Cek kondisi Wiper Pada Saat Musim Hujan

Wiper
Image Source clunkbucket.com

Januari adalah puncak musim hujan di Indonesia, pada bulan ini biasanya intensitas hujan yang turun bisa sangat tinggi, hingga menyebabkan banjir dimana-mana. Bahkan hujan bisa di bulan ini hujan bisa turun tanpa jeda seharian.

 

Ada baiknya anda para pemilik mobil mulai memperhatikan bagian-bagian mobil selama musim hujan, salah satu perangkat yang terpenting adalah wiper. Wiper berfungsi untuk menyapu air dan kotoran yang ada di kaca depan mobil, agar tak menghalangi pandangan anda selama mengemudi. Jadi wiper adalah salah satu pereangkat yang krusial pada mobil disaat musim hujan.

 

Hal yang harus jadi perhatian pada wiper adalah kondisi karetnya, apakah sudah getas (mengeras) atau belum. Bila tetap digunakan dalam kondisi yang sudah mengeras kotoran bisa saja menempel di karet wiper saat wiper bekerja. Hasilnya adalah membuat baret halus pada kaca depan mobil anda, dan bila terus menerus dibiarkan maka goresan akan sangat mengganggu pandangan anda. Terutama dalam keadaan gelap atau malam hari, pandangan anda akan semakin kabur jika berhadapan dengan sinar lampu mobil dari arah berlawanan.

 

Dilansir dari otomotif.kompas.com, Jacob Malik selaku Service Head Auto 2000 Saharjo menyarankan, jika karet wiper sudah menunjukkan tanda-tanda mengeras wajib langsung dibersihkan. Untuk membersihkannya kita dapat menggunakan lap atau tisu. Namun bila kondisinya sudah terlalu mengeras maka karet wiper wajib untuk diganti. Jangan lupa juga untuk menggunakan larutan pembersih kaca pada wiper, gunakan sewajarnya, ikuti aturan yang tertera dalam produk.

 

Jangan mencampurkan larutan pembersih hingga sangat pekat. Jadi takaran larutan pembersih wiper harus tepat dan sesuai, kalau terlalu pekat maka kaca depan mobil akan lengket. Dampak jangka panjangnya adalah terlihat “pelangi” yang dapat mengganggu pandangan selama mengemudi.

 

Selain karet wiper, perangkat lain yang harus anda perhatikan selama musim hujan adalah lubang penyemprot air wiper.Apabila tidak bekerja secara maksimal, ada empat indikasi kemungkinan yaitu : Pertama, motor sudah rusak. Kedua, air di tempat penyimpanan sudah mongering atau habis. Ketiga, ada kebocoran pada selang atau tidak tersambung dengan baik. Keempat, lubang penyemprot tersumbat dan menyebabkan semprotan air tidak tepat sasaran.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

January 10, 2015

Posted In: Uncategorized

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami