Efek Samping Terlalu Lama Dalam Perjalanan

Perjalanan
Image Source tribunnews.com

Bagaimana perjalanan anda menuju tempat kerja lalu kembali pulang ke rumah ? Menyenangkan atau malah menjengkelkan ? Tentu anda sudah memiliki jawaban tersendiri, dan apabila anda tinggal dalam “sesaknya” ibukota maka sudah bisa dipastikan jawabannya adalah menjengkelkan. Saat mengemudikan mobil jauh lalu menemui hambatan seperti kemacetan sungguh bukanlah suatu kejadian yang menyenangkan, mungkin ada beberapa dari anda yang sudah maklum dengan kemacetan tersebut.

Tidak hanya para pemilik kendaraan pribadi saja yang stres menghadapi kondisi lalu lintas di Jakarta. Anda yang memilih transportasi umum pun tak luput dari kemacetan bukan ? Kondisi terlalu lama berada dalam perjalanan dan juga di dalam angkutan umum yang penuh sesak saat jam-jam sibuk juga amat menjengkelkan. Jadi sudah berapa kali anda mengutuk dan berkata “huhh” selama perjalanan anda pulang dan pergi ke kantor ?

Stres adalah efek paling utama jika seseorang terlalu lama berada dalam perjalanan yang jauh. Tapi tahukah anda jika ada beberapa efek buruk lainnya terhadap kesehatan anda saat terlalu lama berada di dalam perjalanan ? Berikut adalah efek buruk jika anda terlalu lama berada di dalam perjalanan :

Tekanan Darah Meningkat

Jika mulai mengutuk dan secara tidak sengaja mengeluarkan keluh kesah soal lamanya perjalanan anda, maka niscaya tekanan darah anda pun meningkat. Efek pada poin pertama ini diperkuat melalui hasil penelitian di Amerika Serikat yang menyatakan sebanyak 4.297 penduduk Texas tekanan darahnya tinggi akibat tinggal jauh dari tempat kerja, dan menghabiskan waktu lebih lama dalam perjalanan tersebut. Dalam penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa warga yang rumahnya semakin jauh dari tempat kerja maka semakin tinggi tekanan darahnya. Resiko lebih lanjut akibat tekanan darah tinggi adalah dapat menyebabkan penyakit stroke dan jantung

Kebugaran Jantung Menurun

Saat anda terlalu lama berada dalam perjalanan yang cukup jauh dan dalam keadaan diburu waktu maka selama dalam perjalanan anda akan diliputi rasa gelisah, dan jantung berdebar akibat menantikan apa yang akan terjadi apabila anda datang terlambat. Entah mungkin ini penyebabnya atau ada faktor lain yang dapat menyebabkan kebugaran jantung anda menurun selama dalam perjalanan yang jauh dan lama. Namun sebuah fakta yang diungkap melalui studi yang sama pada penduduk Texas tadi menemukan bahwa, orang yang sering atau biasa melalui perjalanan jauh memiliki kebugaran jantung dan aktivitas fisik yang rendah. Untuk menanggulanginya, anda dapat melakukan latihan kardiovaskular yang amat penting demi kesehatan jantung anda.

Kolesterol Meninggi

Belum jelas apa yang menyebabkan kolesterol seseorang meninggi saat berada dalam perjalanan jauh dan terlalu lama. Namun yang jelas berdasarkan laporan dari American Journal of Preventive Medicine seseorang yang menempuh lebih dari 10 mil perjalanan memiliki kadar kolestrol yang tinggi. Mungkin ini ada kaitannya dengan poin sebelumnya, karena kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan datangnya penyakit jantung.

Tidur Terganggu

Apa yang anda lakukan sembari menunggu tiba di tempat tujuan ? Jika anda adalah seorang pengendara mobil atau kendaraan pribadi tidak mungkin anda tidur, nah sebaliknya jika anda adalah seorang pengguna jasa transpotasi umum mka biasanya anda akan tidur sambil menunggu tiba di tempat tujuan. Semakin lama perjalanan maka semakin lama anda tidur, dan karena inilah siklus tidur seseorang menjadi terganggu. Dalam perjalanan lebih dari 45 menit tubuh manusia biasanya akan terasa mengantuk dan dapat menderita kelelahan serius.

Berat Badan Bertambah

Resiko kelebihan berat badan sangat rentan sekali dialami oleh orang yang terlalu lama berada dalam perjalanan. Jadi untuk menanggulangi resiko obesitas bagi anda yang sering menempuh perjalanan jauh, tak ada salahnya jika anda memanfaatkan waktu singkat anda untuk lebih banyak bergerak.

Asuransi Perjalanan
Pilih asuransi terbaik anda disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

April 13, 2015

Posted In: Features, Health

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami