Cek Oli Mesin Mobil Secara Berkala dan Kenali Tanda-Tanda Harus Ganti Oli

oli mesin

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang mungkin sering kita gunakan setiap harinya. Selain memakai kendaraan tersebut, tentunya kita juga harus merawat kendaraan yang kita miliki seperti mengecek oli mesin mobil.

Oli mesin mobil atau minyak pelumas mesin merupakan cairan kental yang berfungsi untuk merawat seluruh komponen dalam mesin dan bisa menambah usia pakai mesin. Nah, Oli mesin kendaraan harus sangat diperhatikan dan di cek secara berkala agar komponen mobil tetap baik.

Cekpremi akan membagikan cara mengecek volume oli mesin mobil.

Asuransi Mobil

Cara Mengecek Volume Oli Mesin Mobil

  • Parkir Mobil di Permukaan yang Rata

Apakah mengecek oli mesin perlu ke bengkel? Ternyata tidak juga, loh..

Langkah mudahnya yaitu cukup memarkirkan kendaraan kamu pada permukaan jalan yang rata. Hal ini dilakukan agar pembacaan olinya bisa akurat. Jika kendaraan yang diparkirkan dalam keadaan miring, nantinya terjadi pembacaan yang tidak akurat.

  • Pastikan Mesin Mobil dalam Keadaan Mati

Jika kamu masih menyimpan buku manual pemilik, mungkin kamu bisa membacanya apakah pengecekan oli mesin harus dalam keadaan mati atau tidak. Namun, kebanyakan dari pengguna kendaraan mobil saat melakukan pengecekan biasanya dalam keadaan mesin mobil yang mati.

Karena beberapa faktor yang mempengaruhi temperatur mesin ideal untuk pengecekan oli adalah termasuk jenis oli yang digunakan dan temperatur di lokasi kamu mengecek oli mobil. Jadi, pastikan saat kamu mengecek oli mobil dalam keadaan mesin sedang panas, hati-hati dalam mengeceknya, ya!

  • Buka Kap Mesin dan Cabut Dipstick Oli

Cara membuka kap mobil cukup mudah. Biasanya akan ada suatu tombol atau tarikan yang berada di dekat bagian pinggir pintu pengemudi. Kamu akan menarik atau mendorong itu tergantung dengan model dari kendaraan yang kamu miliki. Kemudian kamu bisa keluar dari mobil untuk membuka kap kendaraanmu untuk melihat oli mesinnya.

  • Perhatikan Level Indikator Volume Oli

Sama seperti cara mengecek oli kendaraan lain, kamu juga perlu mengecek dan memperhatikan level indikator volume oli pada mesin mobil.

Kita bisa melihatnya dengan dua titik kecil di ujung dipstick, di mana yang satu menunjukkan kalau oli sudah penuh dan jumlah minimal oli yang seharusnya ada.

  • Perhatikan Juga Kondisi Warna Oli

Ternyata warna oli mesin pada kendaraan kita menunjukkan umurnya dan kemungkinan beberapa masalah mesin lainnya yang harus kamu ketahui.

Kamu tidak perlu khawatir karena memang warna oli akan berubah warnanya dari emas ke coklat dan hitam saat keluar dari mesin. Kamu juga harus sering mengganti oli secara berkala.

Carilah bengkel untuk mengganti oli mesin kendaraanmu secara berkala atau kamu bisa menggantinya sendiri.

  • Ketahui Pengertian Tanda pada Dipstick

Kamu bisa melihat tiga kondisi dan perlu kamu ketahui:

1. Oli Rendah atau Posisi Berada di Bawah LOW (L)

Kemungkinan oli mesin bocor atau ada rembesan oli di sekitar mesin kendaraanmu. Kondisi ini menunjukkan kapasitas oli kurang dan harus ditambah.

2. Oli Normal atau Posisi Berada di Antara LOW dan FULL

Kondisi ini menunjukkan kapasitas oli mesin mobil yang tidak mengalami masalah.

3. Oli Berlebihan atau Posisi Berada di Atas Tanda FULL

Kondisi ini menunjukkan oli mesin terlalu penuh. Oli mesin yang terlalu banyak dapat menyebabkan mesin menjadi berat. Hal tersebut karena poros mesin yang terendam oli.

