Dari Asuransi Sampah Hingga ke Istana Buckingham

Asuransi Cekpremi
Image Source regional.kompas.com

 

Ide penggunaan sampah rumah tangga sebagai alat untuk mendapatkan akses terhadap fasilitas kesehatan sepertinya memang konyol. Namun, seorang dokter muda lulusan Universitas Brawijaya, Malang, bisa membuktikan semua bahwa idenya tersebut bukanlah ide yang mustahil. Berkat ide yang gemilang juga ketekunannya dalam mengimplementasikan idenya tersebut, Gamal Albinsaid dihadiahi mendapat sebuah penghargaan internasional, Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneur Prize pada akhir Januari 2014 lalu di istana Buckingham.

 

Program penghargaan yang baru disahkan satu tahun silam ini memang dibuat untuk mencari ide-ide revolusioner dari para pemuda dalam bidang lingkungan, sosial dan kesehatan yang di dapat menginspirasi semua pemuda di seluruh dunia. Unilever dan Cambridge Programme for Sustainability Leadership adalah yang menghelat program ini dengan mendapat perlindungan penuh dari Pangeran Charles.

 

Asuransi cekpremi
Image Source metroonline.co

 

Tercatat ada lebih dari 500 pendaftar dari 90 negara yang mengikuti program berhadiah bantuan finansial untuk kelanjutan proyeknya berjumlah sebesar 50.000 pound sterling, dan juga dapat paket bimbingan secara personal.” Saya juga berharap dengan datangnya hadiah ini saya lebih bisa menebar lebih banyak kebaikan dengan lebih banyak menolong sesama, karena itu saya percaya dibalik pemberian yang besar terdapat tanggung jawab yang besar juga”, ucap Gamal seperti yang dikutip dari Establishment Post.

 

Lalu sebenarnya apa itu klinik asuransi sampah milik Gamal yang sukses memenangkan penghargaan ini? Memang Cukup Sederhana saja, melalui klinik ini Gamal memberikan akses penuh terhadap fasilitas kesehatan yang memadai kepada mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi dengan juga mengedukasinya melalui aksi daur ulang sampah rumah tangga. Semua Masyarakat diminta untuk dapat membenahi lingkungannya dengan memisahkan sampah organik dengan sampah anorganik,dan lalu menyetorkannya di 1 dari 5 klinik asuransi sampah untuk kemudian ditukarkan dengan asuransi kesehatan dari klinik-klinik tersebut. Dengan begitu, pengaturan limbah dan sanitasi di lingkungan masyarakat sekitar menjadi lebih baik dan tertata.

 

Sampah-sampah ini kemudian diproses lebih lanjut oleh klinik asuransi sampah. Sampah organik akan diproses menjadi pupuk, dan sampah anorganik diproses lebih lanjut lagi untuk dijual pada kolektor. Dokter muda yang berusia 24 tahun ini mengaku muncul inisiatif pada tahun 2009, ketika Ia masih mahasiswa kedokteran di Universitas Brawijaya, Ia mendengar berita yang menyedihkan bahwa ada anak berumur 3 tahun harus meregang nyawa akibat penyakit diare yang dideritanya lantaran orang tuanya tidak memiliki biaya untuk mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

 

Berawal dari niat mulianya, Gamal kini telah membantu lebih dari 500 kepala keluarga dalam hal akses fasilitas kesehatan. Kliniknya itu telah merekrut 88 relawan, 12 perawat dan 15 dokter yang kesemuanya itu dibayar dari uang yang dihasilkan dari hasil daur ulang sampah-sampah masyarakat. Selain itu juga penghargaan ini, Gamal juga mengantongi beberapa penghargaan lainnya terkait sepak terjangnya dalam hal layanan masyarakat, antara lain Inspiring Scientific Award dari Kementerian Riset dan Teknologi RI dan AusAID Indonesian Social Innovator Award.

 

Melalui penghargaan yang ia terima dari Pangeran Charles ini ia berpesan pada pemuda di seluruh dunia untuk tidak pernah berhenti dalam melakukan hal baik sekecil apapun. Dan terus Tetap dalam jalan menuju kebaikan, karena sesungguhnya itulah jalan Tuhan. Siapapun yang telah berjalan di jalan kebaikan sesungguhnya ia berjalan beriringan bersama Tuhan.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

December 2, 2014

Posted In: Inspirational

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami