Cuma Tamatan SMA?

cekpremi degree

Pernah dengar kata-kata ini, “tamatan SMA susah cari kerja!” Who said?? Banyak yang bilang begitu, tapi banyak juga tamatan SMA yang optimis membangun karir. Jika beberapa orang percaya bahwa perilaku berpendidikan dan pengetahuan tidak hanya dibangun dari bangku kuliah, melainkan lingkungan sosial termasuk pertemanan, maka dapat dipastikan Anda merupakan individu yang berkembang.

Karir tidak hanya dibangun dengan pendidikan tinggi, tetapi juga dibangun dengan perantara kualitas relasi sosial. Siapa yang tidak setuju, jika kemungkinan besar para karyawan di berbagai perusahaan mendapatkan pekerjaannya justru dari informasi relasinya atau justru dari teman dekatnya. Ini membuktikan bahwa pekerjaan didapatkan tidak hanya dengan cara memiliki pendidikan yang tinggi. Banyak dari persentase pengangguran juga mewakili sarjana lulusan S2. Prihatin? Ya boleh saja, tapi yang perlu disadari adalah bekerja juga membutuhkan strategi dan membangun karir adalah implementasi dari strategi Anda untuk mewujudkan hidup yang lebih baik.

Pada dasarnya lingkungan pergaulan yang luas adalah kunci untuk mengembangkan diri. Cerita dari seorang teman yang mengawali karir sebagai OB (Office Boy) dan sekarang telah menjadi seorang IT piawai adalah sebuah cerita yang menggungah rasa ingin tahu. Di sebuah kesempatan Ia yang akrab dipanggil Ipul duduk bercerita tentang kisahnya terdahulu. Saya duduk lekat-lekat mengamati air muka beliau. Pada awalnya Ia bertugas sebagai OB di sebuah Mall yang tergabung dengan sebuah gedung perkantoran. Sehari-hari seperti layaknya OB Ia membersihkan seluruh lantai dan setiap detail bangunan.

Pernah satu kali Ia dihukum untuk menyikat jalanan pedestrian di depan mall yang pastinya tidak akan bisa bersih karena orang kerap berlalu lalang di jalan tersebut. Pekerjaan ini Ia lakukan terus menerus walaupun dalam hati Ia tahu jalanan itu tak akan pernah bersih. Seorang Ipul adalah anak pedesaan di sudut Bandung. Beliau pergi dari rumah untuk mencari nafkah bagi ayah ibunya ketika itu. Sedikit tersentuh mendengar kisahnya. Pada satu waktu, kakaknya pernah mengirimkan surat yasin yang diselipi uang sepuluh ribu rupiah beberapa tahun lalu. Sungguh sedih bukan, pada saat saya dengan mudahnya meminta uang lima puluh ribu kepada orang tua saya, Ipul hanya dikirimkan uang sepuluh ribu, itupun adalah satu-satunya lembar yang dipunyai oleh kakaknya.

Sampai pada saat itu Ia mengerti bahwa hidup bukan untuk ditangisi, tetapi diperjuangkan. Keberuntungan memihak kepadanya, tak lama kemudian ketika Ia mendapatkan kesempatan untuk membersihkan lantai 15 di gedung perkantoran itu, Ia melihat informasi lowongan kerja OB bagi sebuah kantor. Setelah Ia melamar dan diterima, sang pemilik kantor pun terkesan dengan kerja keras seorang Ipul. Perlahan Ipul ditantang untuk belajar mengetik. Melakukan berbagai pekerjaan administrasi, bahkan me-lobby beberapa kolega untuk bekerja sama. Sampai pada saatnya Ia dibiayai untuk mengikuti kelas singkat disebuah universitas swasta. Sampai pada saat ini Ia telah berusia kira-kira 24 tahun dan telah mengabdi di perusahaan itu selama 5 tahun lamanya. Saat ini Ia juga menerima beberapa proyek untuk melakukan desain logo dari beberapa perusahaan dan telah beberapa kali ingin dipekerjakan ditempat lain oleh beberapa pemilik perusahaan.

Ada baiknya Anda yang selalu rendah diri dengan predikat “tamatan SMA” membaca cerita-cerita inspiratif yang bisa membangunkan nilai-nilai positif pada diri Anda yang mungkin Anda sendiri tidak tahu. Berkembanglah ke segala arah, sehingga Anda dapat mengenal berbagai lingkungan yang mungkin dapat membantu perkembangan karir Anda. Sekali lagi jangan pernah sesali jika Anda hanya tamatan SMA, karena yang menentukan perkembangan diri Anda hanyalah Anda, maka pilihlah untuk melakukan yang terbaik dari Anda disetiap harinya, supaya hidup Anda tidak sia-sia.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

October 26, 2014

Posted In: Inspirational, Must See

Tags: , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami