Di Queensland Mobil Tanpa Asuransi Langsung Didenda

Queensland
Image Source therichest.com

 

Denda bagi kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat sudah lazim kita dengar di Indonesia, biasanya dokumen yang wajib dipunyai oleh pemilik mobil adalah STNK, SIM, dan BPKB. Akan tetapi ada peraturan yang terbilang cukup unik di Queensland.

 

Anggota Parlemen daera yang merupakan salah satu Negara bagian Australia tersebut mengeluarkan peraturan bagi pengendara mobil yang tidak terdaftar, atau tidak memiliki asuransi yang terekam oleh kamera, akan dikenakan denda secara otomatis.

 

Peraturan itu dibuat pada tanggal 27 Agustus 2014 lalu, dan mulai berlaku pada bulan Oktober kemarin. Jadi mobil tidak lagi harus ditempelkan stiker perpanjangan izin kendaraan mereka. Tak hanya di Queensland, peraturan yang sama juga mulai diberlakukan di Negara bagian Australia Selatan.

 

Setiap mobil akan dipasang kamera yang digunakan untuk mengecek secara otomatis kelengkapan asuransi, dan juga dapat langsung mengeluarkan denda.

 

Diperkirakan sekitar 3 persen dari 4,5 juta kendaraan di Queensland tidak memiliki asuransi, atau bila dikatakan ada sekitar 135 ribu pengendara tidak terdaftar asuransi.

 

Berdasarkan peraturan baru tersebut, kecelakaan yang melibatkan mobil tidak harus dilaporkan ke polisi, terkecual bila ada korban jiwa, korban luka, atau mobil yang harus diderek. Berbeda dengan peraturan sebelumnya, dimana kecelakaan yang menimbulkan kerugian minimal $ 2500 harus dilaporkan ke polisi. Anggota Parlemen beranggapan hal ini sangat menyita waktu polisi.

Leave a Reply

December 18, 2014

Posted In: Hot News, Uncategorized

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami