Fakta Ini Membuat Siapa Saja Yakin Mengasuransikan Motor Mereka

Jun - 21
2019
Fakta tentang Asuransi Motor

Fakta Ini Membuat Siapa Saja Yakin Mengasuransikan Motor Mereka

Banyak yang menganggap yang perlu diasuransikan itu mobil. Motor tidak perlu. Padahal, asuransi kendaraan bermotor itu perlu, entah itu mobil maupun mobil.

Banyak yang beralasan harga mobil mahal. Biaya perbaikan juga mahal. Makanya mobil perlu diasuransikan. Sementara itu, motor itu murah. Biaya perbaikannya pun bisa ditanggung sendiri.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Mungkin itu juga yang Anda pikirkan. Akan tetapi, coba bayangkan kerugian yang mungkin Anda alami. Misalnya saja motor baru Anda dicuri orang. Apalagi jika motor tersebut belum selesai Anda kredit. Anda tetap harus menyelesaikan kredit motor sementara Anda tidak lagi punya motor. Ibarat kata, Anda jatuh ketimpa tangga pula.

Maka dari itu, dari segi kerugian, Anda sama-sama rugi, entah itu kendaraan bermotor yang Anda miliki motor atau mobil. Anda tetap memerlukan asuransi kendaraan bermotor.

Akan lebih yakin lagi jika Anda mengetahui fakta berikut ini.

Dua Alasan Mengapa Anda Perlu Asuransi Motor

Menurut Anda, mana yang paling sering terjadi antara pencurian motor dan pencurian mobil? Sudah dipastikan motor, bukan? Hal ini disebabkan jumlah motor lebih banyak dibandingkan dengan jumlah mobil. Hal ini membuat kemungkinan terjadinya pencurian mobil lebih banyak dibandingkan dengan pencurian mobil.

Selain itu, mencuri motor jauh lebih mudah. Berbeda dengan mencuri mobil. Seorang pencuri butuh keahlian khusus seperti bagaimana membuka kunci mobil, mematikan alarm, dan lain sebagainya. Untuk mencuri mobil, penjahat biasanya hanya membutuhkan kunci T saja.

Ini bukan asumasi. Ada data yang valid. Pada tahun 2018 kemarin, tercatat pencurian motor naik hingga 45,7%. Dan kejadian semacam ini tidak hanya terjadi di kota besar tapi juga kota kecil. Bahkan level kecamatan dan desa.

Itu alasan yang pertama. Kemudian, alasan yang kedua, risiko terjadinya kecelakaan di jalan raya oleh pengguna motor juga tinggi. Menuurut data kepolisian, 75% angka kecelakaan didominasi oleh pengguna sepeda motor.

Dari dua fakta ini, masih tidak mau mengambil asuransi sepeda motor?

Mungkin Anda ragu jika ternyata premi asuransi motor Anda membebani finansial Anda. Padahal tidak. Yang pasti, premi asuransi yang harus Anda bayarkan jauh lebih rendah dibandingkan dengan premi asuransi untuk mobil.

Berapa Biaya Asuransi Motor?

Berapa biaya premi asuransi yang harus Anda bayarkan? Tenang dulu. Untuk menentukan premi asuransi kendaraan bermotor, ada beberapa faktor yang digunakan.

Jenis Asuransi Motor

Anda bisa memilih salah satu dari tiga jenis asuransi motor. Yang pertama adalah jenis asuransi TLO atau Total Loss Only. Ini jenis asuransi di mana Anda akan mendapatkan tanggungan dari pihak asuransi jika terjadi kerusakan berat atau kehilangan.

Jenis yang kedua adalah All Risk. Hampir semua kerusakan, entah itu kecil maupun besar, ditanggung oleh pihak perusahaan. Begitu juga jika mobil Anda dijambret orang.

Jenis asuransi yang terakhir adalah Extra Protection. Tidak kehilangan, kerusakan kecil, dan kerusakan besar saja yang bakal ditanggung melainkan perluasan jaminan lainnya seperti santunan kecelakaan, tanggungjawab hukum pihak ketiga, dan lain sebagainya.

Dari ketiga jenis asuransi tersebut, premi yang paling murah adalah yang pertama, yaitu jenis asuransi kendaraan bermotor TLO. Hanya saja, jenis hanya satu dari sekian banyak faktor yang menentukan premi asuransi ya.

Tahun Kendaraan

Faktor lain yang menentukan premi asuransi motor adalah tahun kendaraan bermotor Anda dibuat. Semakin tua usia motor Anda, kemungkinan semakin tinggi premi asuransinya. Logikanya, semakin tua motor, maka risiko kerusakan semakin tinggi. Itulah yang membuat perusahaan asuransi menetapkan premi asuransi yang tinggi.

Tipe Motor

Untuk motor moge dengan cc yang besar misalnya, tentu premi asuransinya beda dengan motor dengan cc kecil. Maka dari itu, saat Anda mengajukan asuransi motor, Anda akan diminta untuk memberitahukan tipe motor yang Anda asuransikan.

Plat Nomor

Lokasi di mana motor Anda terdaftar menentukan premi asuransi motor. Hal ini terkait dengan potensi pencurian dan potensi kecelakaan. Di kota besar yang macet, potensi tersebut tinggi. Maka preminya pun tinggi.

Penggunaan Motor

Apakah motor yang Anda gunakan merupakan motor pribadi? Premi asuransinya beda dengan motor untuk perjalanan dinas.

Selain premi, biasanya ada juga biaya administrasi. Biaya administrasi ini berbeda antara perusahaan asuransi kendaraan bermotor yang satu dengan yang lainnya.

Ingin tahu berapa kira-kira premi asuransi motor Anda? Anda bisa melakukan simulasi sendiri. Kunjungi saja situs laman asuransi motor cek premi dan manfaatkan fasilitas simulasi asuransi motor.

Itu semacam fitur kalkulator yang akan memberitahukan kepada Anda berapa premi asuransi motor yang Anda harus bayarkan. Dalam melakukan simulasi, Anda akan diminta untuk memasukkan data seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, seperti tahun pembuatan, tipe motor, plat nomor, penggunaan dan lain sebagainya.

Yang pasti, tidak salah jika di zaman sekarang ini Anda mengasuransikan motor Anda. Anda pasti tidak ingin harus keluar uang lebih banyak karena harus melakukan perbaikan atau bahkan membeli motor baru lagi karena Anda mengalami pencurian.

Apalagi jika Anda memiliki motor baru yang harganya mahal. Anda pasti tidak ingin mobil Anda dicuri orang, bukan? Berikan proteksi dengan cara mengambil polis asuransi kendaraan bermotor. Dengan demikian, Anda akan lebih tenang ketika berkendara. Anda tidak lagi was-was jika Anda harus meninggalkan motor Anda di tempat parkir umum. Selain adanya proteksi dari petugas keamanan, ada juga proteksi dari pihak asuransi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *