Eco-Riding, Cara Irit Berkendara Dengan Sepeda Motor

Sepeda Motor
Image Source alfido.com

Belakangan ini rakyat Indonesia mengeluhkan soal kebijakkan pemerintah menaikkan BBM, para pengendara maupun pengguna transportasi turut kena dampak dari kenaikkan BBM. Tak hanya harga bahan bakar saja yang naik, efek domino yang terjadi akibat naiknya harga BBM adalah naiknya sejumlah bahan-bahan pangan lainnya.

 

Tentu saja hal ini menuntut masyarakat untuk menghemat anggaran belanja mereka, karena semakin besar pengeluaran maka akan semakin menghimpit kondisi ekonomi anda. Ada banyak hal yang mungkin dapat anda lakukan untuk berhemat, apalagi bagi anda pengguna kendaraan pribadi. Biaya yang biasa anda keluarkan untuk membeli bahan bakar akan semakin membengkak. Dikutip dari otomotif.kompas.com berikut adalah tips irit berkendara sepeda motor dengan tehnik eco-riding.

 

1. Pertama biasakan Selalu berakselerasi dengan lembut dan tak perlu terburu-buru membuka gas.

 

2. Gunakan putaran mesin serendah mungkin untuk transmisi manual, atau segera pindahkan ke gigi lebih tinggi jika putaran mesin sudah tinggi.

 

3. Usahakan menjaga kecepatan konstan selama mungkin. Konstan pada putaran rendah akan mengurangi penggunaan rem setelah berakselerasi. Dengan ini, tidak banyak energi yang terbuang.

 

4. Sebagai tolok ukur, semakin sedikit menggunakan rem, konsumsi bahan bakar semakin hemat, meski hal ini tidak berlaku 100 persen.

 

Tips diatas tidak akan maksimal jika kinerja mesin motor anda tidak efisien. Sulit menggunakan putaran mesin rendah jika torsi mesin di putaran lemah.

 

Selain tips diatas anda juga dapat menggunakan tehnik dengan memaksimalkan kerja mesin dan transmisi. Dengan efisiensi tersebut maka kinerja mesin anda dapat dipastikan akan meningkat, bukan sebaliknya. Nah jika kinerja mesin anda sudah oke, tehnik eco-riding bisa dilakukan dengan santai dan mudah.

 

 

Asuransi Sepeda Motor

 

Leave a Reply

January 4, 2015

Posted In: Tips & Tricks, Uncategorized

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami