Efek Negatif Terlalu Sering Begadang Pada Kesehatan Manusia

Kesehatan
Image Source theroyalhalf.com

“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya” begitulah syair lagu yang dinyanyikan oleh pedangdut Rhoma Irama. Dari syair tersebut disampaikan, bahwa begadang tidak baik untuk kesehatan manusia, jadi apabila tidak ada kepentingan apapun maka lebih baik hindari begadang.

Sebagai manusia yang memiliki keterbatasan, beberapa organ tubuh manusia tidak bisa dipaksa secara konstan untuk terus menerus terjaga. Kita butuh waktu minimal 8 jam sehari untuk tidur, dan mengistirahatkan organ-organ tubuh tadi.

Nah sekarang coba bayangkan apabila tubuh anda terus menerus dipacu untuk tetap terjaga disetiap malam. Apa yang anda rasakan ? Lemas ? Ngantuk ? Sebenarnya itu adalah efek utama yang akan kita rasakan jika kurang tidur dan rajin begadang.

Lalu apakah hanya itus saja efek negatif pada kesehatan tubuh bila kita terlalu sering begadang ? Tentu saja tidak, masih ada banyak dampak negatif pada kesehatan manusia yang dikarenakan terlalu sering begadang seperti berikut ini.

Kehilangan Konsentrasi Saat Beraktivitas

Saat anda tertidur maka sejenak tubuh akan sedikit mengistirahatkan kerja otak yang telah dipacu untuk berpikir seharian. Oleh karena itu, bila anda terlalu sering begadang maka fungsi otak anda akan sedikit menurun, dan efek negatif terdekatnya adalah hilangnya konsentrasi saat anda beraktivitas.

Tubuh Mudah Terserang Penyakit

Ingat tidak hanya otak saja yang dipacu untuk terus bekerja saat anda begadang, namun beberapa organ lain yang butuh istirahat juga terforsir kinerjanya. Karena itulah berbagai macam penyakit mulai dari yang ringan sampai kronis mengancam kesehatan anda, misalnya penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, hingga diabetes.

Kulit Kusam

Terlalu sering begadang juga dapat menyebabkan anda terserang ganguan tidur, atau biasa kita menyebutnya dengan nama insomnia. Jika sudah seperti itu maka dampak berikutnya adalah kulit anda akan terlihat kusam, dan mulai tampak kerutan halus pada kulit anda.

Hilang Fokus Saat Bekendara

Hindari berkendara setelah anda begadang, karena orang-orang yang mengendarai mobil maupun motor butuh waktu tidur yang cukup untuk kembali beraktivitas keesokan harinya. Selain konsentrasi begadang juga mampu membuat seseorang kehilangan fokusnya, dan hal ini berbahaya jika anda kehilangan fokus saat mengendarai mobil maupun motor.

 

Kesehatan
Lindungi kesehatan anda dengan asuransi kesehatan. Cek premi termurahnya disini (klik gambar)

One Comment

  • sebuah informasi yang sangat inovatif dan merupakan sebuah ide yang menarik untuk dipelajari, dan saya sangat senang dengan tulisan anda yang membuat saya selalu belajar dan belajar, terima kasih atas ide dan kreasinya!

Leave a Reply

June 13, 2015

Posted In: Health

Tags: , , ,

One Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami