Ciri-Ciri Roda Mobil Rusak Akibat Sering Hantam Lubang

Mobil
Image Source rmoljakarta

Selain karena banyak pengemudi yang ugal-ugalan, alasan anda harus mengemudi berhati-hati di jalan-jalan besar Jakarta adalah karena adanya lubang-lubang di jalan yang tidak terlihat. Dapat anda cermati, banyak kondisi jalan-jalan besar di kota Jakarta yang berlubang, bahkan masih ada juga yang masuk ke dalam kategori rusak parah.

Banyaknya jumlah kendaraan yang lalu lalang, dan seringnya terendam air membuat kondisi aspal mengelupas dan menimbulkan lubang yang cukup dalam. Kondisi tersebut membahayakan para pengemudi baik motor maupun mobil. Jika tidak hati-hati kendaraan yang mereka tumpangi bisa terperosok ke dalam atau terpelanting jauh dan bisa mengakibatkan cedera serius bagi si pengemudi.

Selain membahayakan buat si pengemudi, seringnya kendaraan anda menghantam lubang juga dapat menimbulkan kerusakan pada roda kendaraan anda. Saat lampu penerangan jalan yang menyala kurang baik, dan kurangnya penguasaan terhadap medan jalan membuat anda tidak mengetahui dimana posisi lubang berada. Tidak dapat dihindari lagi pasti kendaraan anda menghantam lubang tersebut.

Mobil yang terlalu sering menghantam lubang dapat mengakibatkan kondisi benjol pada ban dan juga dapat membuat keretakan pada dinding ban. Jika dibiarkan kembali keselamatan si pengemudi terancam karena ban bisa meletus sewaktu-waktu bila kendaraan melaju pada kecepatan tinggi.

Selain ban, yang terkena dampak kerusakan akibat terlalu sering menghantam lubang adalah pelek kendaraan anda. Jika benturan terjadi sangat keras bisa menyebakan keretakan pada pelek bahkan pelek bisa pecah.

Nah untuk mengetahui lebi lanjut lagi, berikut ini adalah tanda-tanda kaku-kaki mobil anda bermasalah karena sering menghantam lubang di jalan :

Kendali tidak stabil

Karena kaki kaki pada mobil anda rusak, kemudi menjadi tidak stabil. Roda kemudi sering membuang ke kanan dan ke kiri.

Terjadi getaran pada setir

Saat anda memacu kendaraan anda dengan kecepatan tinggi, terjadi getaran pada setir kemudi akibat dampak dari roda yang tidak berputar secara stabil, dan terjadi kerusakan pada bagian kaki-kaki.

Roda tidak mengikuti kemudi

Cermati apakah roda berada pada posisi center saat kemudi berada posisi lurus. Jika posisi stir anda lurus namun roda tidak center maka bisa dipastikan bagian roda mobil anda bermasalah.

Jika anda mulai merasakan gejala-gejala tersebut, segera bawa kendaraan anda ke bengkel walau dirasa belum terlalu parah untuk kemudian dilakukan spooring dan balancing.

 

Mobil
Yukk pilih asuransi mobil terbaik anda disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

July 28, 2015

Posted In: Automotive

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami