Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas yang Sering Terjadi

kecelakaan lalulintas

Penyebab kecelakaan lalu lintas memang beragam. Sehingga tidak hanya satu faktor saja yang menyebabkannya. Selain itu, kecelakan yang terjadi di jalan raya biasanya lebih beresiko karena banyak kendaraan yang berlalu lalang. Sehingga tidak jarang kecelakaan yang terjadi memiliki dampak yang parah terhadap korban kecelakaan.

Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

Kecelakaan lalu lintas merupakan sebuah peristiwa yang tidak terduga maupun disengaja yang terjadi di jalan. Dimana hal tersebut melibatkan kendaraaan dengan pengendara lain maupun pengguna jalan kaki atau tanpa pejalan kaki. Diman peristiwa hal tersebut menimbulkan korban jiwa maupun kerugian secara materi ( harta benda)

  • Disebabkan Oleh Pengemudi

Factor pertama yaitu disebabkan oleh faktor pengemudi, dimana pengedar terkena serangan mengantuk, di bawah pengaruh obat-obatan maupun alkohol, maupun tidak fokus saat berkendara.

Selain itu, bisa juga pengendara lalai terhadap peraturan lalu linta yang telah berlaku di jalanan. Seperti tidak mengikuti aturan rambu lalu lintas, marka jalan, dan lain sebagainya. Bahkan bisa juga dikarenakan pengemudi abai terhadap batas kecepatan yang dianjurkan. Sehingga terjadilah sebuah kecelakaan tersebut.

  • Faktor Kendaraan

Anjuran untuk mengecek kendaraan sebelum berangkat, kerap kali dianggap remeh oleh beberapa orang. Padahal hal tersebut merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal itu karena dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang merugikan sanga pengendara sendiri.

Biasanya hal tersebut dikarenakan oleh rem yang blong atau tidak berfungsi dengan baik, lampu yang tidak menyala, dan lain sebagainya. Maka untuk mengatasi hal tersebut maka usahakan untuk mengecek kendaraan sebelum bepergian. Terutama ketika akan menempuh perjalanan yang jauh, misalnya ke luar kota hingga ke luar provinsi.

  • Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Oleh Cuaca

Cuaca pun dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Kamu pasti sudah sering melihat tiba-tiba pohon roboh ketika hujan menerjang di jalan atau jalan menjadi licin, bukan? Selain mengakibatkan kecelakan, hal tersebut pun kerap menimbulkan kepanikan.

Baik terhadap pengendara yang lain maupun pejalan kaki yang berjalan di trotoar. Nah, untuk meminimalisir hal tersebut kamu perlu mengurangi kecepatan dan selalu hati-hati. Selain itu, untuk menambah proteksi keamanan, cobalah untuk menggunakan asuransi di cekpremi. Disana terdapat berbagai produk dengan keuntungan yang berbeda.

  • Kondisi Jalan

Kecelakaan lalu linta pun dapat disebabkan oleh kondisi jalan itu sendiri. Misalnya, karena bentuk (gradien, median, maupun alinyemen) dan permukaan jalan itu sendiri. Pasalnya, jika pengendara tidak tercepat dalam menjalankan kendaraannya maka dapat mengakibatkan kecelakaan.

Misalnya ketika menemukan jalan gradien, kamu tidak bisa hanya berjalan di kecepatan yang rendah dan stagnan. Tentu kamu tidak bisa turun maupun naik dengan optimal, bukan? Namun, kamu perlu tetap tenang ketika menemukan jalan-jalan yang terjal, sehingga kamu bisa berkendara dengan aman.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penyebab dari kecelakaan lalu lintas dipengaruhi oleh faktor cuaca, kondisi kendaraan, pengemudi, dan keadaan jalan itu sendiri. Maka, sudah seharusnya untuk selalu berhati-hati dan berkendara dengan kecepatan yang tidak melampaui batas yang dianjurkan.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Ada beberapa penyebab kecelakaan lalu lintas yang sering ditanyakan oleh beberapa orang. Adapun pertanyaan adalah sebagai berikut!

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Bagaimana Cara Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas?” answer-0=”Yaitu dengan menaati peraturan yang berlaku, jika menggunakan motor menggunakan helm dan gunakan sabuk pengaman jika kamu menggunakan mobil. Selain itu, taati rambu-rambu lalu lintas, cek selalu kendaraan sebelum berangkat dan pastikan kondisi tubuh fit. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa Manfaat Menggunakan Asuransi Ketika Terjadi Kecelakaan?” answer-1=”Dengan menggunakan asuransi kamu dapat meminimalisir tingkat resiko yang harus kamu tanggung. Jika terjadi kecelakaan kamu berhak menerima perawatan, biaya perbaikan kendaraan, dan lain sebagainya. Namun, pilihlah jenis asuransi cekpremi yang sesuai dengan kebutuhanmu. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]