasabah bank manapun dan ingin transfer uang ke teman atau saudara, Anda bisa coba layanan transfer uang yang disediakan Alfamart. Berikut adalah cara transfer uang lewat Alfamart yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat.

Cara Transfer Uang Lewat Alfamart Terbaru 2021

Transfer uang lewat Alfamart caranya mudah banget! Dengan layanan ini Anda bisa melakukan transfer uang dengan mudah tanpa kartu ATM dan buku tabungan.

Layanan transfer uang ini tersedia di seluruh gerai AlfaMart di seluruh Indonesia. Lalu apa saja syaratnya? Kalau Anda ingin transfer uang lewat Alfamart, Anda wajib membawa:

  • Kartu identitas pribadi. Kartu ini bisa dalam bentuk KTP, SIM, atau paspor
  • Nomor telepon aktif yang Anda gunakan untuk kegiatan komunikasi setiap hari
  • Uang tunai dengan nominal sesuai dengan yang ingin Anda transfer
  • Biaya pengiriman dan administrasi sebesar Rp 15.000 hingga Rp 25.000
  • Nomor handphone penerima uang (Opsional)

Jadi, kalau misalnya Anda mau transfer Rp250.000, jumlah uang yang harus disetor adalah Rp265.000 (Rp15 ribu adalah biaya transfer antar-bank).

Cara transfer uang melalui Alfamart bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, lho. Gimana caranya? Simak panduannya berikut ini.

Langkah 1 – Siapkan Dokumen Penting yang Dibutuhkan

– Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebelum Anda pergi ke gerai Alfamart terdekat untuk melakukan transfer, jangan lupa bawa dokumen penting sebagai identitas diri.

Dokumen identitas diri tersebut bisa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk warga negara Indonesia (WNI).

Untuk warga negara asing (WNA) yang sedang berada atau tinggal sementara di Indonesia wajib membawa paspor.

Langkah 2 – Pergi ke Kasir dan Beri tahu Anda Ingin Transfer

– Setelah Anda sampai di Alfamart, Anda langsung ke kasir dan katakan bahwa Anda ingin melakukan transfer uang.

Langkah 3 – Beri tahukan Nomor HP Anda dan Penerima Transfer Anda

– Kemudian, Anda beri tahukan ke kasir, nomor HP yang Anda miliki yang statusnya masih aktif dan nomor HP yang menerima transferan uang Anda. Serahkan semua data yang diminta kepada kasir tersebut. Jangan lupa untuk memberikan biaya administrasi tambahan

Ini harus Anda berikan agar jika ada gangguan dalam proses transfer Anda bisa dihubungi dan diberitahu. Apabila proses transfer selesai Anda juga akan dihubungi via SMS.

Langkah 4 – Setor Uang yang Ingin Ditransfer

Terakhir, Anda berikan uang tunai yang ingin Anda transfer ditambah dengan biaya transfernya sebanyak Rp15.000 kepada kasir.

Langkah 5 – Mendapatkan Notifikasi SMS

Apabila proses transfer berhasil maka Anda akan mendapatkan notifikasi berupa SMS dari DOMPETKU. Selain SMS, Anda juga akan mendapatkan struk yang berisi kode bukti transaksi.

Kode tersebut adalah kode penerimaan uang atau MTCN. Kode ini akan digunakan pihak penerima transfer untuk mencairkan uang transferan dari Anda di Alfamart terdekat.

Kode MTCN terdiri dari 10 digit nomor dan sifatnya rahasia. Jadi, hanya boleh diketahui oleh Anda sebagai pengirim dan penerima transferan uang Anda.

Kode tersebut berlaku selama 30 hari, sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila si penerima tidak langsung mengambil atau mencairkan uangnya.

Cara Pengambilan Transfer Uang Lewat Alfamart

Jika Anda adalah pihak penerima transfer uang dan ingin mengambil uangnya, Anda cuma perlu pergi ke gerai Alfamart terdekat dengan membawa:

  • Identitas Diri (KTP atau SIM bagi WNI dan Paspor Bagi WNA) dan;
  • Menunjukkan nomor kode penerimaan atau MTCN ke kasir.

Saat Anda di kasir, Anda akan ditanya nama pengirim dan jumlah nominal transfernya dan Anda akan diberikan uang tunai transferan tersebut.

Langkah 1 – Kunjungi gerai Alfamart terdekat

– Simpan kode pengiriman uang dari pihak pengirim. Selanjutnya, kunjungi gerai Alfamart terdekat di daerah Anda.

Langkah 2 – Pergilah ke kasir

– Sampai di gerai, segeralah menuju kasir dan sampaikan keinginan Anda untuk mengambil kiriman uang dari pihak pengirim. Sebutkan nama pihak pengirim untuk mempermudah kasir dalam melakukan pengecekan

Langkah 3 – Berikan kode referensi pengiriman uang

– Tunjukkan kode pengiriman dari DOMPETKU yang Anda terima tadi

Langkah 4 – Ambil uang

– Tunggu hingga kasir selesai melakukan proses validasi. Apabila data yang muncul sesuai, maka kasir akan langsung mencairkan uang tersebut dan memberikannya pada Anda. Dengan demikian proses pengambilan uang selesai. Anda tidak perlu khawatir harus membayar biaya administrasi karena pengambilan uang lewat Alfamart tidak dipungut biaya.

Cara Membatalkan Transfer Uang Lewat Alfamart

Lalu bagaimana kalau Anda ingin membatalkan transfer uang yang sudah Anda lakukan? Misalnya karena salah nama penerima, nomor HP atau alasan lainnya.

Anda bisa, kok, mengajukan pembatalan dengan syarat si penerima si penerima belum mengambil uang yang Anda transfer.

Caranya, Anda datang lagi ke gerai Alfamart tempat di mana Anda sebelumnya mengajukan transfer uang. Lalu, tunjukkan struk pengiriman yang berisi kode pembatalan kepada kasir.

Jangan lupa tetap membawa identitas diri, ya!

Itulah dia cara transfer uang lewat Alfamart. Selain transfer uang, Alfamart juga menyediakan layanan tarik tunai bagi Anda nasabah bank-bank tertentu.

About Andini

Having experience 2 years as SEO Specialist and content writer. Contact me: andini.anissa@fuse.co.id

View all posts by Andini →