Daftar Mobil Matic Terbaik 2022 Beserta Harganya

Tangan perempuan mengganti gigi mobil automatic

Secara umum, ada dua jenis mobil yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu mobil matic dan mobil manual. Namun, mobil dengan transmisi otomatis atau mobil matic, terutama mobil-mobil terbaru, lebih banyak diminati saat ini oleh para kalangan milenial. Kaum milenial di kota ataupun di desa-desa memilih mobil matic terbaik karena lebih praktis dan simple saat digunakan.

Mobil matic, yang dilengkapi dengan transmisi otomatis, membuat pengemudi tidak perlu menginjak kopling, sehingga memudahkan untuk bergerak, terutama di lalu lintas perkotaan.

Berdasarkan halaman surat kabar digital resmi Tempo “Mobil matic merupakan mobil yang dirancang dengan kemudahan persnelingnya (transmisi) yang dapat berpindah secara otomatis tanpa menginjak pedal kopling terlebih dahulu”.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang bingung dan enggan mengendarai mobil matic karena belum terbiasa ataupun kurangnya informasi mengenai mobil matic. Semua kembali pada pilihan dan kenyamanan masing-masing. Apalagi sekarang sudah banyak mobil-mobil matic terbaik dan terbaru yang liris tahun 2022.

Nah, berikut rekomendasi mobil matic terbaik dan terbaru 2022 yang layak kamu coba:

1.New Daihatsu Ayla

New Daihatsu Ayla dilengkapi dengan mesin 4-percepatan AT yang dipadukan dengan mesin berkapasitas 1.197cc 3NR-VE, DOHC, dan Dualt VVT-i. Mobil ini juga memiliki desain yang sporty.

Adapun Harga New Daihatsu Ayla saat ini Rp146 juta.

2. Honda Brio Satya

Desain Body Honda Brio Satya terbilang mungil untuk mobil matic, dengan mesin kapasitas 1,2 liter, dan tenaga yang dihasilkan sebesar 90 PS pada 6.000 rpm. Harga Honda Brio Satya, yakni sekitar Rp151jutaan.

3. Suzuki Ignis

Mobil Suzuki Ignis ditenagai oleh mesin K12M 4 silinder 1.197 cc yang menghasilkan 83 hp pada 6.000 rpm dan 113 Nm pada 4.200 Nm/menit. Pada jarak 18,2 km, mesin hanya membutuhkan 1 liter bensin. Selain itu, mobil ini hanya memiliki panjang 3,700 mm, lebar 1,660 mm, dan Tinggi 1,595. Sedangkan harga mobil ini sekitar Rp169 Jutaan.

4. Daihatsu Sirion 1.3 Sport

Mobil bertipe sport Daihatsu Sirion ini cukup mahal dengan harga Rp 187 jutaan, namun Daihatsu Sirion memiliki desain yang keren sehingga terlihat sangat sporty dibandingkan dengan city car sekelas ini. Selain itu, mobil ini dibekali mesin K3-VE 1.298cc DOHC VVT-i yang menjamin efisiensi, menghasilkan tenaga 90hp pada 6.000rpm dan torsi 11.9kgm pada 4.400rpm. /menit dapat menghasilkan rpm. Mobil ini juga memiliki berbagai fitur, antara lain: Fungsi asisten pedal rem, dual SRS airbag dan sensor parkir.

5. Suzuki Karimun Wagon R AGS Airbag

Mobil Matic Transmisi automatic gearshift (AGS) mengoptimalkan performa mesin Suzuki Karimun Wagon R. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 69hp pada 6.200rpm dan torsi 90Nm pada 3.500rpm. Performanya lebih rendah dari mobil LCGC terbaik di kelasnya. Namun hal tersebut sebanding dengan harga Suzuki Karimun Wagon AGS yang dijual dengan harga Rp. 135 juta.

Suzuki ini juga mengadopsi desain sederhana yang mengadopsi sistem keamanan airbag dan roda aluminium 14 roda.

Sebelum membahas topic lebih jauh, mari pahami terlebih dahulu tentang jenis dan spesifikasi Mobil Matic adalah:

Jenis dan Spesifikasi Mobil Matic

Jangan kira, semua yang dilabeli Mobil Matic memiliki cara kerja yang sama. Berikut penjelasan lebih detailnya:

Pada beberapa jenis transmisi mobil matic terbagi dari matic konvensional dengan torque converter, continuous variable transmission (CVT), dual clutch transmission (DCT), dan automated manual transmission (AMT).

  • Transmisi Matic Konvensional

Kendaraan bertransmisi otomatis pertama dari jenis ini telah digunakan cukup lama dan dikenal sebagai kendaraan bertransmisi otomatis tradisional. Sebenarnya girboks jenis ini sudah digunakan sejak tahun 1940-an, sehingga masuk akal untuk menyebutnya sebagai matic tua.

Teknik yang digunakan sangat sederhana dan didasarkan pada mekanisme gesekan dan hidrolik. Roda gigi transmisi diaktifkan dan menentukan tingkat kecepatan dan torsi. Transmisi torsi dari mesin ke transmisi melalui konverter torsi berbentuk seperti bolu. Komponen ini bekerja tergantung pada putaran mesin. Semakin tinggi putaran mesin, semakin banyak tenaga yang dihasilkan.

  • Transmisi Matic CVT

Dilihat dari cara kerjanya, CVT merupakan sistem yang menggunakan dua komponen utama yaitu pulley dan sabuk baja. Setiap katrol digerakkan oleh sistem pompa fluida, sehingga tenaga didistribusikan sepenuhnya oleh dua roda belakang agar sesuai dengan perubahan kecepatan dan torsi.

Sistem kerja membuat kendaraan berakselerasi lebih konsisten dan lancar. Pengendara merasakan perubahan kecepatan yang lebih halus dan terasa nyaman. Juga, beban kerja pada mesin jauh lebih sedikit.

Contoh mobil dengan transmisi CVT adalah Suzuki Swift dan Suzuki Celerio.

  • Transmisi DCT

Kemudian ada tipe transmisi mobil matic DCT atau dengan kopling ganda. Prinsip ini operasinya didasarkan pada dua poros terpisah, masing-masing dengan kopling. Kopling pertama untuk gigi ganjil dan yang lainnya untuk gigi genap. Juga, banyak yang mengatakan DCT adalah kopling manual otomatis.

  • Transmisi AMT

Tipe matic ini menggunakan model manual dengan kopling kering dengan gerakan kopling otomatis. Sayangnya, banyak orang Indonesia yang belum familiar dengan gearbox yang satu ini, sehingga banyak yang menganggap gearshifter AMT terasa aneh atau belum terbiasa.

Sistem transmisi AMT dikendalikan oleh aktuator hidraulik dan beroperasi sesuai dengan kecepatan engine. Beberapa mobil yang menggunakan matic jenis ini adalah Wooling Cortez dan Suzuki Ignis.

Hei belum selesai!

Setelah Anda membaca artikel ini dan tertarik untuk membeli mobil matic, tentunya Anda perlu memikirkan bagaimana cara merawat mobil tersebut dari kemungkinan-kemungkinan tak terduga, seperti kecelakaan, bencana, dan lain-lain. Untuk menghindari pembengkakan biaya akibat risiko kerusakan mobil, Anda perlu melindungi kendaraan dengan asuransi mobil.

Yuk, langsung aja daftarkan kendaraan Anda dengan asuransi mobil di Cekpremi terpercaya dan sudah tercatat oleh OJK.

Masih ragu? Buktikan sendiri manfaat dan keuntungan mendaftarkan asuransi Cekpremi..

Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil

Pertanyaan yang sering muncul tentang asuransi mobil:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa itu asuransi mobil?” answer-0=”Asuransi Mobil merupakan jasa perlindungan atau produk proteksi yang dapat menjamin kerugian, kerusakan, hingga kehilangan atas kendaraan bermotor akibat terjadinya risiko yang menimpa mobil berdasarkan kesepakatan perjanjian dan undang-undang.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa saja resiko yang termasuk dalam asuransi mobil?” answer-1=”Risiko dalam asuransi mobil adalah peristiwa tak terduga seperti bencana alam, kecelakaan, pencurian, dan lain-lain.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]