Terlalu Sering Periksa Email, Ini Efek Negatifnya

Efek Negatif Email
Image Source laurabungarz.ca

 

Electronic mail atau yang biasa disebut Email, adalah salah satu media komunikasi lewat kecanggihan teknologi internet. Dengan email kita dapat berkirim surat dengan orang diseluruh penjuru dunia tanpa batas, beda halnya jika kira berkirim surat melalui pos. Selain memakan waktu yang lama tentu kita akan sedikit kerepotan mengurus pengiriman surat.

 

Namun dibalik semua efek positif yang ada, ternyata email juga memiliki efek negative. Hal ini ditemukan oleh para peneliti dari University of British Columbia (UBC),berdasarkan hasil penelitiannya ternyata email dapat membuat sang pemilik akunnya stress jika terlalu sering memeriksa emailnya. Sebaliknya tingkat stress tersebut akan semakin berkurang jika sang pemilik akun lebih jarang mememriksa email mereka.

 

Kostadin Kushlev, kandidat PhD di departemen Psikologi UBC melakukan studi dengan melibatkan 124 orang dewasa, ia meminta para orang dewasa tersebut untuk membatasi kebiasaan memeriksa email. Setiap orang hanya boleh memeriksa email mereka tiga kali sehari selama seminggu. Kemudian ia meminta beberapa orang dewasa lainnya untuk lebih sering memeriksa email mereka.

 

Setelah itu instruksi untuk lebih sering memeriksa email, diberikan kepada mereka yang sebelumnya diminta membatasi memeriksa email selama seminggu berikutnya. Selain itu, para partisipan juga diberikan pertanyaan untuk survei harian singkat,termasuk informasi untuk memantau tingkat stress mereka.

 

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan, mengubah kebiasaan seseorang untuk tidak terlalu sering memeriksa kotak masuk pada email hanya mudah diucapkan ketimbang dilakukan, sebaliknya menyuruh orang untuk lebih sering memeriksa kotak masuk email mereka lebih mudah.

 

Kushlev menemukan, godaan memeriksa email memang sedikit sulit ditangkal seseorang, karena banyak dari mereka belum memahami kalau cara tersebut bisa mengurangi stres mereka.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

December 21, 2014

Posted In: Health, Uncategorized

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami