Cruise Control, Pengertian dan Cara Menggunakanya

Cruise Control

Cruise control  adalah fitur yang bertujuan untuk menjaga laju kendaraan tetap pada kecepatan yang ditentukan pengemudi tanpa harus menekan pedal gas untuk menyesuaikan kecepatan.

Kecanggihan tersebut didukung dengan teknologi Adaptive cruise control, fitur yang lebih canggih. Adaptive cruise control  dapat  menyesuaikan kecepatan mobil dengan kondisi lalu lintas dengan membebaskan pengemudi dari pedal gas dan rem saat berkendara.  

Fungsi Cruise Control  yang dirasakan para pengendara adalah saat kamu sedang berkendara jarak jauh ratusan kilometer di jalan lurus yang panjang.  Tentunya kaki kamu akan pegal dan lelah karena terus menerus menginjak pedal gas. Namun, dengan bantuan teknologi fungsi yang canggih ini, masalah ini dapat diatasi.

Fitur ini dapat membantu kamu dalam mengontrol kecepatan mobil yang telah kamu atur terlebih dahulu. Nantinya kecepatan mobil akan stabil tanpa kamu harus menginjak pedal gas atau yang biasa didengar dengan semi autopilot.

Cara Menggunakan Fungsi Cruise Control

Fitur ini dapat diaktifkan saat kecepatan kendaraan antara 60 km/jam dan 80 km/jam karena merupakan batas kecepatan standar untuk menggunakan fitur ini. Setelah pengemudi mempertahankan kecepatan kendaraan tersebut, tekan tombol cruise control dan SET di area stir mobil. Setelah itu, kamu bisa melepaskan pedal gas tersebut.

Nah, sekarang mobil yang kamu kendarai yang dalam keadaan aktif di mode Cruise control, mobil akan melaju pada batas kecepatan yang telah ditentukan. Sedangkan untuk menonaktifkannya, cukup tekan kembali tombol SET atau tekan pedal rem.  Dengan begitu, mobil  akan berhenti secara otomatis dan kecepatan mobil akan diatur ulang oleh kamu sebagai pengemudi.

Pada fungsi fitur canggih ini terdapat sensor khusus yang mampu mendeteksi jarak mobil yang kamu kendarai dengan kendaraan lain di depannya. Kendaraan dengan mode ini akan secara langsung dapat mengerem jika satu kendaraan dengan kendaraan lainnya berdekatan, dan jika jaraknya terlalu jauh, mobil akan dapat menambah kecepatannya

Kamu sudah mengetahui cara menggunakan fitur ini, lalu apa saja tombol yang dapat digunakan untuk fungsi ini yang ada pada setir? 

  • On/Off
    Tombol ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Cruise control  dan kamu dapat melihat aktivitasnya karena terlihat pada dashboard mobil jika sudah aktif atau belum. 
  • Res +
    Res+ digunakan untuk meningkatkan kecepatan mobil. Bisa dengan akselerasi 1 mph atau menambah kecepatan dari yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  • Set –
    Tombol ini digunakan untuk mengurangi kecepatan yang sudah ditentukan sebelumnya atau dapat mengurangi kecepatan sebelumnya sebanyak 1 mph.
  • Cancel
    Tombol ini untuk menonaktifkan fitur Cruise control .

Manfaat Cruise Control

Fitur Cruise control dapat secara konstan mengontrol kecepatan mobil. Fitur ini juga disebut sebagai speed control, auto cruise, active cruise control, intelligent cruise control, dynamic radar cruise control, active cruise control dan distronic plus.

Biasanya, pengguna mobil menggunakan fitur ini saat kondisi jalan kosong atau jalan lengang, seperti saat melintasi jalan tol. Jika kamu ingin mencoba fitur ini, sebaiknya lihat dulu keadaan sekitar apakah kondisi jalannya benar-benar sepi dan cocok untuk menggunakan fitur tersebut atau sedang ramai.

Manfaat yang bisa kamu rasakan jika memiliki kendaraan dengan fitur canggih tersebutadalah menghemat bahan bakar mobil.

Itu tadi manfaat yang bisa kamu rasakan dengan memanfaatkan fitur cruise control. Namun, kamu harus memperhatikan beberapa hal jika menggunakan fitur ini.  Walaupun kamu menggunakan fitur tersebut yang seperti semi autopilot, kamu harus tetap berkonsentrasi saat berkendara .

Kemudian, jangan aktifkan fitur ini saat hujan. ketika saat hujan, pastinya jalanan menjadi basah dan licin. Fitur ini bisa membahayakan kamu sebagai pengendara. Mobil bisa saja tergelincir dan mengakibatkan kecelakaan atau tabrakan.

Selain saat hujan, jangan juga menggunakan fitur cruise control  saat di jalanan menanjak karena  beresiko besar akan terjadi kecelakaan. Untuk itu, kamu harus paham dengan penggunaan fitur ini dan tombol yang digunakan saat menggunakannya.

Untuk menghindari risiko kecelakaan dan kejadian yang tidak diinginkan lainnya, kamu sudah bisa mempersiapkan asuransi sejak awal.  Berikut  beberapa rekomendasi asuransi mobil dari Cekpremi.

  • Asuransi Intra Asia

Lahirnya PT. Asuransi Intra Asia pada tanggal 27 Juli 1999. Asuransi Intra Asia berkomitmen untuk tetap dapat memberikan perlindungan dan pelayanan kepada tertanggung secara maksimum

  • Simas Insurtech

Sinarmas menawarkan asuransi mobil yang bisa kamu pilih yaitu all risk dan total loss only (TLO). Asuransi all risk dapat menanggung kerusakan kecil hingga parah dan menanggung mobil usia 12 tahun. Sementara, total loss only (TLO) akan menanggung kerusakan parah yang mencapai 75 persen dan kehilangan.

Asuransi Simas Insurtech juga  memberikan jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga. 

  • Asuransi Staco

Asuransi Staco memiliki 5 produk asuransi, salah satunya adalah asuransi mobil. Asuransi mobil yang ditanggung oleh Staco adalah ganti rugi atas segala kerusakan.

Asuransi Staco dapat menanggung dengan jenis asuransi yang kamu pilih seperti Total Loss Only (TLO) dan komprehensif.

Kamu bisa cek laman Cekpremi yang akan membantu merekomendasikan beberapa asuransi mobil yang kamu butuhkan.

Pertanyaan seputar Asuransi Mobil

Apa yang dimaksud dengan asuransi mobil?

Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kendaraan atau asuransi mobil merupakan pemberian manfaat dari perusahaan asuransi berupa ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor.

Apa saja manfaat asuransi mobil?

Saat kamu mengalami kejadian yang mengharuskan asuransi mobil dibutuhkan, manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti asuransi mobil yaitu membantu proteksi kendaraan, mengurangi kerugian, investasi kendaraan, dan lain-lain.