Selain mengecek oli mesin kendaraanmu, kamu pastinya harus tau tanda-tanda oli mesin mobil perlu diganti.

Tanda-Tanda Oli Mesin Mobil Perlu Diganti

  • Lampu Indikator Oli Menyala, Bisa Jadi Akibat Volume Oli yang Kurang

Biasanya Lampu menyala karena adanya masalah sistem pelumasan pada mobil.

Jika lampu indikator kendaraanmu menyala terlebih pada lampu indikator oli, ternyata itu tanda-tanda volume oli mesin kamu harus segera ditambahkan.

Kamu bisa menepi di sisi jalan dan mematikan mesin mobil agar pengisian oli mesin pada mobil tetap aman. Kemudian kamu bisa mengecek dengan dipstick. Periksalah oli kendaraan yang kamu miliki secara hati-hati dan berkala agar mesin mobil kamu tidak terjadi kerusakan.

Namun jika lampu indikator kendaraanmu masih menyala, jangan paksakan kendaraan tersebut untuk tetap berjalan. Bisa jadi masalah tersebut terdapat pada tekanan oli mesin yang tidak memompa dengan baik.

  • Suara Transmisi Mesin Terdengar Kasar dan Berisik Saat Dinyalakan

Ternyata bukan hanya oli pada kompresor mobil, tetapi oli mesin juga perlu kamu cek. Pengecekan ini harus dilakukan secara berkala supaya jumlah oli yang ada di mesin selalu tersedia dengan jumlah yang cukup dan kondisinya masih baik.

Jika kondisi mesin dan oli nya tidak mencukupi, mesin yang ada disekitarnya akan tidak terlumasi dengan baik dan memperparah kondisi mesin kendaraan kamu.

Kamu pernah mendengar suara kasar atau gerungan dari mesin mobil? ini merupakan ciri utama karena terjadi gesekan komponen yang terdengar dari bagian atas katup mobil. Sebaiknya kamu perlu ke bengkel untuk memperbaiki kendaraanmu.

  • Oli Mesin Mobil Berwarna Hitam

Jika warna oli mesin mobil kamu berubah warna yang tadinya keemasan gelap menjadi hitam, tandanya oli tersebut harus diganti.

Mungkin kamu juga suka menemukan warna oli mesin yang berwarna putih itu disebabkan karena bercampurnya oli dengan air. Secepatnya kamu harus mengganti oli tersebut.

  • Mesin yang Kurang Responsif

Bisa jadi mesin mobil kamu terlalu panas dan menyebabkan berkurangnya performa kendaraan. Maka dari itu, kamu perlu sering mengecek mesin mobil dan oli mesin agar kendaraan tetap memiliki performa yang cukup saat berkendara.

  • Asap Mobil Menjadi Berwarna

Warna asap mobil ternyata menjadi tanda pengingat bahwa oli mesin mobil kamu harus segera diganti, loh. Jika asap knalpot mobil warnanya putih, mungkin terjadi permasalahan pada bagian kondensasi di dalam knalpot. Hal ini artinya bahwa ada oli yang ikut terbawa masuk ke ruang pembakaran.

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai cara mengecek volume oli mesin mobil dan tanda-tanda kamu perlu mengganti oli mesin mobil. Selain mengetahui hal tersebut, kamu juga perlu mengetahui serta memilih asuransi terbaik untuk perlindungan kendaraan yang kamu miliki. Kamu bisa cek laman Cekpremi yang akan membantu merekomendasikan beberapa asuransi mobil yang kamu butuhkan.

Pertanyaan seputar Asuransi Mobil

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang dimaksud dengan asuransi mobil?” answer-0=”Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kendaraan atau asuransi mobil merupakan pemberian manfaat dari perusahaan asuransi berupa ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa saja manfaat asuransi mobil?” answer-1=”Saat kamu mengalami kejadian yang mengharuskan asuransi mobil dibutuhkan, manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti asuransi mobil yaitu membantu proteksi kendaraan, mengurangi kerugian, investasi kendaraan, dan lain-lain. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]