Coilover, Kelebihannya dibanding dengan Shockbreaker Biasa

coilover

Shockbreaker atau peranti peredam kejut pada mobil saat ini merupakan salah satu komponen yang sering dimodifikasi. Salah satu modifikasi shockbreaker yaitu dengan menggunakan coilover.

Asuransi Mobil

Biasanya shockbreaker diganti agar pemilik mobil mendapatkan kenyamanan lebih baik, serta penampilan yang lebih modis. Berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki oleh coilover dibanding menggunakan shockbreaker biasa.

Kelebihan Coilover dibanding Shockbreaker Biasa

Shockbreaker adalah salah satu komponen yang wajib ada dalam mobil, karena memiliki fungsi untuk menjaga kenyamanan saat mengemudi. Khususnya saat kamu sedang menempuh jalanan rusak yang penuh dengan batu, atau lubang, atau jalan bergelombang.

Sedangkan coilover atau nama lainnya, yaitu coil spring over memiliki merupakan per yang menyatu dengan shockbreaker. Jika pemilik mobil menggunakan coil spring over akan merasakan kelebihan dibanding menggunakan shockbreaker standar yang dibawa dari mobil.

Kelebihan yang dirasakan yaitu setelan ketinggian pada mobil dapat diatur sesuai keinginan kamu. Serta dapat membuat mobil terasa lebih halus dan empuk saat menghadapi jalanan yang rusak atau bergelombang.

Jika kamu adalah seorang pengendara yang sangat mengandalkan performa, maka coil spring over sangat cocok untuk digunakan. Kelebihan yang dirasakan selanjutnya adalah dapat membuat tampilan mobil menjadi lebih keren, karena dapat memangkas ketinggian mobil.

Selain mengatur settingan suspensi dari tinggi ke rendah, kamu juga dapat mengatur keras atau empuknya suspensi sesuai keinginan. Hal tersebut dikarenakan, coil spring over memiliki fitur adjustable.

Sehingga pengaturan suspensi pada coil spring over dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kamu, apakah mobil tersebut untuk digunakan harian, atau kompetisi. Namun hal yang harus kamu perhatikan adalah, ketersediaan fitur setting coil spring over berbeda.

Contohnya seperti, coil spring over yang hanya dapat mengatur tingkat kekerasan pada suspensinya saja atau biasa disebut spring rate atau damper.serta ada pula yang hanya mampu mengatur ketinggian saja atau rider height.

Namun jika ingin keduanya, kamu harus mencari coil spring over khusus keduanya. Sehingga coil spring over dapat lebih maksimal jika dilihat dari penggunaannya, seperti untuk harian atau ajang kompetisi. Karena kamu tidak dapat menggunakan coil spring over harian untuk kompetisi begitu pula sebaliknya.

Hal itu dikarenakan, jika kamu menggunakan coil spring over kompetisi untuk pemakaian harian, dapat membuat suspensi menjadi terlalu keras, sehingga saat penggunaannya menjadi tidak nyaman. Jika kamu menggunakannya untuk sehari-hari, kamu dapat mengatur atau menggunakan coil spring over soft.

Modifikasi Mobil Menggunakan Coilover

Salah satu tujuan digunakannya coilover adalah untuk modifikasi, yaitu membuat mobil menjadi pendek. Memendekkan mobil memiliki istilah, yaitu static dan bagged. Static adalah modifikasi suspensi menggunakan coil spring over, sedangkan bagged menggunakan air suspension.

Agar kamu dapat mengatur tinggi pendeknya mobil menggunakan coil spring over, diperlukan bongkar pasang roda terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar kamu dapat mengatur ketinggian menggunakan kunci pas.

Jika kamu tertarik menggunakan coilover, tidak perlu khawatir karena varian komponen ini banyak terdapat di pasaran. Selain itu, penggunaan coil spring over dapat menjadi solusi yang lebih aman dibandingkan jika kamu melakukan custom per atau shockbreaker.

Harga yang ditawarkan untuk penggunaan komponen ini juga bervariasi. Berkisar mulai dari Rp 10 hingga Rp 12 jutaan untuk mobil seperti Honda Brio atau Toyota Avanza. Namun untuk fitur coil spring over yang lebih lengkap, kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp 20 jutaan.

Baik coilover maupun shockbreaker dapat membuat mobil menjadi lebih aman menghadapi medan terjal. Namun keamanan saat berkendara bisa kamu dapatkan dengan cara lain, yaitu dengan menggunakan asuransi.

Asuransi tersedia dalam berbagai jenis, kamu dapat memilih sesuai kebutuhan. Kunjungi Cekpremi untuk pilih asuransi terbaik yang dapat kamu gunakan.

Pertanyaan Seputar Coilover

Penggantian shockbreaker bawaan standar mobil dengan coilover dilakukan para pemilik mobil agar bisa mendapatkan kenyamanan lebih baik. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan terkait dengan komponen tersebut, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang dimaksud lowering kit mobil?” answer-0=”Lowering kit adalah kit suspensi, yang berupa per untuk meningkatkan tampilan dan handling mobil. Sesuai namanya, lowering kita memiliki per lebih pendek dibandingkan komponen standar mobil. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa keunggulan coilover?” answer-1=”Dapat menghadapi medan jalan yang bergelombang terasa lebih halus dan empuk. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]