Efektif Bikin Kinclong, Ini 6 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor

Jul - 15
2021
cara menghilangkan karat pada besi motor

Efektif Bikin Kinclong, Ini 6 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor

Perawatan pada sepeda motor tidak terbatas hanya pada mesin dan sparepart saja. Para pemilik kendaraan juga harus memperhatikan kebersihan bodi motor jika ingin kendaraan Anda lebih awet dan tahan lama. Apalagi dengan cuaca lembab dan banyak hujan, motor menjadi lebih sering basah. Hal ini bisa menimbulkan efek karatan pada besi motor. Sehingga Anda perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan karat pada besi motor.

Karat pada besi motor disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya adalah oleh air hujan yang menempel dan tidak langsung dibersihkan. Sehingga zat asam dari air hujan merusak permukaan besi dan menjadi karat. Jika tidak segera ditangani, karat akan merusak bodi motor dan membuat keropos. Oleh sebab itu, penting sekali untuk langsung membersihkan motor setelah terkena hujan dan cari tempat kering dengan kelembapan rendah untuk parkir.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Sebagai pemilik dan pengendara, Anda tentu tidak ingin motor kesayangan Anda menjadi kotor apalagi berkarat. Selain bisa membahayakan keselamatan, kotoran ini juga mengurangi keindahakan kendaraan Anda. Karat pada motor tidak bisa bersih hanya dengan dicuci menggunakan air. Berikut ini bahan-bahan pembersih karat dan cara menghilangkannya dari besi motor.

6 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor

1. Menghilangkan Karat Menggunakan Bensin

Anda bisa menghilangkan karat pada motor menggunakan bensin dengan nilai oktan 92. Caranya, bensin oktan 92 dan solar dengan perbandingan 1:2. Selanjutnya, oleskan campuran dari kedua cairan tersebut ke bagian motor yang berkarat. Ambil sikat gigi dan gosok-gosok menggunakan sikat tersebut. Karat pasti akan hilang dan motor akan kembali bersih.

2. Menghilangkan Karat Menggunakan Oli Bekas

Cara kedua yaitu mengunakan oli bekas. Selain bisa membersihkan karat, cara ini cukup baik karena memanfaatkan barang bekas. Oli bekas juga tidak hanya bisa digunakan untuk membersihkan karat di bagian luar saja, melainkan juga bagian dalam. Untuk bagian luar, Anda hanya perlu mengoleskan oli pada bagian yang berkarat dan gosok dengan sikat hingga bersih. Sedangkan untuk bagian dalam, Anda bisa memanfaatkan oli bekas untuk membersihkan knalpot. Caranya adalah masukkan oli bekas ke dalam knalpot melalui lubangkan. Kemudian hidupkan mesin dan biarkan suhu panas melunturkan karat-karat yang menempel. Cara ini bisa menimbulkan asap akibat panas dari mesin, namun tidak perlu khawatir.

3. Menghilangkan Karat Menggunakan Stempet

Stempet atau gemuk merupakan cairan kental hampir sama seperti gel dan sifatnya licin. Stempet bertekstur lengket sehingga dapat menempel pada bagian yang dilumasi dalam waktu lumayan lama. Hal tersebut yang membuat stempet banyak digunakan untuk menghilangkan karat pada motor dengan cara mengoleskannya ke bagian yang berkarat. Namun stempet juga mudah sekali menangkap kotoran. Oleh karena itu, sebaiknya stempet tidak digunakan pada bagian rantai karena dapat membuatnya cepat rusak.

4. Menghilangkan Karat Menggunakan Pasta Gigi

Cara selanjutnya yang juga sangat mudah adalah menggunakan pasta gigi. Caranya, Anda tinggal mengoleskan pasta gigi ke bagian motor yang berkarat, lalu diamkan selama beberapa menit dan gosok dengan kain lap. Anda bisa mengulanginya hingga motor benar-benar sudah bebas dari karat. Meskipun cukup mudah, namun cara ini tidak disarankan untuk memberihkan motor dengan karat yang sudah banyak.

5. Menghilangkan Karat Menggunakan Baking Soda

Tak banyak yang tahu bahwa baking soda mengandung bermacam-macam bahan aktif yang terbukti ampuh menghilangkan noda, termasuk karat. Cara menghilangkannya adalah dengan menyikat karat menggunakan baking soda yang sebelumnya sudah dicampur dengan air. Lakukan penggosokan beberapa kali pada bagian yang berkarat agar memperoleh hasil yang maksimal. Cukup mudah sekali bukan cara yang harus Anda lakukan? Sedikit catatan, penggosokan bagian yang berkarat jangan terlalu kuat agar tidak merusak body motor.

6. Menghilangkan Karat Menggunakan Cuka

Cuka mengandum larutan asam yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat. Anda bisa menggunakan cuka jenis apa saja tergantung budget Anda. Penggunaan cuka sebagai pembersih karat ini pun cukup berbeda. Jika cara lainnya perlu digosok, jika menggunakan cuka hanya perlu didiamkan atau direndam semalaman. Selanjutnya Anda tinggal membilas karat-karat yang sudah luntur. Jika ada yang tertinggal, Anda hanya perlu menyikatnya perlahan dan tidak membutuhkan tenaga yang kuat.

Bagaimana? Mudah bukan cara menghilangkan karat pada besi motor? Anda bisa memanfaatkan barang-barang yang tersedia di rumah untuk merawat dan membersihkan motor dari karat. Jangan lupa tambahkan pula asuransi kendaraan terbaik untuk melindungi kendaraan. Yuk, intip Cekpremi.com untuk mendapatkan tawaran menarik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *