Sudah Ditawarkan ke Banyak Orang Tapi Tak Kunjung Laku? Coba Cara Menjual Tanah Berikut Ini!

Jun - 12
2021
cara menjual tanah

Sudah Ditawarkan ke Banyak Orang Tapi Tak Kunjung Laku? Coba Cara Menjual Tanah Berikut Ini!

Menjual tanah seringnya tidak semudah menjual rumah. Biasanya orang lebih tertarik untuk langsung membeli rumah yang siap dihuni, daripada tanah kosong yang harus dibangun dari awal. Banyak orang yang lebih tertarik membeli tanah untuk investasi atau kalaupun untuk membangun rumah biasanya ada kriteria khusus yang dipertimbangkan. Kalau tanah yang dimiliki tak kunjung laku, Anda bisa mencoba beberapa cara menjual tanah seperti berikut ini 

Cara Menjual Tanah Secara Cepat dan Tetap Cuan

tanah dijual murah

Survey Harga Pasar

Bisa jadi penyebab tanah Anda tidak laku-laku adalah harganya yang terlalu mahal. Sebaiknya lakukan survey harga tanah di sekitar wilayah tersebut. Nantinya harga ini bisa menjadi pedoman untuk Anda menentukan harga jual dan harga nego terendah yang bisa ditawar. Anda bisa menjadikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) sebagai patokan dasar nilai jual tanah dan perhatikan juga spesifikasi tanah berikut surat-surat lengkapnya. 

Apa Kelebihan Tanah Anda?

Langkah penting dalam strategi marketing adalah menonjolkan kelebihan yang dimiliki. Nah, hal ini juga berlaku ketika Anda menjual tanah. Dalam iklan yang dipasang, tambahkan beberapa poin kelebihan dari tanah ANda, misalkan lokasi strategis, bebas banjir, akses transportasi umum mudah, dan lainnya. 

Kenali Calon Pembeli

Ketika akan menjual tanah, Anda pasti bisa terbayang potensi bangunan apa yang bisa dibangun di atas tanah Anda. Misalkan untuk rumah tinggal, sekolahan, gedung kantor, ruko, atau bangunan lain. Hal ini juga berpengaruh kepada siapa Anda memasarkan penjualan tanah tersebut. 

Persiapkan Tanah dengan Baik

Lokasi dan kondisi tanah yang menarik adalah salah satu pertimbangan para calon pembeli. Sebaiknya Anda mulai merapikan tanah yang akan dijual. Sehingga ketika dilihat oleh calon pembeli terlihat lebih rapi dan bersih. Mulailah dengan membersihkan tanah dari sampah dan memangkas rumput-rumput liar.

Pasarkan di Portal Properti

Saat ini ada banyak portal properti yang memudahkan Anda untuk memasang iklan jual beli tanah dengan mudah dan gratis! Ketika Anda memasang di portal online, pastinya akan lebih banyak yang melihat iklan tanah Anda dan potensi terjual menjadi lebih tinggi. Pasanglah foto paling menarik dengan keterangan yang jelas, berikut dengan kontak yang bisa dihubungi.

Manfaatkan Iklan Offline 

Selain via online, Anda juga bisa memasarkannya secara offline. Tentunya Anda akan mengeluarkan biaya untuk ini. Iklan offline bisa berupa poster yang ditempatkan di lokasi-lokasi strategis sehingga menarik orang untuk membacanya.

Menjual Tanah ke Bank

Cara jual tanah ke bank mungkin belum sepopuler fasilitas pembiayaan rumah seperti KPR. Namun patut untuk dicoba jika ingin menjual lahan dalam waktu yang cepat. Perlu diketahui bahwa bank tidak bertindak sebagai pembeli tanah. Jadi, pihak bank akan membantu Anda mencarikan calon pembeli atas tanah tersebut. 

Tujuan bank membantu Anda menjual tanah berhubungan dengan salah satu produk bank yang juga jarang diketahui orang, yaitu Kredit Pemilikan Tanah (KPT). Secara umum, prosedur dan tata cara pengajuan KPT sama saja seperti KPR, yang membedakannya hanya saja objeknya berupa tanah. Meski begitu, ada beberapa syarat yang umumnya harus dipenuhi calon penjual tanah saat melakukan pengajuan ke bank, seperti:

Dari beberapa cara menjual tanah di atas, menjual melalui bank menjadi salah satu yang efektif karena pemasarannya jauh lebih luas dan berpotensi tinggi untuk terjual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

asuransi properti cekpremi