Dollar Naik Tak Terkendali Ini investasi yang bisa kamu lakukan

Dollar Naik
Image Source fajarmediacenter.com

Sejak di buka awal pekan ini, nilai tukar dollar mata uang Amerika Serikat terhadap rupiah mulai menginjak di angka 14 ribu rupiah per satu dolar AS. Dengan kondisi yang demikian mengundang rasa cemas terhadap perekonomian di Indonesia. Bencana krisis keuangan mulai mengancam banyak masyarakat Indonesia.

Pelemahan rupiah terhadap dollar ini terjadi karena menguatnya pulihnya ekonomi Amerika Serikat dan juga rencana The Fed menaikan suku bunga. Jika dilihat dari nominal harga 14 ribu rupiah per satu dollar tentu menguatnya dollar terhadap rupiah kali ini cukup membuat pusing kepala.

Tapi jangan khawatir, naiknya harga dollar terhadap rupiah ini bisa diantisipasi dengan melakukan investasi yang tepat. Lalu investasi apa saja yang cocok dilakukan saat nilai tukar dollar naik cukup tinggi ? Berikut ini adalah investasi yang bisa kamu lakukan ditengah tingginya harga dollar :

Pilih Investasi yang ampuh

Kebanyakan orang berpikir bahwa dengan naiknya nilai tukar dolar adalah momen yang tepat untuk memiliki tabungan valuta asing (valas). Memang cukup menggiurkan mencairkan tabungan dollar saat kondisi seperti ini. Namun sebaiknya dengan adanya tabungan valas terutama dollar dilihat kembali berdasarkan tujuan dan fungsinya.

Jika anda tidak memiliki pekerjaan di luar negeri, atau menyekolahkan anak di luar negeri, lebih baik berinvestasilah dalam bentuk rupiah guna mensupport mata uang negeri sendiri. Dengan begitu pasar finansial dalam negeri akan terdorong sehingga tidak akan melorot lagi. Dua bentuk investasi yang direkomendasikan saat ini adalah reksadana atau investasi langsung di saham.

Tapi ingat, ketahui terlebih dahulu tujuan keuangan kita dan berapa lama kita ingin berinvestasi sebelum menentukan produk investasi.

Jika investasi yang anda inginkan hanya bertujuan untuk jangka waktu pendek, misalnya paling lama satu tahun, maka investasi reksadanalah yang tepat untuk jadi pilihan anda. Untuk jangka waktu 1 sampai 3 tahun, anda dapat memilih reksadana untuk pendapatan tetap.

Sedangkan untuk jangka waktu yang lebih panjang anda dapat memilih reksadana campuran (untuk tujuan 4 – 6 tahun) atau reksadana saham (untuk tujuan di atas 6 tahun).

Penting untuk anda mempelajari masing-masing produk sebelum memulai berinvestasi, seperti investasi dalam bentuk saham, lakukan analisa fundamental dan teknikal terlebih dahulu. Jadi sebisa mungkin dana investasi ini tidak diutak-atik.

 

Dollar Naik
Yukkk pilih asuransi terbaik anda disini (klik gambar)

 

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

August 24, 2015

Posted In: Hot News

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami