Ini 7 Ciri Rumah Sehat! Apakah Rumah Anda Sudah Termasuk?

Mei - 19
2021
ciri rumah sehat

Ini 7 Ciri Rumah Sehat! Apakah Rumah Anda Sudah Termasuk?

Tidak hanya lokasi yang strategis atau fasilitas lengkap, Anda juga perlu memperhatikan apakah rumah tersebut sehat dengan memiliki sirkulasi udara yang baik dan mendapatkan sinar matahari langsung. Mengapa penting untuk memiliki rumah sehat? Kondisi jiwa dan raga yang sehat juga ternyata dipengaruhi oleh keadaan rumah lho! Cari tau yuk ciri-ciri rumah sehat agar Anda bisa mewujudkannya.

Ciri Rumah Sehat Untuk Kualitas Hidup yang Lebih Baik

rumah sehat

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik

Hal utama yang penting untuk dimiliki rumah adalah sirkulasi udara yang baik sehingga membuat rumah terasa lebih segar dan nyaman. Rumah dengan sirkulasi udara tidak baik akan membuat udara lembab dan terasa pengap. Jika hal ini berlangsung lama, tentunya akan berpengaruh pada kesehatan Anda. Mulai dari rasa tidak nyaman, tidak betah di dalam rumah, hingga masalah kesehatan berupa paru-paru basah. 

Pencahayaan Alami Maksimal

Selain memiliki sirkulasi udara yang baik, ciri rumah sehat juga memiliki pencahayaan alami yang maksimal. Cahaya matahari juga bisa menghemat penggunaan listrik di siang hari lho! Kemudian juga Anda bisa mendapatkan sumber vitamin D secara langsung untuk menjaga kekuatan imun tubuh. Asupan sinar matahari yang cukup akan berdampak baik pada kesehatan Anda di masa depan.

Memiliki Cukup Pepohonan

Di kota-kota besar, ukuran lahan rumah memang terbatas, namun Anda bisa memaksimalkannya agar tetap memiliki cukup pepohonan atau tanaman hijau agar menjaga keasrian rumah. Selain sebagai sumber oksigen, pohon juga akan membantu menurunkan suhu udara ketingkat yang sejuk. Udara yang sejuk dan kaya oksigen akan memberikan Anda lingkungan yang sehat. 

Memiliki Pembuangan Sampah yang Baik

Setiap harinya, rumah tangga memiliki menghasilkan sampah, baik dari makanan ataupun aktivitas lain. Untuk mengatasi hal ini, tempat pembuangan sampah menjadi solusi terbaik. Namun pembuangan sampah seperti apa yang baik? Pembuangan sampah yang baik adalah pembuangan sampah yang tidak mencemari lingkungan. Kelola sampah dengan membuat penampungan sampah yang jauh dari rumah. Kemudian, jangan biarkan sampah lama menumpuk karena hal tersebut akan menimbulkan penyakit.

Air Bersih dan Jernih

Hal ini juga berhubungan dengan keberadaan pepohonan di sekitarnya. Pohon akan membantu menjaga kualitas air yang Anda gunakan. Secara ideal air bersih harus tersedia dengan kapasitas 60 liter per hari untuk satu orang. Air bersih juga harus dihindarkan dari berbagai sumber polusi, apalagi dari penampungan sampah. Ciri rumah sehat adalah rumah yang memberikan jarak minimal 5 meter dari sumber air bersih ke sumber penampungan sampah.

Bebas Jamur dan Binatang Penular Penyakit

Kelembaban akan membuat binatang dan jamur penyakit tumbuh. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa menjaga kelembaban ruangan atau dengan memasang wallpaper di dinding rumah. Selain baik untuk menjaga kelembaban dinding, wallpaper juga akan menambah keindahan rumah Anda. Rumah sehat juga harus terhindar dari binatang yang dapat menyebarkan penyakit seperti tikus, kecoa, kelabang, lalat, dan nyamuk. 

Penataan Kamar Tidur

Untuk memiliki kamar tidur yang sehat, pastikan sinar matahari pagi bisa masuk, maka luas jendela minimal 1/9 luas ruangan. Hindari juga menyimpan terlalu banyak perabot dalam ruangan tidur, agar udara dapat mengalir dengan baik. Perabotan yang masuk di dalam kamar tidur cukup terdiri dari satu lemari, tempat tidur, dan meja bila diperlukan. Anda juga bisa mengefisiensikan dinding menjadi bagian untuk menggantikan fungsi perabot rumah tangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *